Monday, 15 February 2016

Touring Opera Vantura via Madura

Touring lagi touring lagi.... kali ini sya mau mengulang touring ke Madura lagi karena pengen melihat Madura di waktu pagi hari, gak seperti touring yg lalu yg hanya menikmati Pulau Garam ini di waktu malam hari saja. Rencana pun dibuat sekalian melanjutkan rencana kemaren yg gagal dilaksanakan yaitu opera vantura with Sinar Mandiri Mulia. Akhirnya pada tanggal 12 Februari 2016, rencana tersebut sya eksekusi. Check it out.

HARI 1

12.55 : Berangkat menuju Giwangan. Alhamdulillah tidak hujan saat itu.
13.20 : Sampai di Giwangan, memarkirkan motor dan menuju shelter Surabaya. Ternyata SR Patas sudah berangkat dan diisi oleh Eka 7330 body royal travego MP Hino RK8. Untuk atb nya terparkir SS 7394 dan Mira 7209 saat itu. Karena untuk trip jogja-solo wajib naik patas, maka sya pun naik Eka 7330 dan masih mendapatkan hotseat.
Eka 7330
13.55 : Lama sekali Eka ini ngetemnya hingga pukul 13.55 barulah bus ini diberangkatkan. Ternyata sudah ada SR Patas 7143 yg sudah menunggu antrian di belakang shelter.
14.00 : Lepas Giwangan sudah disambut hujan grimis. Bus dipacu tidak terlalu kencang terbilang santai.
Onboard Eka 7330
15.00 : Memasuki terminal Klaten setelah bermacet2 ria di palang sepur bypass.
16.05 : Landing terminal Tirtonadi lanjut shalat Ashar dulu. Niatnya sih pengen naik Mila tetapi saat itu Mila Petronas dicadangi Luna Maya. Lagian sampai Solo juga Mila pas akan berangkat hehe.
16.15 : Kembali menuju shelter telah terparkir Mira 7323 dan di belakangnya telah bersiap SR 7672. Crew SR 7672 kyaknya lagi sibuk mbenerin wiper yg lagi trouble. Sya pun naik ini dan masih dapet hotseat.
16.25 : SR 7672 pun diberangkatkan bersama driver mas Apep dan pas bnget dengan hujan deras. Dan ternyata di perjalanan wipernya trobel lagi. Sang copilot sudah berusha mbenerin pas berhenti di bangjo tapi masih trobel lagi. Akhirnya bus pun dipacu tanpa menggunakan wiper padahal lagi hujan deras.
Onboard SR 7672
16.50 : Sampai di depan garasi Po. Filtra di Fullmagic Area. Semua crew turun untuk mbenerin wiper dan meminta bantuan crew Filtra yg sedang ada di garasi. Cukup lama juga mbenerin wiper ini mungkin sekitar 20 menitan.
Berhenti di Depan Garasi Po. Filtra
17.15 : SS 7400 yg parkir di belakang ini pun lewat pelan2 sambil menanyakan keadaan crew SR 7672 dan langsung melanjutkan perjalanan.
17.20 : Alhamdulillah wiper pun selesai diperbaiki dan hanya pakai 1 wiper bagian depan driver. Karena mengingat sudah banyak waktu yg dihabiskan untuk memperbaiki wiper, sang driver pun mulai memacu busnya miyak2, untungnya hujannya mulai agak reda.
17.40 : Sampai di Pungkruk wes gandeng meneh dengan SS 7400. Di ringroad SS 7400 pun diOT tanpa perlawanan (sesama SG harus saling pengertian, hehe)
18.40 : Alhamdulillah sampai di Ngawi lama dengan selamat lanjut Shalat Magrib dulu di pom ngawi lama, sebenarnya pengen lanjut sampai nganjuk aja tetapi karena kebelet pipis jadi turun di ngawi saja.
18.50 : Cari makan nasi bungkus dulu di angkringan depan pom. Saat menikmati makanan, SS 7400 baru saja lewat.
19.00 : Menanti bus arah Surabaya di bangjo ngawi lama.
19.10 : Datanglah Mira 7290 langsung naik aja karena memang sudah ga ada lagi SG yg lewat karena pada perpal. Adanya nanti pas jam e 7575 dan masih lama banget sedangkan jam sya sudah mefet. Lumayan alus juga bawanya driver 7290 dan kenceng pula.
19.40 : Sampai Maospati ketemu sama SR Patas 7144 dan berjalan beriringan.
Onboard Mira 7290
20.00 : Sampai madiun hanya menaik-turunkan penumpang dan lanjut lagi tanpa ngetem.
21.10 : Sampai nganjuk hanya menaik-turunkan penumpang juga dan lanjut lagi tanpa ngetem.
21.40 : Braan, lepas braan terlelap tidur zzzzzzzzz.
22.30 : Sampai Mojokerto, ga masuk terminal.
23.20 : Alhamdulilah sampai juga di Bungurasih bareng Mira 7169 yg telah mengOT 7290 di daerah taman hehe (banter juga tuh bus, padahal 7290 aja udah joss bgt).
Tiba di Terminal Bungurasih
23.30 : Shalat Isya dan bersih2 dulu.
23.45 : Menuju shelter madura yg terparkir saat itu ada Akas Asri body patriot Hino RG (ga tertarik karena rencananya sya mau naik Akas IV As5dura). Kondisi Bungurasih saat itu juga ga terlalu ramai.

HARI 2

00.00 : Gantian Akas IV max yg parkir di shelter madura. Sambil menunggu, sya makan nasi bungkus dulu di parkiran belakang shelter (karena kelaparan :v ). Di situ banyak yg jual nasi bungkus dan kopi yg harganya relatif murah.
00.35 : Sampai jam segini belum nampak Akas IV As5dura yg ingin sya naiki padahal penghuni shelter madura sudah silih berganti. Mulai dari Damri bumel, Damri ATB, Akas IV New Patriot dan Akas IV max lagi.
00.45 : Akhirnya Akas IV As5dura berbody All New Legacy SR1 Hino RK8 datang juga langsung parkir di belakang shelter. Sya pun bergegas masuk dan masih dapat hotseat karena penumpangnya sepi.
Akas IV "As5dura" Parkir di Belakang Shelter
01.00 : Parkir shelter madura setelah Damri bumel berangkat.
Akas IV "As5dura" Parkir di Shelter
01.10 : Akas IV As5dura berangkat hanya membawa 10 penumpang. Kursi 2 pun sya pakai sendiri hehe nyaman banget kursi model yg digunakan. Lepas Bungur bus dipacu santai saja hingga memasuki tol pun masih santai hanya dipacu maksimal 80 kpj saja, mungkin efek sepi penumpang kali yak. Suspensi ala Hino RK yg kreket2 pun tak terdengar dari kabin bus ini. Pokoke alusss.
01.50 : Memasuki Jembatan Suramadu. 
Memasuki Jembatan Suramadu
02.00 : Tangkel area. Lepas Tangkel tertidur lagi zzzzzzzzzz.
02.40 : Memasuki perbatasan Kabupaten Sampang dan Bangkalan.
02.55 : Ngepom dulu sebelum masuk Sampang kota sekitar 10 menitan. Sya manfaatkan ke toilet dulu.
Akas IV "As5dura" Ngepom Dulu
03.05 : Berangkat lagi, bus masih dipacu santai.
03.15 : Hampir memasuki Sampang kota diOT oleh Akas IV berbody old setra MP bermesin MB Prima yg parkir di belakang As5dura pas di bungur tadi. (Joss bgt tuh bus mesin MB prima tapi larinya luar biasa). Akhirnya konvoi terus bus yg sya naiki dg Akas IV tersebut sehingga RPM mesin pun kembali naik.
Akas IV "As5dura" Konvoi Bareng Saudaranya
03.20 : Masuk Sampang lewat kota gak masuk terminal. Jalan sepanjang Madura ini relatif sepi di malam hari sehingga driver pun bisa menggeber armadanya dengan maksimal.
03.50 : Masuk Pamekasan lewat kota gak masuk terminal, sampai sini masih konvoi kedua bis ini dan gak ada niatan As5dura mengOT balik Akas IV tersebut walaupun tentu saja kalau mau dapat dengan mudah diOT. Sempat lihat juga Damri bumel depannya bus ini tadi di bungur lagi ngepom sebelum masuk Pamekasan kota.
04.30 :  Memasuki kawasan Bluto, gandeng lagi dg Damri ATB sehingga 3 bus beriringan menuju Sumenep.
04.40 : Alhamdulillah sampai juga di terminal arya wiraraja sumenep. Sampai sana langsung shalat subuh dan bersih diri. Di shelter ekonomi surabaya sudah terparkir Akas IV bumel dan Akas Green ATB.
Tiba di Terminal Sumenep
04.55 : Selesai bersih diri, langsung menuju shelter dan Akas Green ATB berbody New Aristovo Hino AK8 pun berangkat perlahan meninggalkan shelter. Sya pun lari mengejar bus tsb. Alhamdulillah masih bisa naik dan dapat hotseat lagi karena dari sini hanya membawa beberapa penumpang.
Terminal Arya Wiraraja Sumenep
05.05 : Berangkat menuju Surabaya setelah ngetem beberapa menit di pertigaan lepas terminal. Akas Green ini melayani rayek sampai Malang sehingga yg pengen langsung Malang tanpa oper bisa naik ini. Tapi anehnya papan trayeknya tertulis Jember, sampai Pamekasan diganti Malang terus sampai Sampang diganti Jember lagi kwkwkwkw (mungkin ini strategi mengambil hati penumpang langsung Jemberan).
Onboard Akas Green ATB
05.30 : Sampai di perbatasan Sumenep dan Pamekasan kress dg HR 126 dan HR 120 dg selang sekitar 5 menitan.
06.00 : Masuk terminal Ronggo Sukowati Pamekasan dan masih terlihat Akas IV bumel yg baru lepas landas terminal, ngetem sekitar 10 menitan di sini. Di terminal tsb ada Akas IV atb yg ke arah Sumenep dan juga telah terparkir HR 76 dan HR 115 yg baru datang dari Jakarta. Mulai banyak pedagang yg silih berganti menawarkan jajan dagangannya dg bahasa madura (ngomong opo to bu sampean ki, ra mudeng aku  ckckcckckc)
Ngetem di Terminal Pamekasan
Suasana Terminal Pamekasan
Di dalam Akas Green ATB
06.10 : Berangkat dari terminal pamekasan.
06.20 : Lepas Pamekasan bisa menikmati pemandangan pantai khas Madura yg terlihat di sepanjang jalan menuju Sampang.
Pantai di Sepanjang Jalan Madura
06.40 : Sampai di terminal Sampang gandeng dg Akas IV bumel tadi. Akhirnya parkir bareng di terminal Sampang.
Gandeng Akas IV ketika Masuk Terminal Sampang
06.50 : Akas IV bumel berangkat dari terminal Sampang dan Akas Green pun masih parkir menunggu para penumpang.
Ngetem di Terminal Sampang
Suasana Terminal Sampang
07.00 : Berangkat dari terminal sampang dengan santai, sya pun tertidur lagi zzzzz.
08.00 : Blega.
08.20 : Macet di tanah merah karena pasar tumpah. Cukup lama macetnya di sini. Banyak kress juga dg  beberapa PK Nusgem maduraan, MK, Karina, HR 125, dan HR 57 yg baru datang dari jakarta.
Macet di Pasar Tanah Merah
08.55 : Lepas dari kemacetan lanjut perjalanan yg sebentar lagi memasuki area suramadu.
09.00 : Tangkel.
09.10 : Memasuki tol Suramadu. Ternyata indah banget suramadu di pagi hari.
Memasuki Jembatan Suramadu
Suasana Jembatan Suramadu
09.30 : Macet di daerah kenjeran sampai hang tuah.
09.45 : Masuk tol perak yg cukup padat kendaraan (ngalahne jakarta pokok e).
10.15 : Alhamdulillah sampai di Bungurasih lagi dengan selamat setelah banyak bertemu dg kemacetan sepanjang jalan. Lanjut cari makan nasi bungkus dulu di parkiran belakang shelter bus. Sekalian aja beli 2 buat makan siang yg satunya hehe.
10.25 : Habis makan, lanjut menuju shelter bus kota karena sya mau menuju terminal TOW. Penasaran juga karena selama ini belum pernah ke terminal TOW. Kebetulan pas sampai shelter ada Damri PAC 8 body Titan MB OF 8000 yg lagi take off, niatnya pengen naik tapi karena lebih tergoda sama bus belakangnya yg bermesin Hino RG walaupun berbody RS celcius, dapat hotseat lagi hehe.
Damri PAC 8
10.55 : Cukup lama juga bus ini ngetem hingga pukul 10.55 baru bus ini berangkat dengan penumpang rata bangku.
11.05 : Lepas bungurasih dan memasuki tol, bus dipacu kencang menyusuri panjangnya tol. Cukup nyaman naik bus patas ini dengan seat 2-2 dan AC yg cukup dingin tapi syangnya ga ada karcisnya.
Onboard Damri PAC 8
11.25 : Keluar pintu tol Tandes timur lanjut menyusuri jalan kota yg cukup ramai.
11.30 : Macet di jalan tambak osowilangun karena penyempitan jalan.
11.40 : Alhamdulillah sampai di terminal TOW. Menengok shelter sebentar ada Dali Prima nucleus3 eks SG untuk tujuan malang dan Margo Joyo untuk tujuan Bojonegoro. Sya pun mencari mushola dulu untuk shalak Dhuhur dan Ashar (Jamak).
Suasana Terminal TOW
Suasana Terminal TOW
12.00 : Hunting bentar lanjut menuju shelter bojonegoro sudah ada Putra Mas 7441 odong2 body Actor Hino Ak8 dan Dali Prima odong2 eks SG. Akhirnya naik Putra Mas aja karena jam sudah mepet. Nyari yg ATB juga langka kalau di terminal TOW.
Putra Mas 7441
12.10 : Berangkat dari terminal TOW setelah ngetem di luar terminal beberapa menit.
12.20 : Memasuki tol, bus langsung dipacu kencang. Odong2 nek ra mlayu ra silir hehe.
Onboard Putra Mas 7441
12.30 : Masuk terminal Bunder dan ngetem sebentar karena baru saja Jaya Utama Cepu an meninggalkan Bunder.
12.35 : Melanjutkan perjalanan bus dipacu miyak-miyak menghalau rapatnya kendaraan.
12.45 : Sempat buka jalur saat macet cet cet di daerah duduk sampeyan tapi hampir gagal karena sebuah mobil dari arah lawannya ternyata ga mau minggir bonus difoto lagi sama penumpang mobil tersebut hehe (salah juga sih pak driver sampean iku). Akhirnya busnya berhenti lalu goyang kanan lagi deh dan lolos dari kemacetan.
Goyang Sitik Josss
13.10 : Memasuki Lamongan.
13.20 : Ngepom dulu di daerah kruwul. Lepas pom langsung diOT oleh Jaya Utama “Ngorong” semarangan. Banter tenan bus e.
13.40 : Alhamdulillah sampai Babat dg selamat dan turun di bawah jembatan babat. Lanjut naik ke atas untuk menunggu bus semarangan. Kali ini harus dapat sinar mandiri mulia. Ora sinar ora numpak pokok e. Tanya sama tukang becak biasanya Sinar jam 2an sampai sini pokok e sebelum Ashar. Okelah sya pun menunggu dg badan pliket dan kumel di pinggir aspal pantura.
13.45 : Datang Widji Lestari 7532 body marco TS. Acuhkan saja hehe.
13.55 : Datang lagi Indonesia “Mbah Un” body new Inspiro. Acuhkan lagi hehe.
14.10 : Sesuai perkiraan akhirnya datanglah SMM “Boros” dan langsung naik. Alhamdulillah dapat hotseat karena banyak yg turun. Lepas babat bus dipacu sangat kencang dan miyak2 pol. Wuih ngeri pokok e. Kejadian unik ada bapak2 pindah kursi depan kemudian kembali lagi ke belakang karena malah jadi ketakutan kwkwkwkw.
Onboard SMM "Boros"
14.40 : Memasuki kota Tuban disambut kemacetan panjang. Goyang kanan pol pun dilakukan hingga lepas dari kemacetan. Ternyata dari belakang sudah tampak Indonesia “badak liar” juga lg miyak2 mengejar Boros. Akhirnya Boros pun terus lari berusaha menjaga jarak. Ketika kedua bus tsb berhenti sejajar untuk menurunkan penumpang sang sopir kedua bus tsb malah bercanda. “Moso kabeh mlayu...salah siji mundur to”. Tetapi mas Matari sang driver Boros pun ga mau ngalah dan tetep lari walaupun sampe semarang karena modal penumpangnya udah lumayan bagus.
14.55 : Melewati depan terminal baru tuban ga masuk. Aksi kejar-mengejar pun tak terelakkan. Sya pun hanya bisa merem melek melihat atraksi opera vantura yg terjadi siang2 ini kwkwkkw. Bener2 senam jantung brooo susul menyusul antara SMM dan Indo ini hingga Lasem.
15.20 : Melintas Tambak Boyo. Kejar-kejaran masih berlangsung. Siapa sangka hanya tinggal sya yg duduk di barisan depan karena mungkin ga da yg berani senam jantung di depan kwkwkwk.
Seat depan Kosong Semua
15.30 : Melintas Bulu. Kejar-kejaran masih berlangsung makin menjadi. Bau kampas pun mulai mnyebar kemana2.
15.45 : Melintas Kragan. Kejar-kejaran masih berlangsung semakin sengit. Untung saja daerah bulu sampai sluke lumayan ga terlalu ramai lalinnya kalo siang hari jadi udah kya Fast and Furious aja ni. Sya pun masih merem melek n deg deg serr rasannya di depan sendiri. Untung aja sang copilot handal bgt dlm mmberi aba2.
16.05 : Melintas Sluke. Kejar-kejaran masih berlangsung. Goyang kanan kiri pun menjadi tontonan yg menegangkan saat itu.
16.15 : Memasuki Lasem terlihat Indonesia “Mbah UN” lagi ngetem di depan pasar Lasem. Akhirnya si Badak Liar lari menjauh karena Boros menerima operan dari SMM “Jetslow” yg mau perpal Lasem. Bus yg awalnya tinggal sedikit penumpangnya ini akhirnya kembali penuh dan siap berlari lagi mengejar indo tadi.
16.30 : Memasuki kota Rembang. Terlihat Indo badak liar ngetem di barat terminal rembang. Boros pun tetap lanjut menggoyang pantura karena dapat info kalau bus depannya dekat.
16.50 : Melintas Juwana. Lepas Juwana terlihat Jaya Utama “Ngorong” lagi miyak2 melihat kedatangan boros. Langsung saja diOT via kiri oleh Boros dan langsung lari meninggalkan ngorong.
17.05 : Memasuki Pati via kota gak lewat Bypass. Terlihat lagi Widji Lestari 7532 yg juga sempat tak acuhkan di Babat tadi langsung diuber dan diOT pas di perempatan arah terminal pati (gak masuk terminal).
17.15 : Sampai di pertigaan Tugu Ikan Pati. Akhirnya sang driver memutuskan istirahat dulu di sini karena sejak dari surabaya belum sempat istirahat makan. Widji dan Jayut yg berhasil diOT pun akhirnya capcus duluan. Lumayan lama istirahat di sini sekitar 20 menitan.
Kota Pati Bumi Minatani
Tampak Depan SMM "Boros"
Tampak Belakang SMM "Boros"
17.40 : Selesai makan dan istirahat, driverpun menggeber armadanya lagi namun tidak seganas tadi karena lalu lintas pati sampai semarang cenderung ramai.
18.10 : Ngembal area, lewat garasinya Po. Haryanto.
18.20 : Melewati depan terminal kudus. Sempat menyesal karena terlanjur bayar semarang, harusnya bayar kudus dulu biar bisa hunting di terminal kudus yg saat itu dipenuhi bus muriaan karena pas jam keberangkatan bus muriaan saat itu. Tapi ga papalah prediksinya kan sampai di semarang jam 9an malam hehe tetapi ini di luar prediksi.
18.25 : Ngetem di depan pom dekat terminal kudus sebentar kemudian lanjut lagi bebarengan dengan HR 85, HR 114, HR 74, PK Marcopolo dan PK 1830. Lumayan ada tontonan menarik konvoi bareng muriaan.
18.50 : Memasuki Demak via lingkar Demak.
19.15 : Alhamdulillah sampai di terminal terboyo dg selamat. Lanjut Shalat Magrib dan Isya (Jamak) dan bersih diri.
Tiba di Terminal Terboyo
19.40 : Menunggu jam keberangkatan SR 7067 di depan shelter. Saat itu juga ada SR Patas 7117 yg menunggu jam keberangkatan juga tetapi duluan 7117 daripada 7067. Sambil menunggu, sya manfaatkan untuk makan nasi bungkus dulu karena sudah laper banget.
SR 7067
20.35 : SR 7067 take off dari dalam terminal terboyo dipawangi oleh mas minyak 7083, karena montore belum selesai diperbaiki pasca laka.
20.40 : Ngetem di pintu keluar terboyo.
21.00 : Take off menuju sukun via tol.
21.20 : Ngetem di sukun, setelah Eka 7500 berangkat.
21.35 : Take off Sukun. Sya pun tak sadar tiba-tiba zzzzzzzzzzzzzzzzz.
22.55 : Bangun-bangun ternyata udah lepas terminal boyolali. Wah ternyata ngeri tenan bantere tapi malah ketiduran hehe.
23.15 : Turun di pertigaan kartosuro lanjut mencegat bus arah jogja. Butuh perjuangan untuk menyetop bus di sini pada malam hari karena ga semua bus mau berhenti.
23.50 : Akhirnya dapat Mira 7306 setelah SR 7803 dan SR 7073 tak mau berhenti ketika distop -_-. Ternyata sopire joss banget sampai karangwuni sudah berhasil mengOT SR 7073 yg sempat mengacuhkan diriku tadi :v.

HARI 3

00.15 : Masuk Terminal Klaten.
00.35 : Nungguin crew nya beli nasi padang di timur pertigaan maguwo -_-.
00.55 : Masuk terminal giwangan bareng Mira 7162 yg sempet mengOT di perempatan ketandan. Lanjut ambil motor terus balik kos.
01.20 : Alhamdulillah sampai kos dg selamat.

Tarif :
Jogja-Solo : 15k (Eka Cepat)
Solo-Ngawi : 13k (Sugeng Rahayu ATB)
Ngawi-Surabaya : 27k (Mira ATB)
Surabaya-Sumenep : 43k (Akas IV ATB)
Sumenep-Surabaya : 45k (Akas Green ATB)
Bungurasih-TOW : 7k (Damri PAC8)
TOW-Babat : 14k (Putra Mas Ekonomi)
Babat-Semarang : 42k (Sinar Mandiri Mulia Ekonomi)
Semarang-Kartosuro : 15k (Sugeng Rahayu ATB)
Kartosuro-Jogja : 10k (Mira ATB)


Foto Karcisnya Gan

No comments:

Post a Comment