Tuesday 19 January 2016

Touring 15-an (Jogja-Purworejo-Magelang-Jogja)

Kali ini touring cedak-cedakan wae. Touring ini dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2015. Yaaa....saat itu adalah saat peak season dimana banyak orang yg bepergian memanfaatkan hari libur natal dan tahun baru mereka. Namun, alhamdullillah tarif untuk trayek kali ini tidak ada kenaikan alias tetap. Mengapa dinamai touring 15-an ? Karena kita harus mengeluarkan uang 15rb untuk sekali perjalanan per trayek. Trayek yang sya lalui kali ini yaitu Yogya-Purworejo-Magelang-Yogya. 

07.10 : Take off kos-kosan menuju Giwangan.
07.40 : Parkir motor di parkiran kemudian menuju shelter ekonomi purwokerto. Saat itu terdapat Antar Jaya “Dhimas” yg keluar shelter untuk diberangkatkan. Setelah itu, masuklah Antar Jaya ex Sekar Lawu, gak biasanya jam tersebut diisi, mungkin karena lagi rame kali ya....
Antar Jaya "Dhimas" Diberangkatkan
Shelter Bus Patas
07.50 : Datanglah Antar Jaya “Almira” ex Mira ATB yang langsung mencari tempat parkir untuk menunggu jam keberangkatan. Sya pun langsung masuk biar dapat hotseat padahal jamnya masih lama -_- . Di saat yg bersamaan ATJ ex Sekar Lawu pun diberangkatkan dan digantikan oleh Mulyo. 
Antar Jaya "Al-Mira" Menunggu Jam Keberangkatan
Menunggu Jam Keberangkatan
08.05 : Mulyo berangkat, Almira pun masuk ke shelter. Kira-kira ngetem 15 menitan menunggu penumpang.
08.20 : ATJ "Almira" diberangkatkan, lepas terminal, bus bermesin Hino AK8 ini dipacu lumayan kencang menyusuri RR selatan. Memang pada saat itu jalannya cukup padat karena memang lg musim liburan.
Take Off Giwangan
09.00 : Ngetem di Gamping.
09.10 : Take off Gamping langsung ngejoss membelah keramaian jalan. 15rb dikeluarkan untuk perjalanan jogja-purworejo ini dan ga dapat karcis....hiks....
09.35 : Wates.
Melewati Wates
10.00 : Pertigaan Bosco. Selama perjalanan sampai sini, terlihat bus bumel arah jogja pada full seat (memang liburan ini memberikan rezeki yg luar biasa pada kru bis).
10.10 : Terminal Purworejo. Menunggu bus semarangan yg akan mengantarkan sya menuju magelang. Pengennya sih naik Aman “Terboyo” sekitaran jam 11 an biasanya masuk terminal. Sesekali hunting hehe tapi ga banyak2 karena lagi males karena isinya cuma Sinar Jaya doank.
10.20 : Selang 10 menitan. ATJ "Laura" pun sudah memasuki terminal.
Antar Jaya "Laura"
10.25 : Datanglah Kencana Jaya, tapi fullseat jadi males ngikut.
10.55 : Datanglah Sumber Asih ex Purwo Putro, kayaknya ga recomended.
11.00 : Datanglah Aman “Terboyo” tapi malah ga berhenti dan langsung keluar terminal dengan banternya. Wah sial banget rasane yg ditunggu2 malah ga berhenti, mungkin karena jaraknya dekat dg Sumber Asih tadi. Lepas pukul 11.00, bus yang datang hanyalah tujuan jogja, purwokerto dan cilacap. Bus tujuan semarang cenderung jarang, sekali ada yg datang adalah Tri Kusuma yg ga recomended kalo dilihat dari bodynya. Hmmm akhirnya menunggu lama.
12.00 : Shalat Dhuhur dulu. Sempat mau balik Jogja aja naik ATJ  Casanova nanti kalau memang ga ada yg recomended untuk menuju magelang.
12.30 : Datang Antar Jaya "Laskar Pelangi" arah Jogja. Ini merupakan angkatan dini hari dari Solo. Mungkin sekitar setengah jam lagi ATJ "Casanova" udah datang.
Antar Jaya "Laskar Pelangi"
12.50 : Datanglah Budiman Ekonomi Tasik-Semarang, tanpa pikir panjang, sya pun berlari untuk naik dan ternyata bus sudah full seat. Bangku super hotseat a.k.a nduwur mesin pun menjadi tumpuan menuju kota magelang.
Perjalanan Menuju Magelang
12.55 : Bus berangkat sampai ada yg berdiri. Lepas purworejo, bus dengan mesin Hino AK8 berbody new Titan ini dipacu cukup kencang melewati medan naik-turun jalur purworejo-salaman-magelang, namun jalannya cukup mulus. 15rb dikeluarkan untuk perjalanan purworejo-magelang (Cukup mahal untuk jarak yg tidak terlalu jauh dan ga dapat karcis lagi....hiks....).
Sang Driver Budiman
13.50 : Lewat depan karoseri Trisakti.
14.00 : Sampai di bangjo depan Artos, menunggu lampu ijo yg cukup lama.
Bangjo Artos, Magelang
14.10 : Sampai di depan terminal tidar, magelang, gak masuk terminal sehingga penumpang pada turun di bangjo depan terminal.
Turun di Depan Terminal Tidar
Budiman Melanjutkan Perjalanan ke Semarang
14.15 : Masuk ke dalam terminal ternyata ga ada Eka satu pun yang ngetem (mungkin karena macet jadi telat atau bahkan ga lanjut ke magelang). Akhirnya nunggu bumelan aja yg recomended, utamakan Sumber Waras Group.
14.20 : Terparkir Mustika dan Ramayana di jalur Jogja tetapi sya ga tertarik untuk naik kedua armada tsb. Masih pengen menunggu Mustika dg body Nucleus 3 yg biasanya sampai magelang pada jam-jam segini.
15.05 : Ternyata benar datanglah Mustika Nucleus 3 Bermesin Hino AK8 tersebut. Langsung naik biar dapat hotseat. Cukup lama bis ini ngetem sekitar 30 menitan (Tau gitu mending sya shalat dulu).
Onboard Mustika
15.40 : Bus diberangkatkan ketika sudah benar2 full seat hingga banyak yg berdiri. Lepas terminal disambut oleh hujan deras, namun smpai Artos, hujan sudah reda.
15.50 : Lepas Artos, bus dipacu dg kecepatan sedang-sedang saja. 12rb (kali ini ga 15rb, hehe) dikeluarkan untuk perjalanan magelang-jogja ini dan ga dapat karcis lagi....hiks....
16.20 : Muntilan.
16.40 : Tempel. Bus dilewatkan jalur alternatif yang tembus dg terminal jombor bagian belakang untuk menghindari kemacetan di daerah jalan magelang.
17.00 : Terminal jombor, hanya berhenti di belakang terminal untuk menurunkan penumpang kemudian lanjut ngejoss melewati RR utara, barat dan timur jogja.
17.10 : Gamping, kena macet sebentar di bangjo.
17.25 : Masuk terminal Giwangan, langsung cepat2 menuju masjid terminal untuk shalat Ashar. Setelah itu lanjut pulang ke kos.
18.00 : Sampai di kos dg selamat.

No comments:

Post a Comment