Monday 8 February 2016

Touring Kompilasi Menuju GIRI ADI PURA Wonogiri

Berawal dari lihat-lihat video di you tube tentang kereta api, khusunya Batara Kresna yg notabene lagi menjadi primadona warga solo, wonogiri dsk, muncullah keinginan untuk mencoba naik KA tersebut. Oke, terpikirkan untuk touring kompilasi ke wonogiri naik KA dan baliknya naik bus hehe. Jadwal pun akhirnya dirancang sekalian mau hunting di GAP. Sekali2 touring kereta api ya gapapa donk walau ujung2nya pulangnya naik bis juga :v. Hari Selasa 26 Januari 2016 akhirnya rencana ini pun sya realisasikan. Gak perlu mahal-mahal untuk touring yang penting kan ada kesannya hehe.

06.50 : Meluncur menuju janti untuk menitipkan motor, biar gampang nanti ketika pulang naik bus. Sebelumnya mampir beli sarapan dulu untuk dimakan pas nunggu kereta nanti.
06.55 : sampai d janti, parkir di penitipan motor langganan terus lanjut ke shelter Trans Jogja (setelah sekian lama stay di Jogja, baru kali ini kesampaian naik TJ, hehe)
Shelter Trans Jogja
07.00 : Gak lama kemudian datanglah TJ 3A dan sya pun langsung masuk n meluncur menuju shelter bandara (yg dekat dengan stasiun maguwo)
Onboard Trans Jogja 3A
07.10 : Karena masih pagi, bus pun dipacu kencang bgt dan tiba di shelter bandara masih kepagian karena jadwal kereta prameks yg akan saya naiki yaitu jam 07.52. Jalan sebentar dari shelter bandara menuju stasiun maguwo terus beli tiket KA prameks sebesar 8rb saja.
Stasiun Maguwo
Jadwal KA dari Stasiun Maguwo
07.20 : Menunggu di jalur 4 stasiun maguwo bersama para penumpang lainnya. Di sini sya manfaatkan untuk sarapan dulu. Semakin lama ternyata penumpang yg datang semakin banyak, bisa-bisa ga dapat tempat duduk nih.
Menunggu KA di Stasiun Maguwo
07.55 : KA Prameks yang ditunggu2 pun akhirnya datang juga. Ketika masuk gerbong ternyata udah ga ada tempat duduk yg tersedia, alamat upacara dweh sampai solo nanti huffftt. Sebenarnya naik prameks cukup nyaman, udah ada AC nya dan lumayan longgar kalo bisa duduk hiks...
Upacara di dalam Prameks
08.20 : Sampai di stasiun Klaten. Berhenti sebentar untuk menaik turunkan penumpang. Terus lanjut lagi. Cukup boring juga kalo naik KA, yg dilihat cuma swah n bangunan rumah doank ga ada yg menarik tapi gapapa namanya juga pengalaman plus bonus kaki pegel karena harus upacara.
08.45 : Sampai juga di stasiun purwosari, solo. Langsung keluar untuk membeli tiket KA batara kresna untuk keberangkatan jam 10 nanti. Hanya dg 4rb sudah dapat merasakan naik kereta yg “sebenarnya” hehe (mungkin mahalan naik sepur mini di sekaten kali yaaa)
09.00 : Menunggu -_-
Menunggu di Stasiun Purwosari
09.20 : KA prameks yg sya naiki tadi udah balik lagi menuju jogja.
09.40 : KA batara kresna yg ditunggu2 akhirnya datang juga dari wonogiri. KA ini terdiri dari  gerbong dan udah full AC.
KA Batara Kresna Datang
Sya pun langsung masuk gerbong untuk mencari tempat yg nyaman. Menurut sya, kursi KA ini kurang nyaman karena ga bisa buat senderan. Penumpang dari stasiun purwosari ini cukup banyak juga.
Onboard KA Batara Kresna
10.00 : KA batara kresna diberangkatkan menuju wonogiri. KA ini hanya melaju sekitar 20 kpj saja karena melewati kota. Sepanjang perjalanan memasuki kota solo tak hentinya masinis membunyikan klakson telolet eh freng dink karena melewati pinggir jalanan kota (Jl slamet riyadi) yg tidak ada palang KA nya di persimpangan jalan yg dilewati (coba kalo pake klakson telolet pasti banyak maniaknya, hehe)
Melewati Kota Solo

Melewati Kota Solo
10.20 : Berhenti sebentar di stasiun solo kota. Di sini banyak bnget penumpang yg naik rata2 ibu-ibu yg membawa anak-anaknya yg masih TK (jadi seperti KA parwis yg disewa oleh TK, hehe). Seketika langsung full deh KA ini dan berangkat masih dengan kecepatan rata2 28 kpj sepanjang perjalanan menuju wonogiri. Sepanjang perjalanan masih dihiasi pemandangan sawah dan bangunan rumah lagi -_-
Stasiun Solo Kota
10.55 : Sampai di stasiun sukoharjo berhenti sebentar untuk menaik-turunkan penumpang.
Stasiun Sukoharjo
11.15 : Sampai di stasiun pasar nguter berhenti sebentar untuk menaik-turunkan penumpang.
Stasiun Pasar nguter
11.45 : Akhirnya sampai juga di stasiun wonogiri setelah 1 jam 45 menit menikmati perjalanan yg berkesan ini. Lanjut keluar stasiun jalan kaki menuju ponten lewat samping pasar wonogiri.
Stasiun Wonogiri

KA Batara Kresna

Jalan kaki Menuju Ponten
11.50 : Hunting bentar di ponten.
Timbul Jaya gandeng Aneka Jaya

AJP feat Sumba Putra
11.55 : Ada Al-Amin lewat langsung naik menuju GAP daripada naik angkot sama2 3rb hehe. Kasihan juga ini krunya karena penumpangnya suepi pol ternyata. 
Onboard Al-Amin
12.05 : Sampai di GAP turun di depan terminal. Hunting bentar di depan terminal karena pas jam-jam bus jakartanan pada berangkat.

Terminal Giri Adipura
Agra Mas BM 022
Agra Mas BM 029
HR 130
Agra Mas BM 046
Agra MAs BM 025

12.10 : Hunting di dalam terminal GAP.
Pahala Kencana w1
Tunggal Daya
Tunggal Dara Putera
HR 131 feat PK W6
HR 108 feat HR 142
Barisan Pelari Pantura
HR 131
12.25 : Makan bakso dulu di warungnya pak yadi karena kalo ke wonogiri belum lengkap rasanya kalo belum makan baksonya.
12.35 : Shalat Dhuhur
12.45 : Jalan kaki keluar terminal untuk menyegat bus ke solo (udah bosen di sini mau balik aja). Ketika berjalan terlihat ada Aneka Jaya 7010 melintas depan terminal (yasudah gabisa naik karena jalannya masih jauh -_- )
12.50 : Menunggu bus -_- sambil hunting.
Gajah Mungkur Masuk Terminal

Sedya Mulya masuk Terminal
13.00 : Akhirnya datang juga Al-Amin 1510, yasudah naik Al-Amin lagi deh. 8rb pun sya keluarkan untuk perjalanan wonogiri-solo ini. Lumayan dapat hot seat karena penumpangnya sepi juga. Lepas wonogiri, bus dipacu cukup kencang sambil nglakson2 teloletnya.
Onboard Al-Amin 1510
13.15 : Pasar Nguter. Alhamdulilah lumayan banyak juga penumpangnya sampai sini walaupun cuma anak sekolahan. Lepas Nguter banyak sekali maniak2 pada minta telolet sambil angkat jempol (karepe ngopo jal kui)
13.30 : Memasuki Sukoharjo. Lepas kawasan sritex ternyata masih ada maniak2 pada bertebaran di pinggir jalan kwkwkwkw.
13.50 : Masuk solo baru. Macet lumayan lama di bangjo gemblegan.
14.10 : Purwosari
14.20 : Sampai juga di terminal tirtonadi. Lanjut keluar terminal menuju taman untuk menunggu bus arah jogja.
Al-Amin 1510
14.30 : Datanglah SR 7722, langsung naik. Alhamdulilah setelah masuk tirtonadi dapat hotseat karena banyak penumpang yg turun di solo.
14.40 : Lepas solo arah jogja.
Onboard SR 7722
15.30 : Masuk terminal Klaten.
16.10 : Alhamdulillah landing di janti dengan selamat. Lanjut menuju penitipan motor dan balik ke kos.


Tarif :
Janti-Bandara : 3,6k (Trans Jogja)
Jogja-Solo : 8k (KA Prameks)
Solo-Wonogiri  : 4k (KA Batara Kresna)
Ponten-GAP : 3k (Al-Amin Ekonomi)
Wonogiri-Solo : 8k (Al-Amin Ekonomi)
Solo-Jogja :10k  (Sugeng Rahayu ATB)

Foto Karcisnya Gan

7 comments:

  1. Al amin ada karcisnya gak mas?

    ReplyDelete
  2. Al amin ada karcisnya gak mas?

    ReplyDelete
  3. bus wonogirian ndak ada yg ada karcisnya mas

    ReplyDelete
  4. Berarti cuma aneka jaya pacitan aja ya yg ada karcisnya?

    ReplyDelete
  5. Berarti cuma aneka jaya pacitan aja ya yg ada karcisnya?

    ReplyDelete
  6. Aku wonogiri-solo dpt kok mas

    ReplyDelete