Wednesday 21 September 2016

Touring Antimainstream de Malang Part 1

   Setelah hampir 2 bulan berjibaku dengan yg namanya tesis dan vakum sementara untuk touring kemana aja, akhirnya setelah dinyatakan lulus, sya berkesempatan kembali untuk mengadakan perjalanan touring lagi. Sudah selayaknya pendidikan dan hobi dapat berjalan beriringan kan gaesss. Kali ini sya merencanakan touring menuju Malang untuk mengawali rangkaian touring pasca lebaran dalam rangka silaturahmi ke rumah budhe dan menemani adek sya yg mau tes masuk di UB. Kebetulan juga saat itu tarif KL sudah berlaku lagi hehe...Perjalanan menuju malang yg dilaksanakan tanggal 6-8 Agustus 2016 ini tentunya melewati jalur yg berbeda dari jalur sewajarnya. Sebenarnya tujuan akhir touring ini adalah Muncar Banyuwangi tetapi lagi-lagi harus gagal maning karena terkadang kenyataan di lapangan tak seindah harapan. Bagaimana ceritanya?? Check it out....

HARI 1
19.40 : Menuju Giwangan menggunakan sepeda motor kesayangan. 
20.00 : Sampai di Giwangan sya mencoba bereksperimen untuk menitipkan motor di luar terminal aja yg katanya tarifnya lebih murah. Setelah menitipkan motor langsung menuju shelter solo yg kebetulan telah terparkir SS 7012. Karena sya mengejar waktu untuk naik SR 7102 di solo nanti maka sya ga pilih2 naik bus dulu alias sak anane waelah.
20.10 : Sya pun langsung mengamankan hotseat terlebih dahulu di dalam kabin SS 7012 yg baru saja diparkirkan menuju shelter pasca berangkatnya Mira 7291.
SS 7012
20.15 : Bus diberangkatkan menuju solo dengan driver pak To. Sepanjang perjalanan dari Giwangan hingga Janti ,bus hanya dipacu santai saja.
Onboard SS 7012
20.30 : Sampai di Janti, SR 7012 memilih ngetem sebentar kemudian lanjut lagi masih dengan gaya santainya menyusuri jalanan jogja yg kala itu masih cukup ramai pasca lebaran usai.
20.55 : Setelah lepas Prambanan, barulah performa SS 7012 yg sebenarnya diperlihatkan. Pak To mulai menggeber armadanya menghalau kendaraan di depannya. Aksi goyang kanan kiri pun dilakukan karena lalu lintas yg bener2 ramai.
Aksi SS 7012
21.10 : Memasuki termina Klaten. Lepas terminal, bus kembali dipacu kencang. Barisan truk yg sedang ulang tahun pun satu per satu diOT bahkan sampai "membuang-buang" kendaraan arah sebaliknya. Ngeri-ngeri sedap pokok e... 
Aksi SS 7012
21.40 : Memasuki Kartosuro gandeng sama Eka 7556 Purwokertoan. Lepas Kartosuro langsung terlibat duet maut kejar-kejaran dengan Eka tsb dan bisa diOT di bangjo UMS padahal Eka 7556 juga kenceng lho. Warbyasahhh...
Bangjo Kartosuro
Gandeng Eka 7556
21.55 : Ketika akan memasuki terminal ternyata sempat macet sebentar akibat ada mobil yg terbakar di pinggir jalan dekat pintu masuk terminal. Dari sini Mira 7291 sudah nampak terlihat juga akan memasuki terminal.
Macet di Depan Terminal Tirtonadi
22.00 : Alhamdulillah sampai Terminal Tirtonadi. Ternyata SR 7102 telah tiba duluan di terminal dan nampak parkir menunggu jam keberangkatan. Sya pun bergegas untuk menuju toilet dulu agar bisa mendapatkan hotseat di kabin
SR 7102.
SS 7012 Tiba di Terminal Tirtonadi
22.10 : Kembali menuju shelter, langsung naik SR 7102 yg saat itu masih menunggu jam parkir shelter. Untungnya masih kebagian hotseat. Rencananya sya akan turun di Jombang dan harus tiba di sana sebelum pukul 03.00 karena mau ikut Widji Lestari ATB yg angkatan jam 02.55 dari Jombang menuju Babat.
SR 7102
Saat itu, sya sempet mengabadikan juga duo SR new discovery Semarangan yg sedang perpal berjamaah yaitu SR 7173 dan 7174. Mungkin jalanan masih ramai sehingga jam e ga nuntut.

SR 7173 dan SR 7174 Perpal Bareng
22.35 : Setelah beberapa menit ngetem, SR 7102 diberangkatkan bebarengan dengan SR Patas 7169 bersama driver yg entah ga tau siapa namanya, pokok e masih muda, Sempat mengekor SR 7169 hingga Jebres, SR 7169 pun mempersilahkan SR 7102 untuk duluan. Bus dipacu kencang sepanjang perjalanan yg nampak masih ramai aja kala itu (namanya aja SR Semarangan).
Keluar Terminal Bareng SR 7169
23.20 : Melintas Pilangsari setelah sang driver memutuskan untuk lewat ringroad Sragen bersama SR 7169 yg berhasil mengOT kembali di bangjo Pungkruk tadi.
Keluar Terminal Bareng SR 7169
23.35 : Berhasil mendahului Eka 7036 di Mantingan. Memasuki alas Ngawi kembali dipertemukan dengan kondisi padat merayap.
23.55 : Sampai di Sidowayah tiba-tiba dari kanan diOT dengan sadis oleh Eka 7561 "New Manohara" yg kala itu dipunggawai cak Padi. Pantes aja banter banget dan SR 7102 pun hanya mengekor dari belakang.
Mengejar Eka 7561
HARI 2
00.10 : Hampir memasuki RM. Duta ketemu lagi dengan SR 7169 dan akhirnya tiga bus ini sempat konvoi hingga harus berpisah ketika Eka 7561 belok menuju RM. Duta untuk servis makan. 
Mengejar Eka 7561
00.20 : Melintas Ngawi lama arah Karangjati. Ternyata jalur Karangjati saat itu masih terlihat ramai kendaraan sehingga agak susah untuk memacu kecepatan yg tinggi.
01.10 : Memasuki Caruban.
01.35 : Kondisi padat merayap madih menghiasi jalur Wilangan hingga Bagor.
01.50 : Melintas Nganjuk.
02.15 : Melintas Braan.
02.20 : Memasuki tol Kertosono-Jombang via GT. Bandar. Tumben2an SR lewat tol nih, mungkin karena memang udah banyak waktunya yg terlewat untuk menghadapi keramaian lalu-lintas yg cukup padat ini. Saat melewati tol ini, bus dipacu fullspeed hingga menyentuh angka 120 kpj, nak dek pokok e....tetapi kondisi tol ini di malam hari cukup membahayakan karena minim penerangan, mirip kya di tol Pejagan aja. 
02.30 : Keluar dari jalan tol langsung ngejoss lagi menyusuri jalan utama Jombang-Surabaya.
02.35 : Alhamdulillah sampai juga di Jombang dan sya pun diturunkan di depan pos TPR terminal Jombang karena ndak masuk terminal. Lanjut jalan kaki memasuki terminal untuk cari toilet dan menunggu bus.
02.45 : Setelah dari toilet, sya pun memasuki shelter terminal dan sepertinya masih sepi-sepi aja dari aktivitas pemberangkatan bus. Hanya terlihat Puspa Indah odong2 tujuan malang yg parkir sedangkan bus yg akan sya naiki tak nampak batang wipernya. Sya putuskan menunggu sebentar di terminal yg sunyi sepi itu.
03.00 : Sampai jam segini belum nampak pula bus yg akan sya naiki. Sya pun kembali menuju ke pos TPR luar terminal takutnya bus emang ga masuk terminal karena masih pagi atau malah perpal. Kalau emang ga ada yasudahlah via surabaya saja. Sya kemudian bertanya pada petugas dishub dan katanya sih jam segini ada bus menuju Tuban, sya disuruh nunggu di sini saja.
03.10 : Ketika pikiran sya sudah ingin memutuskan untuk via surabaya aja, datanglah Widji Lestari 7636 ATB medium bus bermesin Isuzu Elf NQR7 by karoseri Langgeng Jaya ini dengan teriakan kernetnya "Tuban...Tuban". Dan sya pun langsung menyetopnya. Bus yg hanya bersisi beberapa penumpang saja itu masih menyisakan hotseat buat sya. Lepas terminal bus dipacu kencang melewati Jombang lama, stasiun Jombang kemudian belok di alun2 via kota. Mantap dah baru sekali ini bisa lewat kota Jombang walaupun jalanan masih sepi.
Onboard Widji Lestari ATB
03.20 : Ngetem di Pasar Jombang. Cukup lama juga nih bus ngetem di sini karena emang masih pagi belum terlalu banyak penumpang yg naik.
Onboard Widji Lestari
03.40 : Setelah ngetem hampir 20 menitan, akhirnya bus diberangkatkan tetapi dengan kecepatan yg relatif rendah alias nggremet2 hingga memasuki pasar Ploso.
04.10 : Melintas Ploso, sudah lumayan banyak penumpang yg naik. Lepas Ploso bus langsung dipacu miyak-miyak dan ngejoss terus. Sepanjang jalan yang dilintasi banyak lubang besar dan kecil serta bergelombang. Apalagi saat melintas perbatasan lamongan-jombang tepatnya di gunung pegat, sangat berpotensi terjadinya kecelakaan karena penerangan yang minimMantep banget bawanya walaupun ngeri-ngeri sedap hehe...
Melewati Jalan Gunung Pegat
Melewati Jalan Gunung Pegat
04.45 : Melintas Ngimbang, bus masih dipacu kencang.
Melintas Ngimbang
05.15 : Alhamdulillah sampai juga di bawah jembatan Babat dengan keadaan yg masih terlihat gelap Sya pun kemudian mencari masjid/mushola untuk shalat subuh.
Melintas Pasar Babat
Tiba di Bawah Jembatan Babat
05.30 : Setelah shalat, sya pun berjalan menuju pertigaan untuk menunggu bus semarangan arah surabaya. Semoga masih kebagian seat nanti karena klo pagi gini kan banyak penglajunya hehe...
Pertigaan Babat
Pertigaan Babat
Widji Lestari ATB 7637
06.00 : Sudah 30 menit sya menunggu bus di pertigaan babat ini bersama para penumpang yg lain, tetapi yg kebanyakan datang adalah bus wilangunan yg hampir tiap 10 menitan datang. Eh sekalinya ada Jaya Utama actor bumel datang, ternyata bus sudah penuh sesak. ga jadi naik deh dan harus nunggu bus belakangnya lagi. Menunggu bus di pinggir pantura itu bikin pliket gan....isuk2 wes pliketan hehe...

Jaya Utama
06.15 : Setelah lama menunggu akhirnya, datang juga Putra Mas ATB max Hino AK8 dari arah bojonegoro. Sya dan penumpang lain pun langsung naik. Karena bus sudah penuh sya pun memilih duduk di kursi super hotseat alias kap mesin hehe...Lepas babat, bus hanya dipacu santai malah cenderung gremet-gremet hufft.
Onboard Putra Mas Trans 7535
06.30 : Memasuki kota Lamongan, bus masih dipacu santai dan tak ada tanda-tanda bus mau dipacu lebih cepat. Emang sih bus ini angkatan Bungur ke bojonegoronya masih lama yaitu jam 09.30. Mungkin itu yg menyebabkan bus bunguran tidak sekencang bus wilangunan yg jam e rapet.

Memasuki Lamongan
06.50 : Memasuki Deket, malah diblong oleh Margo Joyo dan Putra Mas bumel wilangunan yg lagi balapan nyari penumpang bagaikan serangan fajar. Wah elok tenan pagi2 jame emang rapet. Dan bus yg sya naiki tetap dipacu santai, sambil sang kernet terus menoweri bus bunguran belakangnya.
Serangan Fajar
07.20 : Melintas Bunder Gresik lumayan menaikkan banyak penumpang tujuan bungur di pom bunder.
07.25 : Melewati tol, bus lumayan dipacu kenceng akhirnya. Tetapi tetep aja sempat diblong sama Indonesia bumel.
Melewati Jalan Tol
08.15 : Alhamdulillah sampai juga di terminal bungurasih. Lanjut menuju shelter malang.
Putra Mas Trans 7535
08.25 : Saat tiba di shelter malang ternyata yg masih parkir adalah Tentrem ATB actor dan disusul oleh Restu Panda ATB marcopolo. Sya pun memilih menunggu Restu Panda ATB aja karena pengen naik yg lebih nyaman seatnya. Tau ndiri kan klo seat tentrem itu tegak bersambung...eh tegak dan sempit. Setelah Tentrem berangkat sya pun langsung  naik Restu panda untuk mengamankan hotseat dulu...Ternyata bus ini pernah sya naiki dulu dri malang pas touring sma Babon dan ngejoss jg bawanya, semoga kali ini iya.
Restu Panda ATB
08.30 : Ga perlu menunggu lama, bus kemudian diberangkatkan. Pas keluar dari shelter sepertinya ada yg aneh rasanya.....suara mesin Hino AK8 terdengar kasar n kaya mlebeb-mlebeb gitu. Lepas bungur, bus dipacu biasa saja dan setelah masuk tol juga bus nampak tak bertenaga. Hmmm sya tinggal tidur aja akhirnya....
09.05 : Bangun-bangun ternyata baru sampai bunderan apolo, tidur lagi deh...
09.20 : Bangun lagi sudah sampai di daerah sebelum pandaan. Ternyata bus melaju makin lama makin pelan apalagi pas tanjakan memasuki pandaan. Dan akhirnya bus pun dipinggirkan dan penumpang diarahkan untuk menuju bus Restu Panda ATB marco yg sempat mengOT bus yg sya naiki sebelum akhirnya ditelpon sang driver agar berhenti untuk oper penumpang. 
09.30 : Berganti bus dan sya pun ga kebagian hotseat lagi sehingga harus duduk di belakang. Saat itu kondisi bus juga dalam keadaan kosong karena ternyata bus ini habis ganti ban dan juga telah mengoperkan penumpangnya pada bus Restu Panda ATB yg lain. Lepas Pandaan bus dipacu mosak-masik karena harus mengejar jam keberangkatan ke surabaya dari arjosari.
Onboard restu Panda ATB yang Lebih Joss
10.30 : Alhamdulillah sampai juga di terminal arjosari. Karena cuaca sangat panas, sya pun hanya hunting bentar lanjut keluar terminal untuk naik angkot.
Suasana Terminal Arjosari
Suasana Terminal Arjosari
Suasana Terminal Arjosari
Restu Panda ATB yang Saya Naiki
11.00 : Naik angkot ABG menuju rumah budhe sya... 
11.20 : Tiba di rumah budhe langsung bersih diri, makan dan istirahat untuk melanjutkan perjalanan panjang nanti malam.
20.00 : Berangkat dari rumah budhe naik angkot ADL menuju terminal Arjosari.
20.10 : Tiba di terminal langsung menuju ke shelter pemberangkatan menunggu datangnya Harapan Baru untuk menuju probolinggo.
20.20 : Akhirnya datang juga Harapan Baru "Sekar Mangir", namun ketika sya akan naik malah ga boleh karena hanya penumpang jember-banyuwangi langsung aja yg boleh naik...hmmm mentang2 lagi rame nih maklum suasana lebaran masih terasa. Wah gagal lagi nih mau lanjut menuju Muncar, mau gimana lagi bus satu2nya menuju probolinggo hanya Harapan Baru kalo jam segini. Mikir-mikir dulu nih............Okelah mending ke Surabaya dulu aja siapa tahu ada bus Akas IV recomended dari sana.
Harapan Baru "Sekar Mangir"
20.40 : Sya pun menuju shelter surabaya yg sudah terparkir Restu Panda "U One Love" ponorogoan yg parkir. Karena terlihat sudah penuh, maka sya menunggu bus belakangnya aja.
20.45 : Restu panda ATB "Baracuda" kemudian parkir di shelter. Sepertinya ini bus ATB terakhir menuju Surabaya karena belakangnya bus ini udah ga ada lagi bus yg antri berangkat kyaknya. Sya pun langsung naik ini aja untuk mengamankan hotseat. Dari namanya sih kelihatannya ini bus banter, semoga aja demikian.
Restu Panda "Baracuda"
20.55 : Bus diberangkatkan tetapi masih ngetem dulu di luar terminal.
21.00 : Bus berjalan perlahan hingga fly over kemudian baru ngejoss.
21.40 : Lepas dari kemacetan di singosari sampe lawang.
21.55 : Melintas Purwosari.
22.15 : Lepas Pandaan, sya pun tertidur dan terbangun ketika sudah sampai di tol.
22.55 : Alhamdulillah sampai lagi di terminal bungurasih. Lanjut menuju shelter pemberangkatan. 
Tiba di Terminal Bungurasih
23.00 : Melihat shelter banyuwangi ternyata yg parkir adalah Akas IV Ventura yg terlihat penuh sesak. Penumnpang menuju probolinggo dan sekitarnya sepertinya masih ramai. Melihat kondisi kya gni sya pun memutuskan untuk balik jogja aja.
23.20 : Di shelter solo-jogja saat itu yg parkir itu adalah Mira 7325. Sya pun memilih menunggu SS 7088 nanti yg udah pasti recomended.
23.40 : SR 7663 new discovery tampak datang dan parkir di belakang shelter. Sempat pengen naik ini aja nih karena kebetulan drivernya mas kardi yg juga recomended, tetapi sya tetep pengen nunggu SS 7088 dulu. Dilanjutkan SR 7006 dan Mira 7166 datang menunggu parkir shelter.
SR 7663 Datang Menunggu Parkir Shelter
Mira 7166 dan SR 7006 Menunggu Parkir Shelter
00.05 : Akhirnya datang juga SS 7088 dengan driver om. Bop. Langsung naik mengamankan hotseat. Pokok e klo mau nyobain 7088 mending di luar weekend deh biar ga rebutan sama maniak hehe...
00.20 : SS 7088 parkir shelter setelah Mira 7166 berangkat.
SS 7088
Onboard SS 7088
00.30 : Bus diberangkatkan, lepas bungur langsung dipacu kenceng pokok e namun tetep alusss. Tetapi baru sampai sepanjang malah turun hujan grimis yg makin lama makin deres. Walaupun begitu tak menghalangi om. Bop untuk memacu busnya. Sejak dibawa om. Bop, SS 7088 menjadi lebih nyaman dan ga glodakan lagi kya dulu.
01.20 : Melintas mojokerto, penampakan Mira 7166 belum terlihat.
01.35 : Berhasil mengOT Mira 7166 di mojoagung.
01.45 : Melintas stasiun Jombang.
02.00 : Berhasil mengOT SR 7006 di perak.
02.30 : Melintas Nganjuk ga masuk terminal.
03.25 : Memasuki Terminal Madiun, ternyata SR 7663 terlihat baru beranjak dari ngetem di luar terminal. Langsung diOT oleh SS 7088 ketika baru beranjak dari bangjo dekat terminal.
03.55 : Melintas Ngawi Lama.
05.10 : Alhamdulillah sampai juga di Sragen dan sya turun di depan masjid pilangsari untuk shalat subuh dulu. Lumayan telat jam nya hari ini karena biasanya sekitar setengah 5 an udah sampai sini.
05.20 : Selesai shalat ternyata sudah terparkir SR 7006 di depan masjid pilangsari. Seperti biasa sang drivernya Pak Mahmud selalu melaksanakan shalat subuh di masjid pilangsari sambil crew lainnya mencari penumpang. Salut untuk driver satu ini. Sya pun langsung mengamankan hotseat yg masih tersedia.
05.40 : Bus berangkat melewati kota sragen. Saat itu entah kenapa cara bawa bus oleh Pak Mahmud bener2 ga nyaman, nyendal-nyendal, kurang greget dan bonus kabin bus yg gemblodak. Sangat kontras dengan SS 7088 tadi. 
06.35 : Memasuki terminal Tirtonadi lanjut menuju Jogja. 
07.20 : Memasuki Terminal Klaten. 
08.25 : Memasuki Jogja, ternyata bus ga masuk ke terminal giwangan dan sya beserta penumpang lain turun di perempatan bangjo terminal. Huffttt harus jalan kaki memasuki terminal. 
08.45 : Mengambil titipan motor langsung balik ke kos.
09.15 : Alhamdulillah sampai di kos dengan selamat.....sampai jumpa di the next trip ya gaessss.


Tarif:
Jogja-Solo : 10k (Sumber Selamat ATB)
Solo-Jombang : 30k (Sugeng Rahayu ATB)
Jombang-Babat : 15k (Widji Lestari ATB)
Babat-Surabaya : 18k (Putra Mas ATB)
Surabaya-Malang : 14k (Restu Panda ATB)
Angkot ABG : 3k
Angkot ADL : 3k
Malang-Surabaya : 14k (Restu Panda ATB)
Surabaya-Sragen : 35k (Sumber Selamat ATB)
Sragen-Jogja : 15k (Sugeng Rahayu ATB)

Ini penampakan karcisnya gan degan



1 comment:

  1. Hmmmm daerah Blimbing yg di lewati ABG dan ADL tkk bedhek Ciliwung/Kedawung atau iza juga Bunul/Sanan..

    ReplyDelete