Thursday 8 September 2016

Touring Tek Tok Cilacap Bareng Riyan

Late Post.......
Reportase Touring Tek Tok Seharian menuju Cilacap dan sebaliknya pada Tanggal 9 Februari 2014 with PO. Riyan.



07.30 : Berangkat dari kos menuju Giwangan.
07.50 : Parkir motor terus menuju shelter pemberangkatan Cilacap. Seperti biasa shelter Cilacap dan Purwokerto masih diisi oleh Efisiensi. Di parkiran depan shelter bumel solo sudah terparkir Riyan R 1717 BB bermesin Hino RK8 body JB HD yg lagi menunggu jam keberangkatan. Tarif Riyan ini termasuk murah lho di kelasnya yaitu 40 ribu saja karena saat itu tarif Efisiensi masih 50 ribu, fasilitasnya juga josss karena free softdrink+wifi. Speednya jangan ditanya deh, pastinya ngejosss pokokmen.
Efisiensi LCC lagi Parkir
08.20 : Masuk dalam bus yg masih terparkir di depan shelter bumel solo biar dapat hotseat. 
Menunggu Masuk Shelter
08.30 : Tidak menunggu lama. bus pun dimajukan ke shelter cilacap setelah Efisiensi LCC berangkat.  Efisiensi seri LCC merupakan seri bus Efisiensi khusus Cilacap yg tarifnya sama dg Riyan yaitu 40rb (Mungkin ini cara Efi bersaing dengan Riyan sbg pendatang baru).
Interior PO. Riyan 
Interior PO. Riyan
08.45 : Bus pun diberangkatkan setelah ngetem sekitar 15 menit dan hanya membawa beberapa penumpang saja. Keluar terminal, bus sudah dipacu kencang melewati seribu bangjo RR selatan Jogja dan ditemani aluyan lagu-lagu lawas. Uang 40rb pun dibayarkan untuk perjalanan Jogja-Cilacap ini.
Bus Siap Diberangkatkan
Driver PO. Riyan
09.10 : Agen Gamping, menaikkan beberapa penumpang. Lepas agen Gamping sang co Driver dengan ramah menanyakan pada satu per satu penumpang tentang softdrink yg bisa dipilih yaitu ada sprite, fanta, freshtea dan air mineral. Saya memilih freshtea saja hehe. Sebenarnya bus ini juga dilengkapi dengan wifi tetapi karena hp saya masih odong2 alias belum pke smartphone jadi sya pun belum bis menikmatinya, mungkin next trip kali ya.....
09.50 : Wates, bus selalu dipacu kencang menghalau kendaraan2 di depannya akibat lalu lintas yg cukup ramai waktu itu. Kesan pertama naik bus ini mantap pokoknya, banter, alus dan nyaman hanya saja masih terganggu dengan suspensi kreket2 ala Hino RK8.
10.15 : Lewat depan Terminal Purworejo.
10.25 : Kutoarjo.
10.40 : Prembun.
11.00 : Memasuki Terminal Kebumen. Setelah lepas terminal ternyata bus masuk di pom bensin samping terminal dan ternyata di rest area pom inilah tempat bus Riyan untuk beristirahat. Kalau Efisiensi kan di rest area Wonosari, hehe. Istirahat di sini sekitar 15 menit, lumayan bisa ke toilet dulu.
11.15 : Bus diberangkatkan dan kembali mosak-masik di belakang Efisiensi Purwokerto yang kebetulan barengan ketika Riyan keluar dari pom tadi.
11.45 : Karanganyar, masih konsisten di belakang mbak Efi. Mantap juga goyangannya mbak Efi yg diikuti terus sama mas Riyan.
12.00 : Gombong, masih berlanjut gan....lumayan lah tombo ngantuk. Lepas perbatasan Banyumas malah macet gara2 ada  rombongan Bluestar yg lagi berhenti di pinggir jalan. Ternyata ada salah satu busnya yg lagi trobel. Goyang kanan pol deh akhirnya....
Macet di Perbatasan Banyumas
12.20 : Buntu. Dan akhirnya berpisah dengan mbak Efi yg harus belok kanan menuju Purwokerto.
12.35 : Sampang.
13.00 : Maos.
13.15 : Mampir di pom untuk nyolar sekitar 10 menit.
13.30 : Bus jalan lagi menuju kota Cilacap tetapi ga lewat kota atau lewat jalur bus yang nantinya tembus ke terminal cilacap dari arah barat.
Melewati Jalur Bus Arah Terminal Cilacap
Melewati Jalur Bus Arah Terminal Cilacap
13.40 : Alhamdulillah sampai juga di terminal Cilacap yang memang cukup sepi. Hanya ada Efisiensi dan beberapa bus medium tujuan purwokerto, tasik, dan sekitarnya. Sya pun langsung menuju masjid yang bertempat di samping terminal untuk menunaikan shalat Dhuhur sekalian Ashar dijamak karena niatnya nanti naik Riyan angkatan jam 15.15.
Riyan Tiba di Terminal Cilacap
14.05 : Kembali lagi menuju terminal dan memesan tiket Riyan untuk keberangkatan nanti jam 15.15. Sayangnya karena memang saat itu bertepatan hari Minggu dan ramai penumpang, maka hotseat pun gagal saya peroleh. Tetapi lumayanlah masih dapat seat baris kedua. Uang 40rb pun kembali sya tukarkan dengan secarik kertas tiket. Lanjut nunggu di terminal sambil sesekali hunting.
Efisiensi Bigtop lagi Menurunkan Penumpang
14.20 : Riyan angkatan 15.15 pun telah datang menunggu jam keberangkatannya. Di shelter masih terparkir Efisiensi LCC angkatan 15.00.
PO. Riyan 15.15 Menunggu Keberangkatan
Efisiensi LCC lagi Parkir di Shelter
14.55 : Efisiensi LCC angkatan 15.00 pun diberangkatkan dan gantian Riyan yang mulai masuk shelter. Syapun bergegas menuju seat yang sdah sya pesan yaitu seat 2B.
Riyan 15.15 Parkir di Shelter
Duduk di Seat 2B

Seat Aldila yg dilengkapi Footrest
15.15 : Akhirnya bus diberangkatkan dengan driver Pak Proyo. Sepanjang lepas terminal hingga Sampang banyak sekali penumpang yg telah menunggu bus di agen-agen hingga bus full penumpang yg rata-rata mahasiswi bosss. Saya pun cuma bisa gigit jari aja ketika mereka semua pada sibuk dengan gadget mereka bahkan ada juga lho yg buka lepi di dalam bus demi dapat wifi gratis hehe...Setelah penumpang udah lengkap, co Driver mulai menghampiri satu per satu penumpangnya untuk membagikan softdrink sesuai pilihan dan sya pun kembali memilih freshtea aja lagi.
16.10 : Buntu. Berhenti sebentar menunggu penumpang sekaligus ngisi angin ban.
16.25 : Berangkat lagi.
17.00 : Gombong.
17.27 : Memasuki kota Kebumen via Ringroad. 
17.35 : Istirahat kembali di pom dekat terminal kebumen yg tadi pagi sya singgahi juga.
Istirahat di POM
17.50 : Lepas istirahat bus pun kembali digoyang oleh Pak Proyo melintasi jalanan yg semakin ramai menjelang malam dan mulai banyak kress dengan bus malam jakartanan. Dari sini mulai disuguhi atraksi2 mendebarkan dan bertepatan juga dg jam nya bus jakartanan pada lewat jalur ini menuju jakarta. 
18.30 : Kutoarjo
18.40 : Lewat depan Terminal Purworejo.
19.10 : Wates.
20.00 : Gamping.
20.20 : Sampai juga terminal Giwangan.
21.00 : Alhamdulillah ..... Sampai di kos lagi. Ternyata nyaman sekali lho naik bus patas beda dg naik atb yg selama ini sering sya naiki hehe...

No comments:

Post a Comment