Saturday 16 January 2016

LDR (Lungo Dewe Rajelas) in Banyuwangi


Banyuwangi sepertinya masih menjadi salah satu destinasi yg menggiurkan untuk touring. Memang penuh perjuangan untuk bisa sampai ke sana karena memang saya bukan tipikal orang yg suka naik bus "langsungan" seperti kebanyakan orang tapi punya prinsip trip to trip. Rencana sudah disusun jauh2 hari beserta planning2 daruratnya sebelum dilakukan beneran pada hari Rabu, 13 Januari 2015. Hari itu dipilih karena bertepatan hari terakhir UAS, non weekend dan sekalian merefresh otak yg udah engap 2 minggu belakangan ini. Karena touring kali ini start di siang hari maka sya memulainya dari Terminal Giwangan.

HARI 1
12.40 : Pergi naik sepeda motor kesayangan ke terminal giwangan. Sepanjang perjalanan dari kos ke giwangan sempat berpapasan dg 3 Eka 1 SR dan 1 Mira yg mengarah ke surabaya (Rapet banget ya patas siang2 ngalahne sg ekonomi).
13.00 : Parkir dulu, terus masuk lewat belakang seperti biasa. Di shelter patas telah terparkir SR 7148 Cilacapan All New Legacy SR1 bermesin Hino RK8 sesuai rencana. Patas ini berdampingan dg SS 7394 dan Mila Sejahtera “Petronas”. Alhamdulillah hotseat masih tersisa 1 n langsung naik aja. Parkir sekitar 15 menit.
Di dalam SR 7148
13.15 : Bus diberangkatkan dengan membawa penumpang yang ga ada 20 orang dg driver Pak Yanto (y). Jogja-solo emang enaknya naik patas, selain selisihnya ga banyak dg ekonomi juga dapat air minum botol (lumayan untuk tambahan persedian konsumsi selama di perjalanan).
Sang Driver SR 7148
13.55 : Masuk bypass Klaten, ketemu TZ MK SR1, gatau trayek mana ini jakartanya.
Nempel TZ MK
14.30 : Lari-larian bareng Handoyo Celcius orange dari karangwuni sampai kartosuro. Banter juga larinya Handoyo ini.
Ngekor Handoyo Celcius
14.50 : Masuk kartosuro, mulai banyak kress dg bus-bus malam arah jakarta.
15.00 : Landing terminal tirtonadi, langsung menuju masjid terminal untuk shalat Ashar berjamaah.
15.20 : Kembali menuju shelter solo-timur. Sepertinya banyak SG yg perpal/ga jalan. Niatnya pengen naik SS 7036 ternyata di solo tidak ada penampakannya, sya kira perpal solo karena di jogja juga tidak ada.
15.30 : Mila Sejahtera 7836 "Petronas" datang n langsung menuju parkiran (kasihan gak punya shelter :v). Akhirnya memutuskan naik Mila aja sampe nganjuk, lumayan masih sisa 1 hotseat.
Mila Sejahtera "Petronas"
16.00 : Bus yg berbody disco n bermesin hino AK8 ini keluar terminal dg membawa penumpang sekitar 20 an saja dg driver mas eko.
Mila Take off Tirtonadi
16.20 : Bus masih dipacu dg kecepatan rendah n santai (baru lewat Palur) hingga sampai pilangsari -_-. Sampai Palur sudah diasapi Mira 7209  -_-.
17.00 : Lepas pilangsari akhirnya performa Mila yg sesungguhnya keluar juga. Mosak-masik sepanjang perjalanan namun tetep alus.
17.30 : Berhenti sebentar di sekitar gendingan karena ada bapak2 yg kebelet pipis. Lanjut perjalanan, lewatlah Mira 7303 langsung aja nempel di belakangnya (kenceng bgt Mirane).
18.05 : Ngawi baru, berpisah dg Mira 7303 karena bus ini lewat kota ngawi ga lewat bypass langsung karangjati.
18.50 : Masuk Caruban, sekarang ngekor Eka 7351 sampai nganjuk.
19.35 : Alhamdulillah turun depan terminal nganjuk, lanjut ke toilet n shalat di pom depan terminal.
Depan Terminal Nganjuk
19.50 : Menuju terminal untuk cari nasi bungkus karena udah laper banget. Di terminal sudah ada SS 7433 n SR 7521 yg terparkir untuk arah surabaya (dari solo tadi selisih 30 menit lebih dulu dg Mila keberangkatannya) dan SR 7357 yg disundul SR 7073 untuk arah jogja. Karena jam mepet sya memutuskan naik SS 7433 n makan nasi bungkusnya di dalam bis aja. Alhamdulilah dapat hotseat lagi.
19.55 : Take off terminal nganjuk menuju surabaya.
20:15 : Bus dipacu lumayan kenceng tapi tiba-tiba diwusss dari kanan di daerah baron oleh SR 7148 yg tak naikin tadi hehe.
20:30 : Melintas Braan.
20.45 : Disalip oleh Mira 7303 di perak yg sempat bertemu di gendingan tadi. Langsung lari-lari bareng mbak Mira ini sampe Jombang.
21.15 : Lepas Jombang hanya berlari sendirian karena Mira tadi sudah entah kemana.
21.40 : Lewat terminal mojokerto.
21.55 : Berhenti di dekat bangjo Krian menunggu SR 7521 di belakang, sepertinya mau dioper.
22.00 : Dan ternyata benar, setelah SR 7521 datang, seluruh penumpang pindah ke bus tsb dan masih kebagian hotseat untungnya. Walaupun soloan ternyata joss juga bawanya.
22.30 : Alhamdulillah turun Bungurasih dg selamat bareng Mira 7303 n 7173.
22.35 : Hunting di Bungurasih karena masih lama jam e. Di shelter banyuwangi masih terparkir Restu ATB ex Mandala. Kemudian disusul Akas IV Ventura ATB. Mau naik ini tapi hotseatnya udah penuh, yasudah belakangnya aja karena memang bukan ini incaran saya. 
Terminal Bungurasih malam hari
23.00 : Mulai panik karena yg datang dari madura semuanya akas IV n damri bumel ekonomi. Pengennya sih naik madu wangi tapi entahlah apa dicadangi bumel atau emang jam nya sudah ganti. Hufffft.
23.45 : Datang Akas IV ATB "Singo Madura" kressane All New Legacy SR1 As5dura dan parkir di belakang shelter. Daripada ga bisa Subuhan di situbondo mending naik ini aja. Lumayan dapat Hino RG n masih ada hotseat. Sayangnya kaca depane retak, mungkin habis dilempar atlet. 
Akas IV ATB "Singo Madura" parkir di belakang shelter

HARI 2
00.10 : Masuk shelter banyuwangi setelah Damri berangkat, lumayan lama parkir 25 menit.
Parkir shelter Banyuwangi
00.35 : Bus keluar shelter menuju arah banyuwangi. Bis ini hanya sampai ketapang aja, kalo mau langsungan ke karangente/muncar, naik belakangnya ini yaitu Kabut Semeru.
00.45 : Masuk jalan tol dipacu kenceng banget n alus wes koyo bus malam pokokmen. Ditarik karcis, awalnya pengen bayar proling dulu tapi akhire langsung situbondo aja karena faktor waktu.
01.20 : Keluar tol kejapanan (ga lewat apollo), bus masih dipacu kencang melewati jalanan yg mulai lengang tp masih cukup banyak truk2 besar ala ala pantura yg beriringan.
01.50 : Masuk kota pasuruan.
02.10 : Masuk pom sedarum, operan bus AA dari madura dan jogja untuk tujuan situbondo dsk dan dari Akas IV yg mau ke jember dsk.
02.20 : Melanjutkan perjalanan ke probolinggo.
02.30 : Masuk terminal bayuangga probolinggo, dan ternyata di shelter banyuwangi/situbondo sudah ada bus pp-an akas IV bumel yg parkir (alamat nunggu suwe). Sembari menunggu hunting di terminal yg penuh sesak dg bus2 pp-an yg bermalam di sini.
Tampak Samping Bus Akas IV "Singo Madura" yang saya naiki
Tampak Belakang Bus Akas IV "Singo Madura" yang saya naiki

Suasana Perpalan Terminal Bayuangga Malam Hari
03.00 : Akas IV bumel berangkat n singo madura pun mulai parkir. Hffft
03.15 : Berangkat menuju situbondo, keluar terminal udah kress sama Kabut Semeru yg mau masuk terminal. Selama perjalanan bus masih dipacu kencang. Di sini rasa ngantuk mulai menghantui, sesekali terlelap tertidur.
04.15 : Lewat PLTU Paiton dengan pesona kelap kelipnya di malam hari.
04.35 : Memasuki kawasan Besuki. Di sini mulai panik karena untuk menuju situbondo masih sekitar 1 jam lagi dan saya belum subuhan (secara semakin ke timur kan waktunya makin cepat).
05.00 : Lewat pasir putih, sudah ada tanda2 fajar mulai menghilang.
05.15 : Lewat Monumen 1000 km Anyer-Panarukan, Daendels, Panarukan. Waduh matahari kok uda makin terang aja ya sinarnya...
05.25 : Masuk kota situbondo.
05.35 : Masuk terminal situbondo, langsung buru2 nyari mushola buat Subuhan.
05.45 : Hunting sebentar di terminal. Pagi itu cukup sepi bus di sana. Hanya ada Jember Indah tujuan bondowoso/Jember, Akas IV ATB tujuan probolinggo/surabaya dan akas IV ATB "Singo Madura" tujuan Banyuwangi/Ketapang. 
Shelter Terminal Situbondo
Ada juga beberapa bus yg perpal yaitu 1 Akas IV Hino RG bumel ex semarangan sama 2 Indonesia Abadi bumel. 
Indonesia Abadi
Akas IV ex Semarangan
05.50 : Mencari sarapan nasi bungkus dulu untuk dimakan di dalam bus sebelum melanjutkan perjalanan ke Bondowoso. Lumayan dapat bigbus Jember Indah MB OH Prima n dapat hotseat. Bus nya lumayan terawat n masih nyamanlah.
Jember Indah


06.00 : Bus keluar terminal situbondo dg membawa tidak lebih dari 10 penumpang. Keluar terminal kress lagi dg Kabut Semeru.
Lepas Terminal Situbondo
06.20 : Memasuki perbatasan situbondo-bondowoso, sepanjang perjalanan sesekali ada 1-2 orang saja yg naik n kebanyakan anak sekolahan. Namun ini bis ga ngetem2 lho n lumayan kenceng lah untuk jalur yg serame pagi itu. Tapi sayangnya ga dapat karcis, yg dapat cuma yg tujuan jember saja.
07.00 : Masuk terminal bondowoso, ketika bus ini masuk, ada akas IV bumel "aktor" yg keluar terminal. Yaaah ketinggalan deh, nunggu jam berikutnya. Di terminal bondowoso bis ini ngetem sekitar 10 menit sebelum ke jember (arjasa) berdampingan dg sesama Jember Indah medium bus untuk tujuan situbondo.
Suasana Terminal Bondowoso
07.10 : Ngaploooo di terminal sambil menunggu bus. Terminal ini relatif kecil seperti terminal secang/penggung. Lihat jadwal bus surabaya ada lagi jam 07.30 (Anggun Krida) dan 08.10 (Akas IV). 
Jadwal Keberangkatan Bus Surabaya/Madura di Terminal Bondowoso
07.30 : Akas IV Max 7823 Hino AK8 memasuki terminal n parkir di shelter surabaya. Berarti Anggun Kridanya ga ada/perpal. Langsung naik biar dapat hotseat n hunting sebentar sembari menunggu jam berangkatnya.
Akas IV Max
08.10 : Bus diberangkatkan bersama driver pak Tedjun dengan penumpang yg tidak sampai 20 orang.Sebenarnya sya ga suka naik body max karena kursinya itu lho sempit banget bikin badan sakit semua, tapi ya daripada capek nunggu ya sudah diterima saja.
Lepas Terminal Bondowoso
08.15 : Bus melewati kota Bondowoso dg santai sambil menghampiri beberapa penumpang yg sudah standby menunggu bus ini.
08.25 : Lepas kota Bondowoso bus dipacu kencang melewati jalanan yg sempit, lika-liku, naik turun (seperti jalur dampit-lumajang).
Jalur Bondowoso-Besuki


Jalur Bondowoso-Besuki
08.50 : Melewati hutan daerah arak-arak yg penuh dg pepohonan samping kanan kirinya. Jalannya juga keren meliuk2 tapi tetep dibawa kenceng.
Memasuki Kawasan Arak-Arak
Hutan Arak-Arak
09.10 : Pertigaan Buduan (Lewat sini lagi hehe).
09.20 : Alhamdulillah turun di terminal Besuki. Di dalam terminal yg bergabung dg pasar ini sudah terparkir Indonesia Abadi bumel arah surabaya dan Anggun Krida arah bondowoso. 
Suasana Terminal Besuki

Masih menunggu bus arah situbondo lagi cukup lama karena tadi sempat kress dg akas 1 bumel di buduan. Cukup banyak juga penumpang arah banyuwangi saat itu.
09.40 : Datang Mila Sejahtera ATB tapi arah surabaya lagi -_-
09.55 : Akhirnya datang akas IV Max 7675 Hino AK8 langsung diserbu penumpang. Karena dapat max lagi, walaupun hotseat tp sengsara karena dapat pinggir dewe. (untung cma sampe situbondo, karena bis ini merupakan bus pp-an surabaya-situbondo).
10.05 : Bus berangkat dg fullseat dan dipacu santai melewati daerah yg sama dengan yg saya lalui tadi pagi.
Di dalam Akas IV Max 7675
11.00 : Masuk terminal situbondo lagi hehe. Ternyata tidak ada bus yg parkir arah banyuwangi saat itu. Hanya ada Indonesia Abadi bumel arah probolinggo.
11.05 : Mulai panik karena waktu sudah benar2 mepet. Estimasi rencana harus sudah di karangente jam 13.00 meleset sudah. Daripada panik berlebih, sya mencari nasi bungkus lagi di tempat yang sama dg tadi pagi untuk makan siang.
11.15 : Akas IV bumel body rombakan datang n langsung menghampiri akas IV max. Ternyata operan penumpang yg menuju banyuwangi. Tanpa pikir panjang, saya langsung lari naik ke dalam bus tersebut. Alhamdulillah masih dapat hotseat karena penumpang ga terlalu banyak.
11.20 : Bus tidak parkir dan langsung tancap gas keluar terminal menuju banyuwangi/ketapang. Nasi bungkus tadi akhirnya sya makan di dalam bus.
Di Dalam Akas IV Bumel
11.30 : Lepas kota situbondo bus dg mesin Hino RG n lampu inspiro rasa travego ini dipacu lumayan kencang.
11.50 : Melewati asembagus.
12.10 : Memasuki hutan Baluran. Bus dipacu kencang dan sya pun terlelap zzzzzzzzzzz.
12.30 : Lepas hutan Baluran, selamat datang perbatasan banyuwangi-situbondo daerah bajul mati.
12.40 : Melintas Wongsorejo.
13.00 : Alhamdulillah turun terminal sri tanjung. Langsung menuju mushola untuk sholat.
Akas IV Bumel yang Saya Naiki
13.20 : Hunting sebentar di terminal yg hanya diisi oleh bus akas IV arah surabaya dan angkot2 yg ngetem. Menunggu bus kecil arah karangente sepertinya kok lama ya karena di perjalanan tadi ga menemui bus kecil sama sekali. Hfffft panik lagi waktu sudah mepet pett pett. Sampai ada calo angkot yg menawari untuk estafet naik angkot ke terminal blambangan dulu terus baru nyambung ke karangente dg harga 15rb (busettt mahal banget). Namun, sya ga tertarik dg tawaran tsb n lebih baik bersabar menunggu.
13.35 : Alhamdulillah datang bus kecil Minto, langsung naik. Lumayan bus dipacu kenceng n ga ngetem2. 
Onboard Minto
13.40 : Lewat pelabuhan ketapang.
Pelabuhan Ketapang
14.10 : Sampai di depan terminal karangente. Terlihat sudah terparkir duo Akas Asri Jogja dan Madura. Arah jogja diisi AA 7581 MB OH 1521 setra lawas lampu travego. Arah madura diisi AA bumel concerto. Estimasi pengen naik Mila "Petronas" lagi jadi gagal karena sudah berangkat jam 14.00. Akhirnya naik AA ini untuk mburu waktu magriban di Jember.
Duo AA Parkir Berdampingan

Suasana Terminal Karangente
14.15 : AA Maduraan diberangkatkan.
AA Madura Berangkat
14.25 : Berangkat menuju Jember dg penumpang 2 orang saja, sya tujuan jember dan seorang bapak2 tujuan genteng kwkkwkwww. Sebenarnya pengen naik AA 7595 MB OH 1526 Jetbus HD jam belakang ini tapi karena masih jam 15.20 berangkatnya jadi mending naik ini gpp lah. Ada juga Mila 7837 sih jam 15.00 tapi kosong karena laka dulu itu.hmmm
Di Dalam AA 7581Jogjanan
Interor AA 7581
14.35 : Bus mampir pool bentar. AA ini sudah ada toiletnya tapi ga tau bisa dipakai atau ga. Sayangnya bangkunya supper mepet. Kasihan untuk penumpang yg tinggi bisa pegel2 klo sampe jogja naik ini. Karena hotseat 3 kursi untuk sya sendiri jadi ya nyaman2 saja hehe.
14.50 : Bus dipacu santai memasuki Rogojampi via ringroad istilahe :v . Ngecer penumpang meteran pun diangkut kwkwkwwk.
15.10 : Srono, ngetem bentar.
15.30 : Benculuk, ngetem bentar lagi, kress dg AA madura tadi yg ngetem bareng ternyata balik garasi lagi (mungkin sepi penumpang).
15.45 : Jajag, ga masuk terminal karena dapat info kalau Mila deket di depan. Langsung bus dipacu kencang mosak-masik di jalanan. Mantap juga ternyata kalo lari.
15.55 : Sampai Genteng, Mila Petronas mulai kelihatan. AA ini pun masih dipacu kencang untuk nguber Mila (Tumben kok Mila ne mundur kan uber2an deh hehe).
Mosak-Masik Ala AA
16.15 : Masuk daerah Glenmore, Mila mulai menjauh karena dia juga ga kalah mosak masiknya.
16.25 : Kalibaru.
16.35 : Memasuki daerah Gunung Gumitir. Sepanjang Gumitir tetep mosak masik walaupun lalu lintas cukup ramai. Saya kira MB ini ga cukup kuat buat naik ternyata ngejosss bro di luar ekspektasi.
Memasuki Daerah Gumitir
Aksi Driver Ketika Kress dengan Arah Berlawanan
16.50 : Melintas perbatasan Jember-Banyuwangi.
17.30 : Terminal Pakusari, di sini bus-bus arah banyuwangi/denpasar pada ngetem. Bus cuma nurunin penumpang terus ngejoss lagi.
17.55 : Masuk terminal tawang alun. Sudah ada Mila Petronas tadi yg waktu ngetemnya tinggal 5 menit. Di shelter arah surabaya diisi oleh Restu ATB marcopolo ex Panda n di belakangnya ada Restu ATB sprinter ex semarangan kayaknya. Lanjut hunting sebentar n shalat magrib berjamaah. 
Restu ATB feat MIla Sejatera
CWM
Shelter Bus Terminal Tawang Alun
18.10 : Kembali ke shelter ternyata yg ex panda udah berangkat, yasudah naik ini aja tapi masih lama ngetemnya.
Restu ATB 7436
18.15 : Harapan Baru "Widowati" body new inspiro AK1J datang langsung masuk shelter Malang. Ternyata hotseatnya udah full, yasudah naik Restu saja (mugo2 ga nemoni grandong :v). Sebelum berangkat makan nasi bungkus lagi sbg makan malam di dalam bis ini.
Restu ATB dan Harapan Baru
18.40 : Bus Restu ATB 7436 ini keluar shelter terus ngetem lagi di pintu keluar terminal -_- .
18.50 : Bus berangkat dan dipacu kenceng mosak-masik pokokmen.
19.10 : Tanggul.
19.35 : Jatiroto.
20.00 : Wonorejo, ngetem 30 menit di samping terminal Minak Koncar -_- . Selang 10 menitan Harapan Baru tadi pun lewat dan langsung meninggalkan wonorejo menu probolinggo disusul oleh patas Sandy Putra Evonext.
20.30 : Berangkat kembali masih dg style mosak-masiknya dan sya pun tertidur skali2 bangun ngecek dompet n hp trs tidur lagi kwkwkwkw.
21.30 : Leces
21.40 : Alhamdulilah selamat dan aman. Turun di depan pom bensin samping terminal karena mau sholat dulu (pengalaman mushola terminal dikunci).
21.50 : Jalan kaki menuju terminal bayuangga
21.55 : Masuk terminal yg ngisi shelter arah surabaya ternyata masih Restu yg tak naikin tadi -_- . Bingung deh mau naik apaan secara kalo malem gini cuma diisi bis-bis setoran di probolinggo. Semoga ada keajaiban akas mampir sini.
22.15 : Datang Damri ATB Maduraan body rombakan Jetbus 2 new livery tapi ga parkir di shelter karena ada Anggun Krida bumel yg parkir. Langsung naik ini aja, sekali2 naik bis nya pemerintah hehe tapi ga kebagian hotseat (di seat baris 3).
22.20 : Bus langsung berangkat dg penumpang yg lumayan full. Bus dg mesin MB OH 1518 ini dipacu dg kencangnya sepanjang perjalanan dan tarifnya sama dg akas (Ga salah berarti naik ini). Habis mbayar, sya manfaatkan sepanjang probolinggo-surabaya ini untuk tidur zzzzzzzzzzzzzzzz karena mata ini sudah ga kuat menahan ngantuk.

HARI 3
00.00 : Bangun-bangun bus sudah sampai exit tol waru yg artinya perjalanan dg bus ini hampir selesai.
00.10 : Alhamdulillah sampai Bungurasih lagi dg selamat bebarengan dg bus-bus banyuwangian dari madura juga pada datang. Langsung menuju shelter solo/jogja dan sudah ada SR 7006 yg ngetem. Sya manfaatkan ke toilet dulu karena sya masih ingin naik 7003 walaupun bukan batangane mas aris/erwanto lagi.
00.25 : Menyaksikan bus datang dan pergi berlalu-lalang di belakang shelter sambil menunggu SR 7003 dateng. Sempat pengen naik 7088/7081 tapi akhirnya ga jadi juga hehe.
00.35 : SR 7003 datang langsung naik biar dapat hotseat. Tapi kali saya gatau siapa yang bawa yg jelas orangnya agak gemuk n ngapak.
01.05 : Bus keluar shelter langsung tancap gas. Kebetulan jalannya ga terlalu rame jadi ga terlalu mosak-masik. Siapa pun yg bawa bus ini selalu bisa bikin mata saya merem melek n tratapen :v .
01.45 : Mojokerto.
02.05 : Jombang.
02.20 : Braan, nyalip Mira 7307.
02.45 : Memasuki Nganjuk disalip Mira 7159 (Horeeee :v), akhirnya masuk terminal bareng dan 7003 langsung ngacir duluan dan diikuti 7159. Di pintu perlintasan kembali 7159 nyalip barengan dg 7307 tadi. Akhirnya konvoi deh dari bagor sampai madiun ketiga bus ini. Sya pilih tidur n pura2 ga ngeliat karena ngeri banget hihihi.
03.35 : Masuk terminal madiun, 7307 di belakang dan 7159 di depan sudah tak nampak lagi. Entah pada kemana itu karena sempet tertidur jadi gatau lagi kisah mereka hihihi.
03.45 : Maospati.
04.00 : Alhamdulillah sampai Ngawi lama dg selamat. Sya sih biasanya turun pilangsari tapi karena subuhnya sekarang jam 04.00 jadi mending turung ngawi saja. Lanjut shalat subuh di pom ngawi lama.
04.15 : Balik lagi ke halte ngawi lama sudah ada beberapa penumpang yg menunggu bus (Berarti jaraknya cukup jauh donk).
04.25 : Datang Mira 7159 (Welah malah lagi teko kene :v , mungkin makan dulu dimana gitu). Para penumpang yg sudah menunggu dan saya tetap di sini karena pengen nunggu sumber ae.
04. 35 : Datang lagi Mira 7265 n ngetem beberapa menit, dan sya tetap di sini untuk setia hehe.
04.45 : Akhirnya datang  SS 7029 driver pak Pri, alhamdulillah dapat hotseat. Ngetem beberapa menit langsung berangkat lagi karena katanya ada 4 bis belakangnya pada jejer.
05.45 : Sampai pilangsari, dari kejauhan terlihat 7265 yg baru berangkat habis ngetem di situ. Dan di belakang 7029 ternyata juga sudah ada Mira 7282. Langsung tancap gas menuju solo nguber poin solo-barat.
06.20 : Nyalip 7265 di fullmagic area.
06.50 : Masuk terminal tirtonadi, ambil penumpang terus tancap gas lagi, sepanjang solo-jogja buat bobok lagi zzzzzzzzzz.
08.20 : Alhamdulillah sampai terminal Giwangan dg selamat dan berakhir pula touring sya kali ini. Sebelum kembali ke kos saya sempatkan sarapan penyetan telor tempe dulu di Warung Putri karena emang sudah laper banget.
09.20 : Sampai kos dengan selamat. Alhamdulillah....

Tarif :
Jogja-Solo : 15k (Sugeng Rahayu Patas)
Solo-Nganjuk : 30k (Mila Sejahtera ATB)
Nganjuk-Surabaya : 15k (SS/SR ATB)
Surabaya-Situbondo : 36k (Akas IV ATB)
Situbondo-Bondowoso : 8k (Jember Indah Ekonomi)
Bondowoso-Besuki  : 8k (Akas IV ATB)
Besuki-Situbondo : 9k (Akas IV ATB)
Situbondo-Ketapang : 18k (Akas IV Ekonomi)
Ketapang-Karangente : 7k (Minto Ekonomi)
Banyuwangi-Jember : 30k (Akas Asri ATB)
Jember-Probolinggo : 18k (Restu ATB)
Probolinggo-Surabaya : 18k (Damri ATB)
Surabaya-Ngawi : 27k (Sugeng Rahayu ATB)
Ngawi-Jogja : 23k (Sumber Selamat ATB)


Foto Karcisnya gan

2 comments: