Monday, 9 May 2016

Touring Sego Gandul di Pati Bumi Minatani


Kali ini touring deket2an aja yaitu touring sego gandul ke kota Bumi Minatani Pati karena emang udah lama pengen merasakan sego gandul khas kota Pati itu tetapi belum juga kesampaian. Touring ini dilakukan pada hari Jumat, 29 April 2016. Rute yg akan sya lewati kali ini yaitu via Solo-Surabaya-Tuban-Pati sekalian mau TTC dulu. Dan untuk rute baliknya yaitu via Semarang-Bawen-Magelang-Jogja. 
Check it out .... 

HARI 1
20.50 : Berangkat dari kosan diantar temen kos ke Janti, tetapi tetep aja sya yg nyetir motornya...hehe.
21.00 : Sampai di bangjo Janti terlihat bus body discovery yaitu SR 7100 berjalan perlahan dari arah selatan menuju halte Janti. Langsung naik ini aja dan ternyata ketemu Bimo dan Surya yg juga mau TTC, hehe... lumayan dapat teman ngobrol. Ternyata kernetnya saat itu adalah Pak Budi kwkwkwkw, kernet sesssss gitu loh.
21.05 : Take off Janti menuju Solo setelah beberapa menit ngetem. SR 7100 dikemudikan oleh driver SR 7671 entah namanya siapa yg pasti bawanya josss, walaupun awalnya sempat mikir kalau kayaknya bawanya biasa aja.
21.10 : Disambut kemacetan di maguwo sampai bandara karena ada proyek drainase. Lumayan lama terjebak macet di sini sekitar 20 menitan tetapi dengan lihai sang driver mencari celah jalan agar bisa cepat terlepas dari kemacetan. Sya pun merasa terhibur karena diputar film punk in love sehingga ngakak terus sepanjang perjalanan, padahal lebih seneng kalau disetel dangdut banyuwangian :v
Onboard SR 7100 
21.30 : Lepas dari kemacetan, bus dengan mesin Hino AK8 ini langsung dibawa mosak-masik untuk mengejar jam keberangkatan solo. Mantap dah bawanya walaupun bukan batangannya.
21.50 : Memasuki bypass Klaten udah gandeng sama SR 7098 dan Eka 7328 pas di pintu perlintasan KA, akhirnya konvoy dah sampai depan terminal Klaten. Pas mau masuk terminal, Pak Budi mengarahkan untuk ga masuk terminal aja. Akhirnya kita duluan deh memimpin hehe...Lepas terminal masih dipacu mosak masik menghalau kendaraan-kendaraan di depannya.
22.20 : Melintas Delanggu.
22.30 : Lepas kartosuro. Ketika sampai Pabelan sudah terlihat SS 7028 di depan dan akhirnya gandeng sampai kerten. SS 7028 berbelok ke kiri sedangkan SR 7100 lurus aja lewat RS Panti Waluyo karena ada penumpang yg ingin turun di sana.
Nempel SS 7028 
22.40 : Alhamdulillah sampai di terminal tirtonadi, Solo. Lanjut TTC bareng teman2 SGL dulu sambil menanti Mira 7215 yg rencananya mau sya coba naiki (itupun kalau drivernya mas nanang, hehe). Beberapa menit kemudian barulah SS 7028 masuk disusul SR 7098 dan Eka 7328 yg didahului tadi.
SR 7100
23.05 : SR 7352 telah sampai di Tirtonadi, artinya Mira 7215 juga sepertinya hampir sampai juga.
23.20 : Mira 7215 body Inspiro tiba di tirtonadi dan drivernya saat itu adalah mas Nanang. Yess...sesuai prediksi ternyata. Sya pun langsung berpamitan sama teman2 SGL dan dg PD nya naik Mira hahaha (Kan drivernya ex SG juga hehe).
23.40 : Take off Tirtonadi menuju Nganjuk. Lepas terminal sampai palur, bus bermesin Hino AK8 ini masih dipacu santai sambil menyeser penumpang.
Onboard Mira 7215
23.53 : Lepas Palur bus langsung dipacu mosak masik dengan keadaan lalu lintas yg masih cukup ramai walau udah tengah malam. Lumayan aluss juga bawanya mas Nanang dan terlihat enjoy saat memacu busnya.


HARI 2
00.10 : Melintas Pungkruk, Sragen lanjut lewat kota.
00.20 : Melintas Pilangsari. Lepas Pilangsari lanjut mosak-masik dan hampir kress pas di paldaplang sama truk gara2 ga nuntut pas nyalip (untung ae iseh slamet, hehe)
00.30 : Sampai Mantingan ketemu sama Eka 7036 langsung diseset kiri.
00.35 : Ketemu SR Patas 7117 juga langsung digoyang kanan di alas ngawi. Sempat macet beberapa menit di depan jembatan timbang mantingan akibat antrian truk yg berbelok menuju jembatan timbang.
Macet di Alas Mantingan 
00.55 : Ketemu sama Mandala AA 1400 DA body Evo-C yang sedang sibuk mencari celah untuk menyalip kendaraan di depannya (Padahal selisihnya sekitar 30 menitan lho). Ketika Mira 7215 datang, Mandala pun terlihat langsung kocar-kacir n mosak-masik menjauh dari 7215. Tetapi Mandala ditempel terus oleh 7215 sampai pertigaan watualang tanpa bisa disalip. Mandala terlihat lurus saja lewat Ngawi kota sedangkan 7215 belok kanan via RingRoad ngawi lanjut maospati.
Nempel Mandala 1400 
01.10 : Melintas Ngawi lama, terlihat Mira 7213 lagi ngetem di situ (Weleh kok lagi teko kene padahal selisih setengah jam), akhire 7215 duluan ngacir karena rencana mau ngetem di maospati.
01.25 : Ngetem Maospati sekitar 10 menitan.
01.35 : Lanjut lagi setelah disundul Mira 7213 tadi.
01.45 : Memasuki Madiun ternyata ga masuk terminal tetapi puter balik di pom samping terminal dan parkir di belakang SR 7352 yg sedang ngetem di depan terminal. Karena SR 7352 tak kunjung berangkat akhirnya Mira 7215 pun ngacir duluan. Lepas madiun langsung mengasapi Restu Panda dari Ponorogo dengan mudahnya.
02.00 : Memasuki caruban, terlihat Mandala tadi baru berhenti di bangjo pasar caruban, hmmm. Kali ini 7215 juga tidak masuk terminal caruban lagi langsung nylonong saja, hehe. Lanjut meliuk-liuk di saradan-wilangan-bagor.
02.30 : Ketika hampir memasuki terminal Nganjuk, ketemu sama Mira 7310 yg berhenti di bangjo sebelum terminal. Sya pun turun di depan terminal tanpa bisa melihat kelanjutan duet mawut Mira 7215 vs 7310 karena setelah menurunkan sya, Mira 7215 langsung nguber 7310.
Nempel Mira 7310 
Mira 7310 vs Mira 7215 
02.35 : Pergi ke toilet dulu di pom depan terminal
02.40 : Menunggu kedatangan Mandala tadi karena pengen melanjutkan ke surabaya dengan suasana yg berbeda. Restu Panda, SR 7352, SR 7067 dan Mira 7213 pun sya cuekin aja.
02.45 : Mandala tiba langsung masuk ke terminal Nganjuk dan ngetem di sini. Sya pun masuk dan mendapat seat baris kedua. Penumpangnya ternyata tidak terlalu banyak. Tidak lupa sya pun membeli 2 nasi bungkus untuk persiapan sarapan dan makan siang.
Mandala 1400 
03.05 : Setelah ngetem cukup lama, akhirnya berangkat juga ni Mandala. Lepas Nganjuk bus bermesin Hino AK8 ini dipacu mosak-masik juga tetapi dalam perjalanannya, bus dipacu standar saja dalam rangka mencari slah. Padahal mau nguber jam nya SMM "Herculles" ni yg angkatan jam 05.00. 
03.30 : Melewati Braan, terlihat Harapan Jaya ATB baru saja lepas Braan. Akhirnya Mandala pun makin santai bawanya untuk mencari slah lagi, huffft.
03.50 : Baru memasuki Jombang, diblong oleh Harapan Jaya odong2 yg notabene armada puterwalikan (pantesan bawanya ngejoss banget). Akhirnya sya mendapat hotseat juga setelah ada penumpang yg turun di Jombang.
04.10 : Berhasil mengOT Harapan Jaya ATB tadi sebelum Mojoagung dan Gunung Harta Malang-Purwokerto setelah lepas Mojoagung.
Onboard Mandala 1400
04.20 : Mojokerto ga masuk terminal tetapi ngetem lagi di depan terminal.
04.30 : Ngetem lagi di perempatan pemandian, Mojokerto sekitar 10 menit huffft.
05.15 : Alhamdulillah sampai juga di Bungurasih dan pastinya sudah ketinggalan jam nya SMM "Herculles". Sya pun sholat subuh dulu kemudian santai-santai dulu sambil menunggu jam nya SMM selanjutnya.
Mandala Landing Bungurasih
05.25 : Hunting bentar di bungurasih.

Suasana Bungurasih Pagi Hari
Suasana Bungurasih Pagi Hari
05.30 : Menuju shelter Semarang Ekonomi terlihat yg parkir adalah Indonesia dan belakangnya ada SMM "Sammy". Sepertinya SMM ini kurang familiar di telinga sya. Ternyata SMM ini dulunya bernick name "Demang", "N84" dan "Roxy". Setelah Indonesia berangkat, sya pun naik ke dalam SMM "Sammy". Mungkin diberikan nick name "Sammy" karena memang wajah sopirnya mirip Sammy Kerispatih yaitu mas Auk kwkwkwwk.
SMM "Sammy" Tampak Depan
SMM "Sammy" Tampak Belakang 
05.45 : Take off dari shelter Bungurasih dan siap2 untuk menikmati panasnya naik bus odong2.
05.55 : Lepas pintu keluar Bungurasih, bus dipacu santai saja. Memasuki tol bus juga hanya dipacu kecepatan sedang dan cenderung kalem, mungkin kalau jam pagi seperti ini kali ya bawanya ga kaya jam siang yg penuh persaingan.
Onboard SMM "Sammy"
06.20 : Memasuki terminal Bunder, menaikkan penumpang kemudian lanjut lagi. Lepas Bunder bus mulai dipacu mosak masik menghalau kendaraan yg mulai padat saat itu tetapi masih dalam kecepatan standar.
06.50 : Memasuki Lamongan. Lepas Lamongan, sya pun tertidur dan terbangun pas akan sampai Babat.
07.20 : Melintas babat. Lepas babat, bus masih dipacu cukup santai tetapi ketika akan memasuki perbatasan kabupaten Tuban, bus pun dipacu kencang kembali.
08.10 : Memasuki terminal baru Tuban dan parkir di pojokan karena crew nya mau sarapan dulu di terminal.
08.20 : Indonesia max "Dampit" belakangnya bus ini pun telah datang dan parkir di shelter semarang. Walah malah keduluan bus belakange. Beberapa menit ngetem di shelter, Indonesia "Dampit" pun berangkat duluan.
08.30 : Sang kernet memarkirkan bus menuju shelter semarang dan ngetem sebentar, hufft. Rasa panas mulai melanda karena bus dalam keadaan diam.
08.35 : Take off terminal baru Tuban.
09.00 : Melintas Jenu, bus masih dipacu santai.
09.15 : Melintas Tambak Boyo. Lepas Tambak Boyo, akhirnya bus pun dipacu full speed. Ini baru naik SMM, hehe. Bangku hotseat pun kembali lengang seperti pas naik SMM "Boros" dulu.
Fenomena Hotseat Kosong
09.30 : Melintas Sarang. Dari arah berlawanan, banyak bus yg memberikan kode bahwa bus depannya SMM ini udah dekat, berarti Indonesia "Dampit" tadi donk.
09.50 : Melintas Kragan.
10.00 : Melintas Sluke.
10.10 : Melintas Lasem cuma lewat doank karena Indonesia "Dampit" tadi udah ngetem di Lasem ini. Langsung saja terus mosak masik untuk mengambil poin Rembang.
10.20 : Benar saja saat sampai Rembang, SMM "Sammy" memutuskan untuk ngetem lagi. Beberapa menit kemudian lewatlah Indonesia "Dampit" duluan.
10.30 : Lanjut lagi mosak masiknya menuju Pati.
Mosak-Masik Lepas Rembang
11.00 : Melintas Juwana.
11.20 : Alhamdulillah sampai juga di terminal Sleko, Pati dan menyundul Indonesia "Dampit" tadi yg lagi ngetem. Sya pun turun dan bertanya pada tukang ojek dimana warung makan yg menjual sego gandul. Ternyata ga jauh juga dari terminal hanya berjalan sebentar aja.

Landing Terminal Pati
11.25 : Menikmati wisata kuliner makan sego gandul di RM sego gandul Pak Lasipin belakang terminal. Cukup 9000 aja pake telor dan es teh. Lumayan murah ternyata...
Sego Gandul Khas Pati
11.45 : Setelah kenyang, kembali menuju mushola terminal untuk shalat dhuhur.
11.50 : Karena sudah ada bumel Widji Lestari Titan Hino AK8 S 7555 UJ yang sedang parkir, sya pun langsung naik aja karena mengejar jam semarang-magelang.


Widji Lestari Titan Lagi Ngetem
11.52 : Take off Terminal Pati menuju Semarang via jalan pati-sukolilo lanjut melewati Jalan Lingkar Pati. Josss banget ternyata sang driver bawanya. Mosak masik dan kenceng juga plus bonus klakson telolet yg cukup berisik -_-. Lumayan lah ora banter ora silir.
Onboard Widji Lestari Titan
12.05 : Lepas RingRoad Pati, lalu lintas cukup ramai saat itu sehingga goyang kanan kiri pun dilakukan untuk mencari jalan.
12.20 : Memasuki Jalan Lingkar Kudus, Ngembal tepatnya. Keadaan semakin panas karena sering berhenti akibat bangjo.
12.30 : Melintas simpang Tanjung, akhirnya dapet seat baris kedua.
Onboard Widji Lestari Titan
12.40 : Menurunkan penumpang di depan terminal kudus. Lanjut dipacu kenceng terus karena tidak boleh menaikkan penumpang lagi selepas kudus (ada bumelan Nusantara).
12.55 : Memasuki Jalan Lingkar Demak.
13.25 : Ngepom dulu di daerah sayung, demak. Huffttt panase....
13.35 : Saat memasuki terminal terboyo kres dengan Sumber Waras "Bilqis" yg baru keluar terminal, tetapi karena panasnya cuaca saat itu, sya pun memilih untuk menunggu Sumber Waras ATB yg kira2 berangkat jam set 3 an nanti.
13.40 : Menunggu kedatangan bus di depan agen Nusantara. Sempat pengen balik lewat Solo aja naik Eka 7333 yg telah terparkir di shelter, namun sya urungkan karena pengen sensasi yg lain. Saat itu, shelter Jogja ekonomi diisi oleh Ramayana kemudian selanjutnya Tri Sakti A, ga tertarik naik semua bus tsb.
Suasana Terminal Terboyo Siang Hari
14.10 : Sumber Waras “Bushido” pun datang tetapi ga parkir shelter langsung puter walik menuju sukun. Sya pun mulai kawatir kalau bus tadi adalah bus terakhir alias ga ada lagi bus Sumber Waras belakangnya ini.
14.20 : Akhirnya memutuskan naik Royal Safari 1665 AC seat 2-2 MB OH 1526 New Marcopolo aja menuju Bawen. Sya putuskan turun Bawen karena misalnya Sumber Waras udah ga ada lagi sya lewat solo aja. Rasane adem tenan naik bus AC setelah berpanas-panasan naik bus bumel via pantura.

Royal Safari 1665
14.25 : Lepas Terboyo menuju sukun. Lumayan juga bawanya cukup kencang di tol karena drivernya masih muda.
Onboard Royal Safari 1665
14.50 : Ngetem cukup lama di sukun. Terlihat Sumber Waras “Bushido” masih terparkir di sukun menunggu penumpang, jadi masih memungkinkan naik itu pas di bawen nanti.
15.00 : Take off Sukun dg penumpang rata bangku. Langsung ngejos bawanya hingga penumpang cukup banyak yg berdiri. Agak kecewa juga ternyata pas mbayar ga dikasih karcis, hufft.
15.15 : Mengasapi Tri Sakti A tujuan Jogja tadi di Karangjati.
15.25 : Turun di depan pom bensin bawen. Lanjut Shalat Ashar dulu dan makan nasi bungkus yg dibeli di Nganjuk tadi pagi, hehe.
15.55 : Kembali menunggu Sumber Waras “Bushido” tadi semoga masih ada seat tersisa. Sempet pengen melanjutkan perjalanan via solo aja karena cukup lama menunggu belum datang juga.
16.05 : Akhirnya datang juga Sumbar Waras “Bushido” bermesin MB OF Prima ini dg keadaan full moyong-moyong, mungkin isi sekitar 80an penumpang kali yaa. Entah kenapa kok sya nekat menghentikan bus ini ya, dan akhirnya sya pun berdiri bergelantungan di pintu belakang (mengingat kenangan saat SMP dulu naik colt, hehe). Karena sudah full, bus pun dipacu kencang sepanjang perjalanan dan masih aja menaikkan penumpang, huffft.
16.15 : Lepas RingRoad Ambarawa, sya pun mencoba menikmati perjalanan ini tetapi yg membuat ga nikmat adalah kernet yg merokok di depan sya asapnya mengarah ke saya semua, wah ga enak banget pokok e.
16.30 : Sampai di Bedono. Lepas Bedono bus dipacu kencang dan mosak-masik, mantap pokokmen.
16.50 : Sampai Secang terkena macet cukup panjang, cukup banyak penumpang yg turun di sini, tetapi tetep saja masih bergelantungan di pintu belakang karena penumpang masih terlihat banyak, hmmm.
Onboard Sumber Waras "Bushido"
17.10 : Memasuki Magelang baru dapet seat akhirnya, kemacetan pun mengular gara2 bangjo sehingga bus berusaha goyang kanan menghalau kemacetan hingga perempatan sebelum terminal.
17.25 : Ngepom dulu di pom bensin manohara sebelum terminal, hehe karena petugasnya cewek2 vrooh. Dulu sih langganan mampir sini kalo lagi touring naik motor bareng temen2.
17.35 : Alhamdulillah sampai juga di terminal Tidar magelang tetapi ga masuk ke dalam terminal. Di depan terminal sudah menunggu bus Sumber Waras "Bilqis" yg ternyata masih ngetem di sini menunggu operan penumpang jogja. Untuk tujuan Purwokerto juga masih ada Santoso yg juga parkir di situ. Sya pun langsung menuju ke dalam terminal untuk shalat Magrib dulu sebelum lanjut naik Eka ke jogja.
Landing Terminal Tidar, Magelang
17.40 : Shalat Magrib dulu. Lanjut menuju shelter Surabaya terlihat Eka 7512 Hino RK8 berbody GT MP sudah siap untuk diberangkatkan. Di sampingnya juga sudah ada Eka 7338 yg baru datang dari surabaya untuk keberangkatan selanjutnya. Sya pun bergegas naik dan ternyata masih ada hotseat yang tersedia tetapi bagian kanan. Agak kecewa juga ya karena ada sunscreen yg lumayan menutupi pandangan ke depan sya.
Eka Cepat 7512
17.55 : Take off terminal tidar menuju jogja dengan driver yg terlihat cukup tua tetapi josss lah. Terasa nyaman sekali naik bus patas setelah lelah bergelantungan di bus Sumber Waras tadi, hehe. Lepas terminal langsung disambut hujan gerimis. Bus lumayan dipacu santai dalam keadaan gerimis ini.
Onboard Eka Cepat 7512
18.20 : Memasuki Muntilan, hujan semakin deras hingga mengganggu jarak pandang ke depan. Akhirnya bus pun dipacu melambat dan sya pun sempat tertidur sebentar.
18.35 : Memasuki Salam hingga perbatasan DIY-Jateng, hujan mulai reda sehingga bus pun dipacu cukup kencang kembali.
18.45 : Memasuki tempel, sempat menaikkan kontrolan. Kasihan juga saat itu ada kejadian sang kondektur yg kelihatannya masih newbie kena teguran kontrolan gara-gara ngarcis ibu-ibu yg bawa anak 2 cuma dikarcis 1 doank.
19.00 : Alhamdulillah sampai juga di depan terminal Jombor dan menunggu jemputan teman kos.
19.30 : Akhirnya sampai di kos juga dengan baju yg sedikit basah karena hujan yg tiba2 saat perjalan ke kos, hehe. Sampai di kos ternyata dapat info dari FB kalau jalur Solo-Salatiga lagi macet parah karena ada truk laka di Boyolali. Ternyata ada juga untungnya sya lewat magelang karena kalo nekat lewat Solo bisa sampai kos jam 9an malam nih, hehe. Semua ada hikmahnya...^^



Tarif:
Jogja-Solo : 15k (SR ATB)
Solo-Nganjuk : 25k (Mira ATB)
Nganjuk-Surabaya : 15k (Mandala ATB)
Surabaya-Pati : 45k (SMM Ekonomi)
Pati-Semarang : 15k (Widji Lestari Ekonomi)
Semarang-Bawen : 10k (Royal Safari AC Seat 2-2)
Bawen-Magelang : 10k (Sumber Waras Ekonomi)
Magelang-Jogja : 15k (Eka Cepat)



No comments:

Post a Comment