Tuesday 4 October 2016

Touring Pacitan-Semarang

Pergi ke rumah saudara sambil touring mungkin ini yg tepat untuk menggambarkan perjalanan kali ini menuju Semarang. Memang sih perjalanan yg tidak terlalu jauh jika hanya menuju ke Semarang saja tetapi tentunya meninggalkan kesan yg berbeda. Kalau biasanya sya start dari jogja, kali ini sya mulai start dari rumah sendiri di Punung, Pacitan....tinggal jalan ke depan rumah terus menunggu bus datang hehehe...

Berangkatnya ... (26 Juli 2016)
08.30 : Menuju depan rumah untuk menunggu kedatangan Aneka Jaya 7288. Biasanya bus lewat depan rumah antara jam 08.35-08.40.
08.40 :  Akhirnya sesosok Aneka Jaya 7288 body custom trisakti Hino RG pun datang perlahan dari arah timur menghampiri saya. Ternyata divernya adalah Pak Agus. Sya pun langsung naik dan masih dapat hotseat gan karena okupansi penumpang dari Pacitan memang ga pernah penuh kalo lewat Punung hehe...Lepas Punung, bus mulai dipacu agak kenceng ditemani lagu2 dangdut.
Onboard AJ 7288
08.47 : Melintas Donorojo, mulai banyak penumpang yg naik dari sini. Lepas Donorojo bus mulai dipacu kenceng lagi melewati jalur yg berliku2 sampai Batu. Walaupun berliku2, tetapi jalan menuju Solo di kabupaten Pacitan ini mulussss lho dan cukup lebar. Hal ini dapat dinikmati hanya sampai Giriwoyo saja. Lepas dari Giriwoyo ya asudahlah....
Onboard AJ 7288 Memasuki Donorojo
09.00 : Melintas Giriwoyo mulai bertemu dengan jalanan yg rusak, sempit dan bergelombang. Tetapi sepertinya ada tanda2 mau diaspal lagi nih alhamdulillah...
Melintas Giriwoyo
09.10 : Sampai di Batu. Ngetem 10 menitan. Para pedagang asongan dan pengamen pun silih berganti masuk dalam bus.
AJ 7288 Ngetem di Batu
09.20 : Bus kembali diberangkatkan karena udah disundul oleh Aneka Jaya 7260 belakangnya dan kress dengan AJ 7161 dari arah Solo. Okupansi penumpang lumayan lah walaupun belum rata bangku. Lepas Batu hanya dipacu santai gaya kura2 terus hingga karang turi.
Berangkat dari Batu Kress dengan AJ 7161
09.35 : Melintas karang turi. Lepas karang turi, bus mulai agak ditingkatkan kecepatannya.
10.15 : Melintas Ngadirojo disambut dengan hujan. Lepas Ngadirojo miyak-miyak lagi karena dapat info klau Timbul Jaya depannya baru saja lewat ngadirojo. Maklum lah bus-bus bumel dari Pacitan dan Purwantoro akan bertemu di ngadirojo sini sehingga tak heran kalo selalu kejar2an untuk nyari penumpang tujuan solo.
Goyang Kanan ala AJ 7288
Goyang Kanan ala AJ 7288
10.30 : Memasuki kota Wonogiri, hujan sepertinya semakin deras. Lepas ponten, bus kembali dipacu ala kura2 karena mendapat info ada bus yg baru saja lewat....hmmm.
Memasuki Kota Wonogiri
10.40 : Melintas terminal Giri Adipura, tetapi hanya lewat aja ga masuk. Lepas GAP, bus mulai dipacu agak kencang hingga Solo.
Melintas Terminal GAP
11.00 : Memasuki terminal Sukoharjo.
11.15 : Memasuki Solo Baru dan bertemu dengan kemacetan ketika harus melintas di perempatan gemblegan.
11.25 : Ngepom dulu di pom Laweyan Solo. Aneka Jaya Soloan selalu ngepom di sini dulu gaess klo arah Solo nya. Lumayan membuang waktu kita sekitar 5 menitan.
11.45 : Alhamdulillah sampai di terminal Tirtonadi Solo dan sya pun turun di terminal timur saja sambil hunting bentar di sana. Setelah hunting bentar lanjut menuju masjid terminal untuk shalat Dhuhur dulu.
Suasana Parkiran Bus Terminal Timur Tirtonadi
Suasana Parkiran Bus Terminal Timur Tirtonadi
12.00 : Menuju teminal Barat untuk menunggu SR 7083 tentunya. Ternyata SR 7083 sudah datang dan telihat parkir di tempat parkir bus sebelum berangkat. Sya pun langsung naik untuk mengamankan hotseat. Tiba2 kernetnya datang menghampiri sya dan bertanya, “Mudun ndi Mas?” dan sya pun menjawab, “Semarang mas”. Sang kernet pun memberi tahu saya kalo busnya perpal karena ada yg rusak gt. Walah dengan berat hati sya pun turun lagi dari bus. Pantesan busnya tadi kok kosongan ga ada penumpangnya satu pun, hehe.
12.10 : Sya pun hunting sebentar sambil mikir harus naik apa ini secara males juga klo harus naik Taruna atau Safari Lux yg memang lagi jam nya saat itu. Buka2 file di hp ternyata ada keberangkatan Eka jam 13.35. Okelah sya pun memilih menunggu Eka saja yg jelas recomended.
Suasana Parkiran Bus Terminal Barat Tirtonadi
Suasana Parkiran Bus Terminal Barat Tirtonadi

Suasana Parkiran Bus Terminal Barat Tirtonadi
13.15 : Hingga pukul 13.15 sepertinya tidak ada tanda2 Eka semarangan datang. Berkali2 hanya melihat Eka tujuan Jogja-Magelang saja yg lewat. Sementara itu yg mulai parkir di shelter Semarang Terboyo mulai digantikan oleh jam nya Raya. Sya pun akhirnya tertarik naik Raya 1550 berbody discovery Hino AK8 ini karena memang belum pernah naik Raya plus direkomendasikan oleh mas Widi ketika ngobrol via BBM. Kesan pertama ketika masuk bus, nyaman sekali seatnya karena dg seat jumbo seperti seat yg digunakan pada bus malamnya tetapi AC nya kurang dingin dan jarak antar seatnya lumayan sempit.
Raya 1550
13.30 : Take off dari terminal, sang driver langsung menggeber armadanya dengan kenceng. Wah mantap kie semoga ga hanya sesaat aja dan semoga ga diblong sama Eka tentunya.
Onboard Raya 1550
13.37 : Melintas Kerten hanya menaikkan penumpang saja langsung ngejos lagi mosak-masik melewati jalanan menuju kartosuro ini yg cukup padat dan berhasil mendahului beberapa bus malam wonogirian dan berduel dengan SR 7093.
Melintas Kartosuro
13.48 : Lepas bangjo Kartosuro ternyata bus ga belok menuju terminal dan langsung lurus aja. Sepertinya bus ini mengejar bus di depannya ini untuk mengejar poin boyolali. Lepas kartosuro, bus maih dipacu kenceng hingga memasuki boyolali.
14.10 : Memasuki Boyolali, bokong Safari Lux sudah terlihat kemudian dikejar oleh Raya ini dan dapat dengan mudah diOT saat Safari Lux menaikkan penumpang. 
MengOT Safari Lux
Lepas patung sapi, ketemu lagi dengan Taruna body Marcopolo MP yg cukup sulit ketika akan diOT tetapi akhirnya bisa juga diOT dengan sedikit nekat “membuang” kendaraan2 arah berlawanan, hehe.
MengOT Taruna
14.15 : Memasuki terminal Boyolali keduluan Taruna tadi yg ngeblong kanan pas bangjo sebelum masuk terminal. Muehehehe...akhirnya Raya pun melepas Taruna berangkat duluan dan Raya pun memutuskan ngetem di terminal Boyolali. Sekitar 10 menit ngetem di sini, bus pun diberangkatkan kembali. Lepas terminal Boyolali, bus masih dipacu lumayan kencang.
14.35 : Macet sebentar di tanjakan memasuki ampel. Bus pun mencoba untuk goyang kiri namun malah nabrak mobil di depannya, alhasil lampu belakang mobil tersebut pecah dan bemper Raya sedikit lecet. Waduh...bakalan dioper belakangnya ni kyaknya pikirku. Semua crew bus pun turun semua kecuali drivernya., sepertinya pada adu mulut nih sama yg punya mobil. Dan akhirnya jeng...jeng.... crew Raya pun memenangkan perlombaan bersilat lidah ini. Usut punya usut ternyata mobilnya juga salah karena ketika posisi menanjak dan mau jalan, mobil sempat mundur dan akhirnya tertabrak oleh Raya yg sama2 maju saat itu. Masalah pun clear dan berakhir tanpa ada yg harus tanggung jawab hehe..
Insiden di Tanjakan Ampel
14.45 : Akhirnya bus kembali berangkat dan dipacu kenceng lagi karena Raya belakangnya ini udah dekat. Sepertinya drivernya ga kendor sedikitpun nyalinya hahay.
15.10 : Memasuki terminal tingkir.
15.25 : Melintas Bawen ga masuk terminal.
16.00 : Melintas ungaran via taman kimcil ...eh taman unyil hehe.
16.10 : Menurunkan penumpang di sukun lanjut memasuki jalan tol.
16.25 : Alhamdulillah sampai di kaligawe dan sya pun turun di depan unisula kemudian menyeberang menuju pom depan unisula untuk shalat Ashar sambil menunggu jemputan saudara.
16.45 : Eka 7329 baru melintas depan unisula arah terboyo sekitar 5 menit di belakang Raya kedua.  Berarti ga kecewa2 amat lah naik Raya hari ini hehe. Dan sesaat kemudian saudara sya yang menjemput datang.


Pulangnya... (27 Juli 2016)
20.45 : Diantar saudara menuju ke terminal terboyo.
21.05 : Sampai di depan pintu keluar terminal terboyo ternyata yg ngetem saat itu adalah Eka 7501. Berarti SR 7174 masih berada di dalam terminal. Sya pun menunggu di seberang jalan ditemani nyamuk2 nakal hingga Eka 7501 berangkat dan SR 7174 datang.
21.20 : SR 7174 dengan body new discovery pun datang dan parkir di pintu keluar terminal terboyo tepat di belakang Sinar Mandiri Mulia ATB “Arjuna” yg lagi parkir juga.  Sya pun langsung menyeberang menuju tem-tem an bus. Alhamdulillah bus masih kosong sehingga sya masih bisa mendapat hotseat. Saat itu, SR 7174 dikemudikan oleh mas Yogi , seharusnya sih jatahnya Pak Sarwidi yg ternyata libur. Hari itu juga merupakan pertama kalinya sya naik SR 7174 setelah menggantikan SR 7804.
Onboard SR 7174
21.40 : Setelah cukup lama ngetem, akhirnya bus diberangkatkan. Modal penumpang saat itu ga terlalu banyak. Cara bawanya aluss dan banter juga nih dengan raungan Hino Ak8 yg masih kinyis2.
21.45 : Memasuki gerbang tol Muktiharjo barengan sama HR 115 maduraan yg lagi menuju Jakarta. Melewati tanjakan tol Tembalang masih terasa terengah2, maklumlah mesin baru ini belum boleh dioprek sana sini alias masih standar pabrik.
Memasuki Tol Muktiharjo
21.55 : Ngetem lagi di sukun sekitar 15 menitan.
22.10 : Bus diberangkatkan kembali. Lepas sukun bus langsung dipacu kenceng, ngeri2 sedap pokokmen. Kala itu lalu lintas cukup padat juga. Korban pertama saat itu adalah Laju Prima SHD.
22.35 : Melintas Bawen.
23.00 : Melintas Kauman, Salatiga.
23.40 : Memasuki terminal Boyolali.
00.05 : Alhamdulillah sampai di terminal Tirtonadi. Di shelter Wonogiri-Pacitan belum nampak Aneka Jaya jam pertama lagi parkir. Adanya baru Rela “Comando” yg parkir dengan tujuan Purwodadi. Sambil menunggu, sya memilih untuk makan sego liwet mak pesek dulu, hehe... Sudah lama kyaknya ga makan nasi liwet ini karena udah lama juga ga TTC hhehe. Nasi liwet plus uritan cukup dengan 10rb ajah.
SR 7174 feat Eka 7501 (Semarangan Semua)
00.30 : Bus Aneka Jaya 7241 body Marcopolo Tri Sakti ini mulai parkir di shelter dan penumpang yg udah lama menunggu pun langsung naik ke dalam bus. Maklumlah bus ini merupakan bus bumel pertama arah wonogiri-batu-pacitan. Wah pasti ga dapat hotseat nih....yaudah mending nunggu di luar aja sampai bus benar2 akan berangkat.
Aneka Jaya 7241
01.10 : Bus pun diberangkatkan. Sya duduk di seat bagian tengah yg cukup sempit jarak antar seatnya. Sepertinya sya mau tidur aja di dalam bus karena sama aja ga keliatan jalannya. Eitsss... jangan senang dulu....ternyata bus masih ngetem di taman tirtonadi cukup lama.hmmm.
01.30 : Bus mulai berangkat dengan gaya kura2 melintas jalanan kota Solo yg masih lengang malam itu. Walaupun malam tapi rasane sumuk juga klo bisnya ga lari kya gini.
01.50 : Lepas palang KA Jebres, bus langsung dipacu kenceng karena penumpang sudah lumayan hampir rata bangku. Karena sya duduk di seat bagian tengah, bus terasa sangat kencang larinya, raungan Hino AK3HR dengan knalpot semprong nyaris terdengar dari dalam kabin bus. Makanya kalo naik bus tujuan Pacitan mending naik yg jam pertama atau kedua dijamin banter hahay walaupun awalnya pasti gaya kura2.
02.20 : Memasuki terminal GAP, ada juga beberapa penumpang yg naik dari dalam terminal ini. Mungkin operan dari bus malam yg hanya mentok wonogiri aja. Lepas terminal GAP lanjut ngejoss lagi.
02.40 : Memasuki Ngadirojo, akhirnya sya dapat berpindah ke hotseat karena ada penumpang yg turun. Mantap ni bisa menikmati ngeblongnya Aneka Jaya di gunung pegat-nguntoronadi-karangturi-batu (mungkin daerah2 ini ga pernah kalian jumpai di peta kalian hihihi). Dan benar saja bus dipacu kenceng terus melewati naik turunnya jalanan yg masih sepi itu.
03.30 : Sampai di Batu menurunkan cukup banyak penumpang di sini, wajarlah penumpang Pacitan emang selalu ga banyak klo dari Solo. Mayoritas Batu-Giriwoyo udah abis. Lanjut lagi bus masih dipacu kencang melintas Giriwoyo hingga menaiki alas giriwoyo.
03.55 : Sampai di Donorojo malah berhenti cukup lama nungguin langganannya yg belum datang. Hmm emang sih kalo udah langganan pasti dinomor satukan, padahal tinggal bentar lagi sampai rumah lho hufftt.
04.10 : Alhamdulillah turun di depan rumah lanjut shalat Subuh dulu n tidurrrr hehe....

Tarif :
Punung-Solo : 25k (Po. Aneka Jaya Ekonomi)
Solo-Semarang : 25k (Po. Raya AC Seat 2-2)
Semarang-Solo : 16k (Po. Sugeng Rahayu ATB)
Solo-Punung : 25k (Po. Aneka Jaya Ekonomi)


Nieh foto karcisnya gan...... 

No comments:

Post a Comment