Touring
lagi touring lagi.... kali ini sya mau mengulang touring ke Madura lagi karena
pengen melihat Madura di waktu pagi hari, gak seperti touring yg lalu yg hanya
menikmati Pulau Garam ini di waktu malam hari saja. Rencana pun dibuat sekalian
melanjutkan rencana kemaren yg gagal dilaksanakan yaitu opera vantura with
Sinar Mandiri Mulia. Akhirnya pada tanggal 12 Februari 2016, rencana tersebut
sya eksekusi. Check it out.
HARI 1
12.55
: Berangkat menuju Giwangan. Alhamdulillah tidak hujan saat itu.
13.20
: Sampai di Giwangan, memarkirkan motor dan menuju shelter Surabaya. Ternyata
SR Patas sudah berangkat dan diisi oleh Eka 7330 body royal travego MP Hino RK8.
Untuk atb nya terparkir SS 7394 dan Mira 7209 saat itu. Karena untuk trip
jogja-solo wajib naik patas, maka sya pun naik Eka 7330 dan masih mendapatkan
hotseat.
13.55
: Lama sekali Eka ini ngetemnya hingga pukul 13.55 barulah bus ini
diberangkatkan. Ternyata sudah ada SR Patas 7143 yg sudah menunggu antrian di
belakang shelter.
Eka 7330 |
14.00
: Lepas Giwangan sudah disambut hujan grimis. Bus dipacu tidak terlalu kencang
terbilang santai.
15.00
: Memasuki terminal Klaten setelah bermacet2 ria di palang sepur bypass.
Onboard Eka 7330 |
16.05
: Landing terminal Tirtonadi lanjut shalat Ashar dulu. Niatnya sih pengen naik
Mila tetapi saat itu Mila Petronas dicadangi Luna Maya. Lagian sampai Solo juga
Mila pas akan berangkat hehe.
16.15
: Kembali menuju shelter telah terparkir Mira 7323 dan di belakangnya telah
bersiap SR 7672. Crew SR 7672 kyaknya lagi sibuk mbenerin wiper yg lagi
trouble. Sya pun naik ini dan masih dapet hotseat.
16.25
: SR 7672 pun diberangkatkan bersama driver mas Apep dan pas bnget dengan hujan
deras. Dan ternyata di perjalanan wipernya trobel lagi. Sang copilot sudah
berusha mbenerin pas berhenti di bangjo tapi masih trobel lagi. Akhirnya bus
pun dipacu tanpa menggunakan wiper padahal lagi hujan deras.
16.50
: Sampai di depan garasi Po. Filtra di Fullmagic Area. Semua crew turun untuk
mbenerin wiper dan meminta bantuan crew Filtra yg sedang ada di garasi. Cukup
lama juga mbenerin wiper ini mungkin sekitar 20 menitan.
17.15
: SS 7400 yg parkir di belakang ini pun lewat pelan2 sambil menanyakan keadaan
crew SR 7672 dan langsung melanjutkan perjalanan.
Onboard SR 7672 |
Berhenti di Depan Garasi Po. Filtra |
17.20
: Alhamdulillah wiper pun selesai diperbaiki dan hanya pakai 1 wiper bagian
depan driver. Karena mengingat sudah banyak waktu yg dihabiskan untuk
memperbaiki wiper, sang driver pun mulai memacu busnya miyak2, untungnya
hujannya mulai agak reda.
17.40
: Sampai di Pungkruk wes gandeng meneh dengan SS 7400. Di ringroad SS 7400 pun
diOT tanpa perlawanan (sesama SG harus saling pengertian, hehe)
18.40
: Alhamdulillah sampai di Ngawi lama dengan selamat lanjut Shalat Magrib dulu
di pom ngawi lama, sebenarnya pengen lanjut sampai nganjuk aja tetapi karena
kebelet pipis jadi turun di ngawi saja.
18.50
: Cari makan nasi bungkus dulu di angkringan depan pom. Saat menikmati makanan,
SS 7400 baru saja lewat.
19.00
: Menanti bus arah Surabaya di bangjo ngawi lama.
19.10
: Datanglah Mira 7290 langsung naik aja karena memang sudah ga ada lagi SG yg lewat
karena pada perpal. Adanya nanti pas jam e 7575 dan masih lama banget sedangkan
jam sya sudah mefet. Lumayan alus juga bawanya driver 7290 dan kenceng pula.
19.40 : Sampai Maospati ketemu sama SR Patas 7144 dan berjalan beriringan.
19.40 : Sampai Maospati ketemu sama SR Patas 7144 dan berjalan beriringan.
Onboard Mira 7290 |
20.00
: Sampai madiun hanya menaik-turunkan penumpang dan lanjut lagi tanpa ngetem.
21.10
: Sampai nganjuk hanya menaik-turunkan penumpang juga dan lanjut lagi tanpa
ngetem.
21.40
: Braan, lepas braan terlelap tidur zzzzzzzzz.
22.30
: Sampai Mojokerto, ga masuk terminal.
23.20
: Alhamdulilah sampai juga di Bungurasih bareng Mira 7169 yg telah mengOT 7290
di daerah taman hehe (banter juga tuh bus, padahal 7290 aja udah joss bgt).
23.30
: Shalat Isya dan bersih2 dulu.
Tiba di Terminal Bungurasih |
23.45
: Menuju shelter madura yg terparkir saat itu ada Akas Asri body patriot Hino
RG (ga tertarik karena rencananya sya mau naik Akas IV As5dura). Kondisi
Bungurasih saat itu juga ga terlalu ramai.
HARI 2
00.00
: Gantian Akas IV max yg parkir di shelter madura. Sambil menunggu, sya makan
nasi bungkus dulu di parkiran belakang shelter (karena kelaparan :v ). Di situ
banyak yg jual nasi bungkus dan kopi yg harganya relatif murah.
00.35
: Sampai jam segini belum nampak Akas IV As5dura yg ingin sya naiki padahal
penghuni shelter madura sudah silih berganti. Mulai dari Damri bumel, Damri
ATB, Akas IV New Patriot dan Akas IV max lagi.
00.45
: Akhirnya Akas IV As5dura berbody All New Legacy SR1 Hino RK8 datang juga
langsung parkir di belakang shelter. Sya pun bergegas masuk dan masih dapat
hotseat karena penumpangnya sepi.
Akas IV "As5dura" Parkir di Belakang Shelter |
01.10
: Akas IV As5dura berangkat hanya membawa 10 penumpang. Kursi 2 pun sya pakai
sendiri hehe nyaman banget kursi model yg digunakan. Lepas Bungur bus dipacu
santai saja hingga memasuki tol pun masih santai hanya dipacu maksimal 80 kpj
saja, mungkin efek sepi penumpang kali yak. Suspensi ala Hino RK yg kreket2 pun
tak terdengar dari kabin bus ini. Pokoke alusss.
02.00
: Tangkel area. Lepas Tangkel tertidur lagi zzzzzzzzzz.
02.40
: Memasuki perbatasan Kabupaten Sampang dan Bangkalan.
02.55
: Ngepom dulu sebelum masuk Sampang kota sekitar 10 menitan. Sya manfaatkan ke
toilet dulu.
03.05
: Berangkat lagi, bus masih dipacu santai.
Akas IV "As5dura" Ngepom Dulu |
03.15
: Hampir memasuki Sampang kota diOT oleh Akas IV berbody old setra MP bermesin
MB Prima yg parkir di belakang As5dura pas di bungur tadi. (Joss bgt tuh bus
mesin MB prima tapi larinya luar biasa). Akhirnya konvoi terus bus yg sya naiki
dg Akas IV tersebut sehingga RPM mesin pun kembali naik.
Akas IV "As5dura" Konvoi Bareng Saudaranya |
03.20
: Masuk Sampang lewat kota gak masuk terminal. Jalan sepanjang Madura ini
relatif sepi di malam hari sehingga driver pun bisa menggeber armadanya dengan
maksimal.
03.50
: Masuk Pamekasan lewat kota gak masuk terminal, sampai sini masih konvoi kedua
bis ini dan gak ada niatan As5dura mengOT balik Akas IV tersebut walaupun
tentu saja kalau mau dapat dengan mudah diOT. Sempat lihat juga Damri bumel
depannya bus ini tadi di bungur lagi ngepom sebelum masuk Pamekasan kota.
04.30
: Memasuki kawasan Bluto, gandeng lagi
dg Damri ATB sehingga 3 bus beriringan menuju Sumenep.
04.40
: Alhamdulillah sampai juga di terminal arya wiraraja sumenep. Sampai sana
langsung shalat subuh dan bersih diri. Di shelter ekonomi surabaya sudah
terparkir Akas IV bumel dan Akas Green ATB.
Tiba di Terminal Sumenep |
04.55
: Selesai bersih diri, langsung menuju shelter dan Akas Green ATB berbody New
Aristovo Hino AK8 pun berangkat perlahan meninggalkan shelter. Sya pun lari
mengejar bus tsb. Alhamdulillah masih bisa naik dan dapat hotseat lagi karena
dari sini hanya membawa beberapa penumpang.
Terminal Arya Wiraraja Sumenep |
05.05
: Berangkat menuju Surabaya setelah ngetem beberapa menit di pertigaan lepas
terminal. Akas Green ini melayani rayek sampai Malang sehingga yg pengen
langsung Malang tanpa oper bisa naik ini. Tapi anehnya papan trayeknya tertulis
Jember, sampai Pamekasan diganti Malang terus sampai Sampang diganti Jember
lagi kwkwkwkw (mungkin ini strategi mengambil hati penumpang langsung
Jemberan).
Onboard Akas Green ATB |
05.30
: Sampai di perbatasan Sumenep dan Pamekasan kress dg HR 126 dan HR 120 dg
selang sekitar 5 menitan.
06.00
: Masuk terminal Ronggo Sukowati Pamekasan dan masih terlihat Akas IV bumel yg baru lepas
landas terminal, ngetem sekitar 10 menitan di sini. Di terminal tsb ada Akas IV
atb yg ke arah Sumenep dan juga telah terparkir HR 76 dan HR 115 yg baru datang
dari Jakarta. Mulai banyak pedagang yg silih berganti menawarkan jajan
dagangannya dg bahasa madura (ngomong opo to bu sampean ki, ra mudeng aku ckckcckckc)
06.10
: Berangkat dari terminal pamekasan.
Ngetem di Terminal Pamekasan |
Suasana Terminal Pamekasan |
Di dalam Akas Green ATB |
06.20
: Lepas Pamekasan bisa menikmati pemandangan pantai khas Madura yg terlihat di sepanjang
jalan menuju Sampang.
06.40
: Sampai di terminal Sampang gandeng dg Akas IV bumel tadi. Akhirnya parkir
bareng di terminal Sampang.
Pantai di Sepanjang Jalan Madura |
Gandeng Akas IV ketika Masuk Terminal Sampang |
06.50
: Akas IV bumel berangkat dari terminal Sampang dan Akas Green pun masih parkir
menunggu para penumpang.
Ngetem di Terminal Sampang |
Suasana Terminal Sampang |
07.00
: Berangkat dari terminal sampang dengan santai, sya pun tertidur lagi zzzzz.
08.00
: Blega.
08.20
: Macet di tanah merah karena pasar tumpah. Cukup lama macetnya di sini. Banyak
kress juga dg beberapa PK Nusgem
maduraan, MK, Karina, HR 125, dan HR 57 yg baru datang dari jakarta.
Macet di Pasar Tanah Merah |
08.55
: Lepas dari kemacetan lanjut perjalanan yg sebentar lagi memasuki area suramadu.
09.00
: Tangkel.
09.10
: Memasuki tol Suramadu. Ternyata indah banget suramadu di pagi hari.
Memasuki Jembatan Suramadu |
Suasana Jembatan Suramadu |
09.30
: Macet di daerah kenjeran sampai hang tuah.
09.45
: Masuk tol perak yg cukup padat kendaraan (ngalahne jakarta pokok e).
10.15
: Alhamdulillah sampai di Bungurasih lagi dengan selamat setelah banyak bertemu
dg kemacetan sepanjang jalan. Lanjut cari makan nasi bungkus dulu di parkiran
belakang shelter bus. Sekalian aja beli 2 buat makan siang yg satunya hehe.
10.25
: Habis makan, lanjut menuju shelter bus kota karena sya mau menuju terminal TOW.
Penasaran juga karena selama ini belum pernah ke terminal TOW. Kebetulan pas
sampai shelter ada Damri PAC 8 body Titan MB OF 8000 yg lagi take off, niatnya
pengen naik tapi karena lebih tergoda sama bus belakangnya yg bermesin Hino RG
walaupun berbody RS celcius, dapat hotseat lagi hehe.
10.55
: Cukup lama juga bus ini ngetem hingga pukul 10.55 baru bus ini berangkat
dengan penumpang rata bangku.
Damri PAC 8 |
11.05
: Lepas bungurasih dan memasuki tol, bus dipacu kencang menyusuri panjangnya
tol. Cukup nyaman naik bus patas ini dengan seat 2-2 dan AC yg cukup dingin tapi syangnya ga ada karcisnya.
11.25
: Keluar pintu tol Tandes timur lanjut menyusuri jalan kota yg cukup ramai.
Onboard Damri PAC 8 |
11.30
: Macet di jalan tambak osowilangun karena penyempitan jalan.
11.40
: Alhamdulillah sampai di terminal TOW. Menengok shelter sebentar ada Dali
Prima nucleus3 eks SG untuk tujuan malang dan Margo Joyo untuk tujuan
Bojonegoro. Sya pun mencari mushola dulu untuk shalak Dhuhur dan Ashar (Jamak).
Suasana Terminal TOW |
Suasana Terminal TOW |
12.00
: Hunting bentar lanjut menuju shelter bojonegoro sudah ada Putra Mas 7441
odong2 body Actor Hino Ak8 dan Dali Prima odong2 eks SG. Akhirnya naik Putra Mas aja
karena jam sudah mepet. Nyari yg ATB juga langka kalau di terminal TOW.
Putra Mas 7441 |
12.10
: Berangkat dari terminal TOW setelah ngetem di luar terminal beberapa menit.
12.20
: Memasuki tol, bus langsung dipacu kencang. Odong2 nek ra mlayu ra silir hehe.
12.30
: Masuk terminal Bunder dan ngetem sebentar karena baru saja Jaya Utama Cepu an
meninggalkan Bunder.
Onboard Putra Mas 7441 |
12.35
: Melanjutkan perjalanan bus dipacu miyak-miyak menghalau rapatnya kendaraan.
12.45
: Sempat buka jalur saat macet cet cet di daerah duduk sampeyan tapi hampir
gagal karena sebuah mobil dari arah lawannya ternyata ga mau minggir bonus
difoto lagi sama penumpang mobil tersebut hehe (salah juga sih pak driver
sampean iku). Akhirnya busnya berhenti lalu goyang kanan lagi deh dan lolos
dari kemacetan.
Goyang Sitik Josss |
13.10
: Memasuki Lamongan.
13.20
: Ngepom dulu di daerah kruwul. Lepas pom langsung diOT oleh Jaya Utama
“Ngorong” semarangan. Banter tenan bus e.
13.40
: Alhamdulillah sampai Babat dg selamat dan turun di bawah jembatan babat.
Lanjut naik ke atas untuk menunggu bus semarangan. Kali ini harus dapat sinar
mandiri mulia. Ora sinar ora numpak pokok e. Tanya sama tukang becak biasanya
Sinar jam 2an sampai sini pokok e sebelum Ashar. Okelah sya pun menunggu dg
badan pliket dan kumel di pinggir aspal pantura.
13.45
: Datang Widji Lestari 7532 body marco TS. Acuhkan saja hehe.
13.55
: Datang lagi Indonesia “Mbah Un” body new Inspiro. Acuhkan lagi hehe.
14.10
: Sesuai perkiraan akhirnya datanglah SMM “Boros” dan langsung naik.
Alhamdulillah dapat hotseat karena banyak yg turun. Lepas babat bus dipacu
sangat kencang dan miyak2 pol. Wuih ngeri pokok e. Kejadian unik ada bapak2
pindah kursi depan kemudian kembali lagi ke belakang karena malah jadi ketakutan kwkwkwkw.
Onboard SMM "Boros" |
14.40
: Memasuki kota Tuban disambut kemacetan panjang. Goyang kanan pol pun dilakukan
hingga lepas dari kemacetan. Ternyata dari belakang sudah tampak Indonesia
“badak liar” juga lg miyak2 mengejar Boros. Akhirnya Boros pun terus lari berusaha
menjaga jarak. Ketika kedua bus tsb berhenti sejajar untuk menurunkan penumpang
sang sopir kedua bus tsb malah bercanda. “Moso kabeh mlayu...salah siji mundur
to”. Tetapi mas Matari sang driver Boros pun ga mau ngalah dan tetep lari
walaupun sampe semarang karena modal penumpangnya udah lumayan bagus.
14.55
: Melewati depan terminal baru tuban ga masuk. Aksi kejar-mengejar pun tak
terelakkan. Sya pun hanya bisa merem melek melihat atraksi opera vantura yg
terjadi siang2 ini kwkwkkw. Bener2 senam jantung brooo susul menyusul antara
SMM dan Indo ini hingga Lasem.
15.20
: Melintas Tambak Boyo. Kejar-kejaran masih berlangsung. Siapa sangka hanya tinggal sya
yg duduk di barisan depan karena mungkin ga da yg berani senam jantung di depan
kwkwkwk.
Seat depan Kosong Semua |
15.30
: Melintas Bulu. Kejar-kejaran masih berlangsung makin menjadi. Bau kampas pun mulai
mnyebar kemana2.
15.45
: Melintas Kragan. Kejar-kejaran masih berlangsung semakin sengit. Untung saja daerah bulu sampai sluke
lumayan ga terlalu ramai lalinnya kalo siang hari jadi udah kya Fast and Furious
aja ni. Sya pun masih merem melek n deg deg serr rasannya di depan sendiri. Untung aja sang copilot handal bgt dlm mmberi aba2.
16.05
: Melintas Sluke. Kejar-kejaran masih berlangsung. Goyang kanan kiri pun menjadi
tontonan yg menegangkan saat itu.
16.15
: Memasuki Lasem terlihat Indonesia “Mbah UN” lagi ngetem di depan pasar Lasem.
Akhirnya si Badak Liar lari menjauh karena Boros menerima operan dari SMM
“Jetslow” yg mau perpal Lasem. Bus yg awalnya tinggal sedikit penumpangnya ini
akhirnya kembali penuh dan siap berlari lagi mengejar indo tadi.
16.30
: Memasuki kota Rembang. Terlihat Indo badak liar ngetem di barat terminal
rembang. Boros pun tetap lanjut menggoyang pantura karena dapat info kalau bus depannya dekat.
16.50
: Melintas Juwana. Lepas Juwana terlihat Jaya Utama “Ngorong” lagi miyak2 melihat
kedatangan boros. Langsung saja diOT via kiri oleh Boros dan langsung lari
meninggalkan ngorong.
17.05
: Memasuki Pati via kota gak lewat Bypass. Terlihat lagi Widji Lestari 7532 yg
juga sempat tak acuhkan di Babat tadi langsung diuber dan diOT pas di
perempatan arah terminal pati (gak masuk terminal).
17.15
: Sampai di pertigaan Tugu Ikan Pati. Akhirnya sang driver memutuskan istirahat
dulu di sini karena sejak dari surabaya belum sempat istirahat makan. Widji dan
Jayut yg berhasil diOT pun akhirnya capcus duluan. Lumayan lama istirahat di
sini sekitar 20 menitan.
Kota Pati Bumi Minatani |
Tampak Depan SMM "Boros" |
Tampak Belakang SMM "Boros" |
17.40
: Selesai makan dan istirahat, driverpun menggeber armadanya lagi namun tidak
seganas tadi karena lalu lintas pati sampai semarang cenderung ramai.
18.10
: Ngembal area, lewat garasinya Po. Haryanto.
18.20
: Melewati depan terminal kudus. Sempat menyesal karena terlanjur bayar
semarang, harusnya bayar kudus dulu biar bisa hunting di terminal kudus yg saat
itu dipenuhi bus muriaan karena pas jam keberangkatan bus muriaan saat itu.
Tapi ga papalah prediksinya kan sampai di semarang jam 9an malam hehe tetapi
ini di luar prediksi.
18.25
: Ngetem di depan pom dekat terminal kudus sebentar kemudian lanjut lagi
bebarengan dengan HR 85, HR 114, HR 74, PK Marcopolo dan PK 1830. Lumayan ada
tontonan menarik konvoi bareng muriaan.
18.50
: Memasuki Demak via lingkar Demak.
19.15
: Alhamdulillah sampai di terminal terboyo dg selamat. Lanjut Shalat Magrib dan
Isya (Jamak) dan bersih diri.
Tiba di Terminal Terboyo |
19.40
: Menunggu jam keberangkatan SR 7067 di depan shelter. Saat itu juga ada SR
Patas 7117 yg menunggu jam keberangkatan juga tetapi duluan 7117 daripada 7067.
Sambil menunggu, sya manfaatkan untuk makan nasi bungkus dulu karena sudah
laper banget.
SR 7067 |
20.35
: SR 7067 take off dari dalam terminal terboyo dipawangi oleh mas minyak 7083,
karena montore belum selesai diperbaiki pasca laka.
20.40
: Ngetem di pintu keluar terboyo.
21.00
: Take off menuju sukun via tol.
21.20
: Ngetem di sukun, setelah Eka 7500 berangkat.
21.35
: Take off Sukun. Sya pun tak sadar tiba-tiba zzzzzzzzzzzzzzzzz.
22.55
: Bangun-bangun ternyata udah lepas terminal boyolali. Wah ternyata ngeri tenan
bantere tapi malah ketiduran hehe.
23.15
: Turun di pertigaan kartosuro lanjut mencegat bus arah jogja. Butuh perjuangan
untuk menyetop bus di sini pada malam hari karena ga semua bus mau berhenti.
23.50
: Akhirnya dapat Mira 7306 setelah SR 7803 dan SR 7073 tak mau berhenti ketika
distop -_-. Ternyata sopire joss banget sampai karangwuni sudah berhasil mengOT
SR 7073 yg sempat mengacuhkan diriku tadi :v.
HARI 3
00.15
: Masuk Terminal Klaten.
00.35
: Nungguin crew nya beli nasi padang di timur pertigaan maguwo -_-.
00.55
: Masuk terminal giwangan bareng Mira 7162 yg sempet mengOT di perempatan
ketandan. Lanjut ambil motor terus balik kos.
01.20
: Alhamdulillah sampai kos dg selamat.
Tarif
:
Jogja-Solo
: 15k (Eka Cepat)
Solo-Ngawi
: 13k (Sugeng Rahayu ATB)
Ngawi-Surabaya
: 27k (Mira ATB)
Surabaya-Sumenep
: 43k (Akas IV ATB)
Sumenep-Surabaya
: 45k (Akas Green ATB)
Bungurasih-TOW
: 7k (Damri PAC8)
TOW-Babat
: 14k (Putra Mas Ekonomi)
Babat-Semarang
: 42k (Sinar Mandiri Mulia Ekonomi)
Semarang-Kartosuro : 15k (Sugeng Rahayu ATB)
Kartosuro-Jogja : 10k (Mira ATB)
No comments:
Post a Comment