Saturday 16 January 2016

Touring Jogja-Proling via Semarang-Bojonegoro

Touring kali ini sya lakukan pada tgl 4 April 2015 dimulai dari Jogja menuju Probolinggo via Semarang-Babat-Bojonegoro dalam edisi menikmati sensasi naik bus ekonomi ala Jatiman. Tarif yg bersahabat di kantong serta kecepatan bus yg tak diragukan mmbuat sya selalu ketagihan buat naik bus ATB Jatiman. Berikut cerita singkat perjalanan sya kali ini.

HARI 1
23.30 : Berangkat dari Kos-kosan menuju Janti. Setelah menitipkan motor lanjut menunggu datangnya bus Sumber yg mengantarkan sya ke Solo.
23.40 :  Setelah menunggu cukup lama, akhirnya datang juga SS 7045 (CAD 7084) dan langsung ngejoss menuju solo di malam yg cukup lengang itu.
On Board SS 7045
HARI 2
01.00 : Turun Tirtonadi di depan Pintu Barat. Di shelter semarang terboyo sudah terparkir SR 7072 (CAD 7068) langsung naik aja. Kala itu tetap dipawangi oleh Pak Haryono. Syang sekali sya hanya dapat seat kedua karena udah pada full hotseatnya.
01.25 : Setelah cukup lama ngetem, akhirnya SR 7072 diberangkatkan menuju Semarang. Sepanjang perjalanan bus dipacu cukup mosak masik.
03.15 : Mampir pom Kaligawe ngisi solar dlu, maklum bis CAD tankinya ga segede bis reguler semarangan.
03.30 : Alhamdulillah sampai di Terminal Terboyo, nggembel dulu menunggu adzan Subuh n hunting di sekitar terminal. Kali ini ditemukan fakta bahwa ATB SMM "Dinda" yang saya incar tidak ada alias perpal, duh. Bingung juga akhirnya mau naik apa karena minim info tentang bus semarangan via pantura.
Restu Panda ATB : Malang-Surabaya-Semarang
SMM Panda ATB
Restu "Sinchan"
Widji Lestari
04.30 : Shalat Subuh dulu dilanjutkan menunggu di shelter pemberangkatan surabaya (mikir mau naik apa). Yang mengisi shelter kala itu hanya Widji Lestari Titan bumel dan diselingi oleh Indonesia bumel juga.
05.00 : Memutuskan untuk jalan sehat keluar terboyo siapa tahu dapet atb Nusantara karena dari tadi yg parkir cuma bus bumel aja, ga ada yg atb dan ternyata di pertigaan terboyo jg tak ada yang menarik. Hanya terparkir bus Widji Lestari bumel yg sudah lepas dr terminal tadi dan bus bumel tujuan kudus.
05.25 : Indonesia "Delima" berbody Max Hino AK8 parkir di pertigaan sembari mencari penumpang, akhirnya diputuskan ikut ini aja setelah sudah cukup lama menunggu karena takutnya jamnya ga nuntut untuk etape selanjutnya.
On Board Indonesia "Delima"
05.30 : Take off go to Kudus, bus dipacu lumayan kenceng karena masih pagi juga. 
06.10 : Hanya 40 menit saja sya sudah tiba di Terminal Kudus, lanjut hunting sembari menunggu SMM belakangnya. Sya pun menunggu di pojok terminal dekat dg pintu keluar.
Suasana Terminal Kudus
Suasana Terminal Kudus
Suasana Terminal Kudus
06.20 : Widji Lestari Patas body Titan Hino AK8 masuk terminal kudus n kondekturnya menawari saya untuk naik dg tarip nego. Awalnya sya ogah ogahan tapi akhirnya luluh juga karena hanya selisih 8rb dari tarip ekonomi hehe daripada sumuk untuk perjalanan yg cukup lama mnding naik ini saja. Langsung naik dari pinru belakang dan menuju hotseat yg masih tersedia. Cukup nyaman sih busnya yg dilengkapi dg smooking room.
06.25 : Take off with Widji Lestari PATAS (Tarip Nego) tanpa karcis go to Babat. Ternyata larinya kenceng juga ni bus. Lepas kudus, bus dipacu mosak-masik terus sambil sesekali ngompreng nyeseri penumpang yg mau ikut bus patas rasa atb ini.
Onboard Widji Lestari Patas
07.00 : Landing Terminal Kembang Joyo Pati, ngetem sekitar setengah jam (PATAS kok ngetem -_- ). Sya manfaatkan untuk ke toilet dulu.
Ngetem di Terminal Pati
07.30 : Setengah jam pun berlalu dan akhirnya SMM "Tampo Mas" pun datang , menaik-turunkan penumpang dan langsung meninggalkan terminal Pati yg diikuti oleh Widji Lestari Patas yg sya naiki. SMM via kota sedangkan WL via ringroad tetapi akhire lak yo mung balapan ketika bertemu di jalan utama yg hampir bersamaan.
Lari Bareng SMM  Sepanjang Pati-Lasem
Lari Bareng SMM  Sepanjang Pati-Lasem
08.25 : Melitas Terminal Rembang hanya lewat aja dan masih berlanjut duel ini hingga lasem. 
08.35 : Lewat Terminal Lasem akhirnya bisa mendahului SMM yg lagi menaikkan penumpang. Lepas Lasem lanju ngejoss lagi dan sya nemu pemandangan indah pantai utara Jawa sepanjang jalan.
Pemandangan Pantai Utara Jawa
Pemandangan Pantai Utara Jawa
09.20 : Mampir RM daerah Bulu Tuban, sya cuma numpang pipis doank hehe tetapi banyak juga penumpang yg memanfaatkan untuk makan dg biaya sendiri. Berbeda dg bus patas Jaya Utama/Indonesia yg tarifnya udah termasuk servis makan.
Istirahat Sejenak di RM Daerah Bulu, Tuban
09.40 : Take off RM, ketemu Indonesia Patas langsung ditempel ketat hingga akhirnya diseset kanan.
Ketemu Indonesia Patas
10.30 : Masuk area Kota Tuban, nyeser penumpang lagi hmmm. Lepas Tuban kembali digoyang lagi mengOT bus lokalan surabaya-tuban.
11.00 : Landing Babat, turun di jembatan babat kemudian turun lagi menuju tempat untuk menunggu bus arah Bojonegoro di bawah jembatan.
11.10 :  Tak menunggu waktu lama, datang juga bus Dali Mas body lama Hino Ak1J menuju Bojonegoro (ga dikasih karcis), sepanjang jalan menuju Bojonegoro terus uber-uberan dengan Dali Mas Nusgem dan Rajawali Indah.
Uber-Uberan Sesama Dali Mas Sepanjang Babat-Bojonegoro
Bangjo Arah TRB
12.00 : Memasuki Terminal Rajekwesi Bojonegoro (TRB) barengan Dali Mas Nusgem disusul Rajawali Indah lanjut shalat Dhuhur dan makan pagi di waktu siang (karena dari pagi belum sempet nyari makan tadi). Hunting dulu di sekitar TRB yg kala itu juga ramai dengan bus tujuan jakarta seperti HR, PK, MK dll. Hanya memiliki waktu sebentar saja sya berada di TRB dan harus capcus lagi menuju Surabaya untuk mengejar bus Akas IV ATB "Si Boy" yg pengen sya naiki. 
Bus Bojonegoro-Surabaya yang Menunggu Keberangkatan
Pahala Kencana Bandung dan Jakarta
HR 03 dan HR 58
Madu Kismo dan HR 46
12.30 : Menuju shelter pemberangkatan menunggu Dali Prima ATB, tapi ternyata udah ada beberapa penumpang yg naik dari parkiran, hotseat pun habis tak tersisa dan dapat seat kedua tetapi model kursinya nyaman kya punya Sumber Group.
Shelter Tujuan Surabaya
12.50 : Take off TRB go to Bungurasih with Dali Prima ATB Legacy Hino AK8, penumpang full moyong2, sepanjang perjalanan pun bis dipacu kenceng terus karena udah full. Sya pun hanya bisa menikmati perjalanan dg tidur saja zzzzzz
Onboard Dali Prima ATB
15.15 : Landing Bungurasih, ngejoss banget tuh bawanya karena ga sampe 2,5 jam sudah tiba di bungur. Lanjut shalat dulu sebelum ngetrip selanjutnya.
15.30 : Di parkiran belakang belum nampak Akas IV ATB "Si Boy" yg mau sya naiki. Sembari menunggu, makan siang dulu sama nasi bungkus khas bungur dan hunting bentar.
Suasana Bungurasih Sore Hari
Suasana Bungurasih Sore Hari
15.40 : Akas IV ATB 7641 "Si Boy" body All New SR1 Hino RK8 akhirnya datang dan parkir di belakang shelter, langsung naik aja karena sebentar lagi langsung parkir shelter. Interior bus ini cukup mewah untuk sekelas ATB serta didukung oleh seat yg nyaman.
Menunggu Jam Keberangkatan
Tampak Depan Akas IV All New Legacy SR1
Onboard Akas IV All New Legacy SR1
16.10 : Take off Bungur go to Probolinggo setelah Ladju berangkat. Nyaman banget naik bus ini serasa naik bus patas. 
16.20 : Melaju di tol dengan cukup kencang, namun masih bisa disusul oleh Restu Panda "Mayang Seto" hmmm.
Melaju di Tol
16.45 : Lepas tol bus dipacu dengan kecepatan sedang-sedang saja melintasi bangil, pasuruan hingga ngepom di sedarum.
17.45 : Ngepom dulu di SPBU Sedarum barengan Ladju yg dr bungur td berangkat duluan.
18.20 : Landing terminal Bayuangga, Probolinggo, lanjut ISHOMA dan hunting. Kondisi terminal saat itu masih cukup ramai. 
Tiba di Terminal Bayuangga
19.00 : Shalat Isya lanjut nunggu Harapan Baru, katanya sih ada yg jam 19.20 tapi belum kelihatan batang bempernya udah jam segini. Takutnya bus nya udah jalan atau malah perpal bisa mengganggu trip selanjutnya nih.
Suasana Bayuangga Malam Hari
19.30 : Ternyata emang bisnya ga ada/perpal, tanya petugas dishub katanya jam 20.00 an datangnya. Okelah ditunggu lagi semoga ga PHP.
Menunggu Kedatangan Harapan Baru
20.00 : Masih menunggu harapan palsu eh harapan baru dg wajah yg sudah lungset dan pliket.
20.30 : Akhirnya datang juga Harbar setelah lama menunggu tetapi ga masuk ke shelter melainkan hanya berhenti sebentar untuk menurunkan penumpang di depan shelter. Sya pun langsung lari menuju Harbar "RAJA" bermesin Hino AK1J tsb dan langsung naik dan masih dapat hotseat.  Ga perlu waktu lama, bus lanjut gasss Malang, banter juga nih sepanjang jalan ngeblong terus..... penumpange juga bagus.
21.00 : Sampe Pasuruan belok kiri arah Malang, sepanjang perjalanan beberapa kali kress dg Harbar yg ke arah Probolinggo. 
22.20 : Landing Arjosari Malang, nyari bus ATB ke Surabaya udah abisss ternyata (ZONK deh). Bingung lagi mau naik apa karena patas yg tersedia juga sepertinya ga ada yg recomended.
22.30 : Ada patas HAZ mau take off terminal, akhire sya tawar dulu siapa tau boleh, eh alhamdulillah mau jg ditawar 20rb tanpa karcis. Sya pun langsung naik aja ke dalam bus yg cukup tua itu dengan interior yg klasik.
22.45 : Take off Arjosari go to Surabaya with PATAS HAZ body old Travego AP Hino RKT. Sepanjang perjalanan ke Surabaya ini sya habiskan untuk bobomania saja.

HARI 3
00.15 : Landing Bungurasih lanjut menuju shelter solo-jogja. Cepat juga ternyata busnya hanya 1,5 jam saja udah nyampe Bungur.
00.20 : Lihat shelter Jogja masih diisi SS 7088 dan 7081 di belakangnya, 7011 juga nampak menunggu antrian di blakangnya.
00.40 : SR 7003 memasuki parkiran belakang shelter Solo-Jogja, langsung naik bis andalan ini.
Onboard SR 7003
01.05 : Take off Bungur go to Seragen with SR 7003 driver Mas Aris, lepas Bungur jangan ditanya lagi aksi dari bus terakhir dari roster 3 ini...full mosak masik pokoknya namun tetap alusss.
04.55 : Landing depan Masjid Pilangsari, lanjut Shalat Subuh dulu.
05.05 : Menunggu bus arah jogja dengan para penglaju n siswa-siswi yg bersekolah di sekitar solo.
05.30 : Take off with SS 7399 go to Jogja, upacara dulu sampe Masaran barengan dg para penglaju mania.
06.20 : Memasuki terminal tirtonadi Solo.
08.20 : Landing Janti dg selamat, ngambil motor terus balik ke kos.
08.30 : Finnish kos-kosan again...lanjut bersih diri dan bobomania seharian hehe..


Tarif:
Jogja-Solo : 10k (SS ATB)
Solo-Semarang : 16k (SR ATB)
Semarang-Kudus : 10k (Indonesia Ekonomi)
Kudus-Babat : 40k (Widi Lestari Patas)
Babat-Bojonegoro : 6k (Dali Mas Ekonomi)
Bojonegoro-Surabaya : 24k (Dali Prima ATB)
Surabaya-Probolinggo : 18k (Akas IV ATB)
Probolinggo-Malang : 18k (Harapan Baru Ekonomi)
Malang-Surabaya : 20k (HAZ Patas)
Surabaya-Sragen : 35k (Sugeng Rahayu ATB)
Sragen-Jogja : 15k (Sumber Selamat ATB)

Foto Karcisnya Gan

No comments:

Post a Comment