Saturday 16 January 2016

Touring "Tugas Negara" ke Bandung

"Tugas Negara" sambil Touring ke Tanah Sunda, 27-29 November 2015

Assalamualaikum... kembali bersama sya untuk menceritakan kembali catatan perjalanan Jogja-Bandung PP kali ini via selatan dan utara sbg referensi teman2 yg pengen touring ke sana. Mendapat mandat dari Bapak untuk ke rumah bulik untuk suatu acara di Padalarang Bandung, membuat sya harus menyiapkan waktu untuk pergi ke sana di sela-sela kesibukan yg sangat padat. Dan perjalanan itu dimulai hari jumat malam tgl 27 November 2015.

HARI 1 
19.40 : Berangkat dari kos menuju terminal Giwangan. 
19.55 : Mampir pom dulu untuk mengisi bensin sekaligus menukar uang hehe. 
20.00 : Masuk parkiran, lewat jalan rahasia dan nungguin kedatangan SR 7144 Purwokerto. Di shelter sudah terparkir Mandala body Evo-C dan Efisiensi yg siap diberangkatkan di depan agennya (Ga tertarik blas gaess). Di depan shelter juga ada Eka 7556 yg harusnya udah berangkat ke Purwokerto tapi kok masih ada di situ (hemmm kyaknya telat trus ga boleh parkir) :v
20.15 : SR 7144 memasuki terminal terus naik aja pas mandornya mau memarkirkan busnya dan alhamdulillah dapet hotseat.  Parkir di shelter pun hanya 10 menitan saja dan langsung gass menuju Purwokerto.
SR 7144 Parkir Shelter Purwokerto
20.25 : Dengan driver mas Anas eks Rosin, SR 7144 dipacu keluar dari Giwangan menuju Purwokerto, yang sebelumnya Mandala nya tadi udah meluncur duluan. Seperti biasa Wifine ga connect lagi -_- . Lepas giwangan bus langsung dipacu kenceng terus di malam yg masih cukup ramai itu. 
21.00 : Hampir sampe Wates, bokong Mandala pun sudah terlihat hilalnya tapi gara2 ada kontrolan yg naik, dia pun menghilang duluan ngacir. SR 7144 pun kembali digass dengan kencangnya dan menjelang daerah don bosco Purworejo penampakan Mandala kembali terlihat.
21.30 : Sampe don Bosco, aksi tempel-menempel dg Mandala terus berlangsung sengit hingga Kutoarjo dan akhirnya berhasil terasapi karena Mandala nurunin penumpang. 
Nempel Mandala Evo-C
22.00 : Melintas Kutoarjooooo.
22.30 : Masuk Kebumen lewat kota gaesss, yg pengen turun di terminal akhirnya turun di alun2 mawon hehe, seperti biasa acara pergi ke toilet selalu menjadi hal yg wajib bila naik SR Patas ini :-) 
22.45 : Memasuki Karanganyar ternyata bus ini dibelokkan menuju RM Lestari Karang Anyar untuk istirahat (Jarang2 Sumber masuk RM Lestari, sopirnya kelaparan paling :v , parkir berdampingan sama Rosin Malang-Pwkerto). 
Parkir Berdampingan dengan Rosalia Indah di RM Lestari
Di RM Lestari
23.00 : Sembari menunggu para kru dan penumpang lain selesai makan, nyempetin hunting di sekitar RM Lestari dan dari situ terlihat Mandala, Efisiensi dan Eka 7556 yang tadi berada di belakang mulai melewati daerah Karang Anyar ini. 
23.05 : Melanjutkan perjalanan kembali.
23.30 : Sampe Sumpiuh ketemu Efisiensi tadi dan terjadilah aksi kejar-kejaran sampai Buntu karena saat itu Efi terlihat ogah-ogahan disalip dan terus menunjukkan perlawanan. Akhirnya berhasil juga disalip setelah sama2 menurunkan penumpang di Buntu. 
Kejar-Kejaran dengan Efisiensi
23.40 : Melintas Buntu.

HARI 2 
00.15 : Landing di terminal Bulupitu Purwokerto dg selamat. Di shelter Tasik-Bandung sudah ada Mandala yg tadi sempat menjadi teman lari-larian di jalan. 
Mandala Parkir di Shelter Tasik/Bandung
00.30 : Setelah acara ke toilet, langsung naik Mandala yg saat itu baru terisi beberapa orang saja. Masih dapat hotseat lagi hehe. Jangan lupa nego dulu ya say kalo mau naik bus ini ya....hehe. Hampir satu jam Mandala ini parkir di shelter bandung hingga sya pun bosan berada di dalam bus yg masih sepi itu.
Di Dalam Mandala
01.00 : Mandala AC Ekonomi dg mesin Hino Ak8 ini akhirnya berangkat dipacu dg kecepatan sangat rendah dg membawa hanya beberapa penumpang saja ( Maklum tengah malam di daerah sini jarang rame penumpang). 
01.30 : Setelah ngetem di daerah lepas terminal dan mengisi angin, bus dipacu lagi dengan kecepatan rendah menyusuri gelapnya malam di kota Pwkerto hingga Rawalo. 
02.00 : Lepas Rawalo, bus mulai dipacu dg kecepatan sedang (tinggal bobomania dulu aja zzzzz), selama perjalanan tidak ada atraksi apapun karena memang jarang ada bus dg arah barat yg jalan di tengah malam. 
02.20 : Melintas Wangon. 
02.45 : Melintas Karang pucung. 
03.20 : Melintas Majenang, lepas majenang langsung miyak-miyak. Performa Mandala yg sesungguhnya baru ditunjukkan di sini. Mantap dah...ngejoss terus meliuk-liuk di trek berliku Majenang-Banjar.
03.35 : Melintas Wanareja. 
04.00 : Melintas Banjar Patroman, ndak masuk terminal. 
04.10 : Istirahat makan di RM Datuk Frima Banjar namun di sini sya manfaatkan untuk ke toilet dan Shalat Subuh saja.
Istirahat di RM Datuk Frima
04.35 : Melanjutkan perjalanan, masih dg style miyak-miyak.
04.45 : Melintas Ciamis, ndak masuk terminal tetapi lewat alun2 kota. 
05.05 : Landing di terminal Indihiang Tasik kmudian menunggu Budiman tujuan Cimahi yg harusnya jadwalnya jam 05.30. Kondisi terminal masih cukup sepi pagi itu.
Tiba di Terminal Indihiang
Suasana Terminal Indihiang
Suasana Terminal Indihiang
06.00 : Hingga pukul 06.00 ternyata tidak ada tanda2 kedatangan bus, akhirnya memutuskan ikut Primajasa AC Ekonomi body Evo-X tujuan Tasik-Cililitan turun Cileunyi aja untuk memburu waktu. Dapat hotseat lagi. 
Di Dalam Primajasa Evo-X
06.05 : Lepas terminal bus dipacu lambat sepanjang perjalanan hanya 20-40 kpj aja diiringi suara kreket2 ala suspensi hino RK8 (Bisa dibayangkan pelannya, padahal niatnya memburu waktu). Ini mah bener2 di luar ekspektasi.
07.10 : Melintas Ciawi, mampir pos kontrol dan beli gorengan buat ngganjel ini perut. 
Pos Kontrol Ciawi
07.45 : Melintas Malangbong, masih dg speed yg sama alias nyantai apalagi mulai daerah ini banyak tanjakan dan tikungan yg curam sehingga bus dg mesin Hino RK8 ini speednya makin dikurangi -_- . Namun asyiknya bisa liat pemandangan alam yg yahut bgt di sini sembari berkelak kelok ria. 
08.40 : Sampai Nagreg. 
08.50 : Melintas Rancaekek. 
09.00 : Mampir di pos kontrol Cileunyi sekitar 10 menitan, padahal bentar lg turun huffftt. 
09.10 : Turun dari Primajasa di terminal bayangan Cileunyi, lanjut nyari bus arah Padalarang. Yang ngetem di situ kebetulan Doa Ibu ekonomi Hino RG body rombakan skania RI. Langsung naik itu sambil nunggu ngetemnya yg lumayan lama (namanya juga bumel). 
Turun dari Primajasa
09.25 : Bus mulai berangkat dipacu full speed lepas tol Cileunyi. Dari Cileunyi-Padalarang via tol ini ditebus dg 8rb rupiah tanpa karcis padahal menurutku jaraknya kan ga terlalu jauh (mungkin karena via tol kali yaaa). Walaupun sumuk tapi terbayar lah dg atraksinya yg sempat menempel Sangkuriang tujuan sukabumi.
Masuk Tol Cileunyi
Keluar Tol Padalarang
10.05 : Turun bangjo setelah gerbang tol padalarang nunggu jemputan saudara. 
10.30-14.00 : Acara di rumah saudara. 
14.00 : Diantar bulik ke Cimahi untuk naik bis dari sana. Kebetulan kemaren sudah minta tolong beliin tiket Bejeu di Cimahi dan alhamdulillah masih dapat hotseat. Perjalanan dari rumah bulik sampai Cimahi lumayan lama 30 menitan disambut guyuran hujan. 
14.35 : Sampai agen bejeu Cimahi di depan pasar antri dekat Cimall. Lapor ke agen kemudian nunggu busnya datang.
14.45 : Bus Bejeu B.32 a.k.a The Best van Java berbalut body Scorpion King n bermesin MB OH 1626 pun sudah datang, dan para penumpang dari agen sini dipersilakan naik. Karena dapet seat 1 C jadi bisa leluasa melihat jalur yg dilalui bis dari Cimahi ke Cicaheum. Bus ini memiliki total seat berjumlah 32 dg masing2 seat udah dilengkapi legrest, bantal dan selimut bedcover. Tapi sayang fasilitas Wifinya ga bisa connect huffftt, tp untungnya power plugnya berfungsi. 
Hotseat Bejeu B32
15.20 : Mampir agen Cimindi. 
16.20 : Masuk terminal Cicaheum setelah berjuang macet2an bersama New Shantika AMG Seri 10 dan MJCM CM 13 melewati kota Bandung yg super ramai (ternyata bus ini lewat dalam kota jadi bisa liat Gedung Sate, ITB dr fly over dll). 
Menunggu Penumpang di Terminal Cicaheum
16.25 : Karena belum shalat Ashar, lanjut mencari masjid untuk sholat dulu, setelah itu puas-puasin hunting karena bus baru akan berangkat setelah magrib nanti. 
Goodwill (Bumiayu) feat Budiman (Tasik)
MJCM  Trans : Kudus-Jepara
New Shantika : Kudus-Jepara
Rajawali : Solo-Semarang
Sahabat : Cirebon
18.00 : Shalat Magrib dulu sebelum berangkat. Setelah shalat kembali menuju bus dan seat 1D nya udah terisi penumpang yg ternyata anak busmania juga. 
Persiapan Diberangkatkan
18.30 : Bejeu diberangkatkan setelah beberapa bus dg tujuan sama berangkat seperti Nusantara, New Shantika, Rajawali, Bandung Express dan Pahala Kencana. Karena mendapat info kalau di Cibiru macet parah maka pak driver memutuskan kembali lewat kota menuju Tol Pasteur, snack berupa roti dan pop mie mini serta minuman berupa air mineral 600 ml dan floridina mulai dibagikan satu per satu oleh crew nya. 
Snack Istimewa dari Bejeu
19.00 : Masuk tol Pasteur bus dipacu kencang hingga keluar tol Cileunyi. Bus sangat nyaman karena udah ada air suspensionnya jadi anti kreket2. Selain itu, selimut yg berupa bedcover ini menambah kenyamanan di perjalanan ini.
19.40 : Macet2an di Cileunyi arah Jatinangor. 
19.50 : Mampir agen Cileunyi dan lanjut perjalanan yang mayoritas berupa turunan yg agak tajam dan sesekali berkelok hingga melewati kawasan Cadas Pangeran. 
21.00 : Sumedang. 
21.40 : Mampir servis makan di RM. Kabita di daerah Tomo Sumedang, bersama Bandung Express dan Pahala Kencana. Menu servis makan kala itu cukup sederhana yaitu nasi, oseng tempe, sop dan telur dadar dengan teh anget sebagai minumannya.
Servis Makan di RM KAbita
22.15 : Melanjutkan perjalanan oleh driver tengah. Kali ini bus dipacu lebih ngejoss dari driver pinggirnya.
22.50 : Masuk tol Cipali via GT. Kertajati, disambut oleh keluarga besar Sinar Jaya, DMI dan bus2 cirebonan saja, sepertinya Muriaan sudah pada lewat semua. 
23.15 : Masuk tol Palikanci langsung ngejoss hingga tol Pejagan.

HARI 3 
00.10 : Tak lama setelah keluar pertigaan arah pejagan dan pantura sudah disambut kemacetan parah. Usaha buka jalur yg dilakukan para bus malam juga sia-sia malah memperparah kemacetan. Pas macet sempat kres dg banyak bus muriaan arah jakarta. 
Macet Parah di Brebes
02.00 : Baru lolos dari kemacetan parah tadi setelah lama berjibaku di dalam antrian kendaraan yg panjang.
02.10 : Melintas Brebes. 
02.30 : Melintas Tegal (zzzzzz tertidur, padahal pengen lihat opera vantura malah tertidur akibat kelelahan plus nyamannya suspensi MB OH 1626 ini -_- ).
04.20 : Mampir di masjid daerah Batang untuk shalat Subuh (ini yg saya sukai, tanpa diminta, pak driver mencarikan masjid agar para penumpangnya bisa bersembahyang dulu). 
Mampir Masjid untuk Subuhan
04.40 : Menyeduh pop mie dulu buat ngganjel perut bersama penumpang yg lain (memanfaatkan fasilitas bus, hehe). 
04.45 : Melanjutkan perjalanan menuju Semarang dipawangi oleh driver pinggir lagi. Kali ini dibawa agak nyantai karena memang jalanan sudah ramai soalnya udah pagi. 
05.15 : Melintas Gringsing via jalan lingkar plelen. 
05.55 : Melintas Mangkang. 
06.20 : Turun depan Terminal Terboyo dg selamat bareng NS 91 dan 92 yg sama2 dari Bandung juga, lanjut nunggu bis arah Solo (berharap dapet Eka atau SR patas lah).
06.40 : Datanglah Eka GT 7502 langsung naik setelah melewatkan 1 Taruna. Alhamdulillah masih dapat hotseat lg. 
Di Dalam Kabin Eka 7502
06.50 : Ngetem di Sukun lumayan lama karena memang banyak bus ijo yg dibuat wisata -_- .
07.15 : Lepas landas sukun dipacu santai dan diiringi suara kreket2 ala suspensi Hino RK8, menuju Solo dg kondisi full seat dan ada beberapa yg berdiri (Kebiasaan bus patas solo-semarang yg menghalalkan penumpang berdiri).
07.50 : Bawen. 
08.20 : Masuk Tingkir Salatiga. 
09.20 : Kartosuro. 
09.40 : Landing terminal Tirtonadi Solo, lanjut cari bus Jogja-nan di Taman Tirto.
09.55 : Ada Mira 7323 skorking datang langsung naik karena sudah capek pengen cepat2 sampe kos. Dapat hotseat lg walaupun kursi khas tentrem memang kurang nyaman. Di tirto dapat operan dari Mira 7209 yg perpal (sopirnya ndledek gan). 
11.00 : Masuk bypasss klaten disalip Mira 7175 pas nurunin penumpang -_- 
11.40 : Landing terminal Giwangan dg selamat lanjut ambil motor di parkiran n kembali ke kos tercinta. 
12.05 : Sampe di kos dg selamat.......... :-)


Ini hanya sekedar berbagi pengalaman, kurang lebihnya mohon dimaafkan Terima kasih telah membaca dan berkomentar ^-^

Tarif : 
Jogja-Purwokerto       : 55k (Sugeng Rahayu CEPAT)
Purwokerto-Tasik       : 40k (Mandala AC Ekonomi) 
Tasik-Cileunyi             : 25k (Primajasa AC Ekonomi)  
Cileunyi-Padalarang  :  8k (Doa Ibu Ekonomi) 
Cimahi-Semarang     : 165k (Bejeu Executive Class)
Semarang-Solo         : 25k (Eka CEPAT) 
Solo-Jogja                  : 10k (Mira ATB)

Foto karcisnya gan

4 comments:

  1. Mas, tarif bus Mandala itu memakai tarif tetap apa gak ? Kog saya baca cerita nya kog harus nego dulu kalo mau naik bus Mandala ?

    ReplyDelete
  2. Mas, tarif bus Mandala itu memakai tarif tetap apa gak ? Kog saya baca cerita nya kog harus nego dulu kalo mau naik bus Mandala ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mas tarif tetapnya tapi sya negonya jg masih sesuai dg tarif seharusnya

      Delete
  3. Kalo naik Bus Mandala cuma dari Jogja ke Solo bisa gak mas ? Dan Bus Mandala parkir di Giwangan arah Surabaya jam brp aja ?

    ReplyDelete