Saturday 12 August 2017

Touring BUNTU kembali Menanti Rosalia Indah HDD Seharian

    Touring kali ini sebenarnya masih merupakan kelanjutan dari edisi 1 dan edisi 2 kemaren namun syangnya tugas negaranya kagak jadi padahal sebelumnya udah terlanjur pesen tiket Efisiensi tujuan Purwokerto untuk keberangkatan pukul 06.15 hari Jumat, tanggal 11 Agustus 2017.  Tiket Efisiensi ini sya pesan via aplikasi Redbus sehingga lumayan dapat tambahan diskon 40rb. Jika teman2 pengen naik bus biar dapat diskon seperti sya juga bisa dengan mulai menginstal aplikasi Redbus di HP teman2 dengan menggunakan kode referensi RED0X1C17D7 saat login nantinya (Promosi=berbagi ilmu itu indah hehe), langsung deh nanti dapat bonus 80rb buat modal awal biar nanti bisa mencapai poin sesuai yg ditargetkan teman2 sendiri. 
      Karena syang banget kalo udah pesen tapi ga berangkat, akhirnya terpaksa deh berangkat juga pagi itu walaupun niatnya hanya main-main aja. Niat awal emang mau menuju Purwokerto seperti biasa namun karena pada hari itu temen sya Bayu Priambudi lagi ga berada di Purwokerto tetapi lagi mudik di rumahnya Kemranjen, akhirnya sya memutuskan untuk camping di Buntu saja sesuai saran Bayu biar ada temennya siaran hohoho...Sedangkan untuk pulangnya nanti dipikir karo mlaku saja karena tentunya nanti akan lebih banyak pilihan. Check it out my trip ....

05.25 : Menuju terminal Giwangan masih dalam edisi pagi-pagi buta menyusuri ringroad timur dan selatan Jogja.
05.45 : Tiba di terminal Giwangan. Setelah parkir, sya pun langsung bergegas menuju agen Efisiensi untuk menukarkan m-ticket dari Redbus ini dengan karcis sebenarnya. Eh, ternyata sya udah dicariin dari tadi oleh pihak agennya hoho dan untungnya saat itu dapetnya karcis manualnya bukan yg print-print-an karena katanya sistemnya lagi error (rezeki anak sholeh :v)
Karcis Efisiensi
06.00 : Saat itu bus Efisiensi yg bakalan sya naiki masih terparkir di shelter Patas Purwokerto sedangkan yg lagi parkir di depan agen adalah Efisiensi tujuan Cilacap jam 06.00 yg sebentar lagi akan diberangkatkan.
Shelter Bus Patas Giwangan
06.00 : Setelah Efisiensi tujuan Cilacap pukul 06.00 berangkat, bus Efisiensi SHD AA 1508 ED mulai dimundurkan dari shelter Patas Purwokerto dan diparkirkan secara perlahan di depan agen. Bus berlivery paduan orange dan putih ini merupakan armada terbaru dari Efisiensi yg melayani trayek Jogja-Purwokerto yg dinamakan Jetbus Max oleh pihak Efisiensi. Interior bus ini sangat mewah didukung oleh seat aldilla model kulit terbaru yg nyaman serta jarak antarseat yg lumayan bisa buat selonjoran. Namun syangnya bus yg menggunakan chasis Hino RK8 ini belum dilengkapi dengan air suspension built up-an jadi pastinya masih ada suara kriyet2 khas suspensi leafspring Hino RK8. Oh ya, untuk Efisiensi SHD saat ini menggunakan seat Aldilla terbaru yg menurut sya lebih nyaman daripada Efisiensi SHD rilisan awal dulu namun untuk yg baru ini tiap seatnya ga dilengkapi mini TV (avod) seperti yg dulu.
Persiapan Keberangkatan Efisiensi SHD AA 1508 ED
Selonjoran Mania
06.15 : Pukul 06.15 tepat, bus pun diberangkatkan dengan santai keluar dari terminal hanya membawa sekitar 15 orang penumpang. Lepas Giwangan, bus dipacu santai hanya sekitar 60 kpj melewati RR selatan dengan 1001 bangjonya hehe. Kesan pertama ketika bus berjalan adalah kok tidak senyaman Efisiensi SHD yg sya naiki kemaren dari Purwokerto. Bunyi kreket2 khas suspensi Hino RK8 terdengar cukup keras seperti bus yg sudah lama dipakai, tidak seperti yg kemaren sya naiki masih lumayan tak terlalu terdengar. Sepanjang perjalanan full musik tembang kenangan Indonesia.
Melintas Ringroad Jogja
06.20 : Sang kondektur pun mulai mengecek karcis yg sudah dibeli dari agen, menanyakan akan turun dimana nantinya dan juga memberikan air minum botol kepada setiap penumpang dengan ramah. 
06.30 : Memasuki agen Efisiensi Ambarketawang untuk menaikkan penumpang yg memesan lewat agen. Di sini masih terparkir Efisiensi tujuan Cilacap yg tadi berangkat pukul 06.00 dari Giwangan. Sya manfaatkan waktu ini untuk ke toilet dulu. 
Parkir di Agen Efisiensi Ambarketawang
Parkir di Agen Efisiensi Ambarketawang
06.40 : Efisiensi tujuan Cilacap mulai diberangkatkan sedangkan Efisiensi yg sya naiki masih harus menunggu waktu keberangkatannya. Cukup lama juga bus ini berada di rest area ini hampir setengah jam rasanya. Mungkin untuk menjaga jarak dengan Efisiensi tujuan Cilacap tadi dan juga untuk menunggu calon penumpang yg akan naik dari sini tetapi menurut sya itu terlalu lama.
06.55 : Akhirnya diberangkatkan juga menuju Purwokerto dg membawa sekitar 23 penumpang. Lepas Ambarketawang bus hanya dipacu santai saja karena saat itu jalanan sudah mulai ramai dg anak sekolah dan pekerja. Bus pun tidak terlalu mosak-masik dan penuh kehati-hatian, mungkin takut spionnya yg tingginya hanya seukuran tinggi orang dewasa ini nyenggol pengendara motor atau kendaraan lain.
Berangkat dari Ambarketawang
07.25 : Memasuki Wates mulai banyak ditemui acara sistem buka tutup jalan akibat saat ini banyak dilakukan perbaikan jalan utama Jogja-Wates sehingga harus bersabar beberapa kali buat menunggu antrian jalan. Lepas wates, bus masih dipacu woles saja padahal jalanan lumayan lancar dan relatif tak banyak kendaraan hmmmm.
Sistem Buka Tutup Akibat Perbaikan Jalan Wates
Melintas Wates
07.40 : Melintas Temon, bus tetap dipacu kalem-kalem saja, bikin greget rasanya padahal jalanan lumayan sepi. Alhasil tiba-tiba digoyang kanan oleh Antar Jaya "The Leader" yg langsung ngacir menghilang saking mosak-masiknya, jadi ngiri huhuhu ....
Melintas Temon
07.50 : Melintas Perbatasan Jateng-DIY. Gas mulai sedikit diinjek lebih dalam tetapi sama aja dengan kondisi jalan yg lebih sempit membuat bus ini cukup sulit saat mau menyalip kendaraan depannya karena harus benar-benar melihat kondisi jalan yg longgar sehingga kebanyakan cuma bisa mengekor kendaraan depannya.
Melintas Perbatasan DIY-Jateng
08.10 : Melintas pertigaan Don Bosco kress dengan Efisiensi jam 05.00 dari Purwokerto.
Melintas Pertigaan Don Bosco
08.20 : Melintas depan terminal Purworejo (Gak masuk terminal).
Melintas Depan Terminal Purworejo
08.30 : Melintas kutoarjo berhenti sebentar krunya nyari camilan buat sang driver. Di terminal lama kutoarjo juga sudah terlihat Antar Jaya “The Leader” yg lagi ngetem dan Eka 7551 angkatan Purwokerto pertama.
Melintas Kutoarjo
08.45 : Melintas Prembun mulai sedikit mosak-masik goyang-goyang kanan. Sempet kress juga dengan SR 7142.
09.00 : Melintas Kutowinangun disambut kemacetan dua arah yg mengular cukup panjang dari sebelum palang KA hingga lepas pasar kutowinangun yg membuat bus hanya bisa bergerak perlahan.
Macet di Kutowinangun
08.15 : Memasuki rest area Wonosari untuk istirahat 10 menit. Sya manfaatkan untuk ke toilet dan hunting sebentar di sini. Tak ada penampakan bus Efisiensi lain yg memasuki rest area ini selama sya berada di sini.
Istirahat di Rest Area Wonosari
09.25 : Bus diberangkatkan kembali bebarengan dengan datangnya Efisiensi dari Purwokerto pukul 07.30.
09.30 : Masuk terminal kebumen cuma muterin terminal saja sekedar absen sama pak Dishub. Lepas terminal tepatnya di Soka sempet kres dengan Eka 7809.
Memasuki Terminal Kebumen
09.43 : Melintas Sruweng, kres sama SR 7148 Cilacapan.
09.50 : Melintas karanganyar berhenti sejenak karena ada kereta api lewat di perlintasan KA Karanganyar. Antar Jaya "The Leader" nampak telah memimpin di depan sendiri dan saat palang dibuka langsung ngacir duluan.
Melintas Karanganyar
10.10 : Melintas Gombong.
Melintas Gombong
10.20 : Melintas Tambak.
10.30 : Melintas Sumpiuh memilih belok kanan via Jalinsum a.k.a jalan lingkar Sumpiuh.
Melintas Jalan Lingkar Sumpiuh
10.45 : Alhamdulillah akhirnya sampai juga di perempatan Buntu. Turun dari bus langsung mengabadikan foto bus nya dulu cekrekkk. 4,5 jam dari jogja sampai buntu tentunya bukan catatan waktu yg baik. Sungguh perjalanan yg begitu lama yg seharusnya bisa lebih cepat dari ini. Semoga pelayanan yg sudah baik ini didukung pula dengan mengutamakan ketepatan waktu perjalanannya sehingga bisa menjadi andalan bagi masyarakat untuk mengejar waktu dengan naik bus ini. 
Tiba di Buntu
     Turun di daerah Buntu merupakan pengalaman pertama kalinya buat sya yg ga pernah terpikirkan sebelumnya hohoho.....Acara selanjutnya adalah shalat Jumat dulu kemudian dilanjutkan camping dan siaran ditemani oleh Bayu hingga Ashar nanti karena kebetulan hari ini adalah hari Jumat jadi sekalian nunggu shalat Ashar dulu baru capcus pulang ke Jogja lagi biar tenang. Rencananya bakalan nyobain Antar Jaya "Tiara" atau mencoba teknik the power of ngawe lagi siapa tahu beruntung dan kali ini targetnya adalah Handoyo setra Purwokerto-Malang yg start jam 14.30 dari Purwokerto sehingga diperkirakan sampai Buntu pas selesai shalat Ashar. Namun syangnya kedua rencana ini ga ada yg bisa terlaksanakan karena belum waktunya Ashar aja Handoyo dan Antar Jaya "Joker" (Cad Tiara) udah lewat duluan meninggalkan Buntu.  Duh...eta terangkanlah 😃😃
Camping di Buntu
    Rosalia Indah akhirnya menjadi pilihan terakhir untuk pulang kembali ke Jogja karena sya pengen nuansa yg berbeda dari setiap perjalanan yg sya lakukan. Pukul 4 sore, iseng-iseng tanya-tanya dulu ke agen Rosalia Indah Buntu ternyata masih ada 3 keberangkatan menuju Jogja sore ini, yaitu milih naik jatah Purwokerto-Malang (16.30), Cilacap-Surabaya (19.30) atau Purwokerto-Surabaya (19.45). Atas saran Bayu, sya memilih naik yg jatah Purwokerto-Surabaya saja yg jelas dapetnya executive plus HDD terbaru karena kalo jatah Purwokerto-Malang jelas hanya bus executive biasa (MB OH 1525/1526/RK8 non air suspension) dan klo jatah Cilacap-Surabaya pasti dapet MB OH 1626 tapi bukan HDD (tapi kadang dapet HDD juga). Sebenarnya udah lama pengen nyobain HDD nya Rosin trayek ini namun belum dapet waktu yg pas dan sekarang mungkin waktu yg tepat walaupun masih harus menunggu lama lagi di sini. 
      Alhamdulillah masih tersisa hotseat 1c untuk sya kali ini walau hanya tujuan meteran saja. Tiket seharga 65k ini pun sya amankan, lebih murah kan dari para kompetitor relasi Jogja-Purwokerto, menang banyak lagi dari fasilitasnya hohoho...syangnya saat ini Rosalia Indah udah menerapkan tiket online sehingga tiket yg sya dapatkan pun hanya berupa selembar kertas print-print-an saja kya punya PK. Tinggal camping lagi nungguin jam keberangkatan yg masih 3,5 jam lagi dan makasih banget buat Bayu wes dikancani seharian penuh buat nungguin keberangkatan Rosalia Indah HDD ini.
Tiket Online Rosin
Tiket Online Rosin
19.30 : Rosalia Indah NL 442 nampak telah merapat di depan agen Buntu. Bus inilah yg merupakan jatah Cilacap-Surabaya yg juga mengusung chasis MB OH 1626 hohoho tetapi kelasnya executive biasa bukan executive plus seperti yg bakalan sya naiki nanti. Para penumpang yg menanti di agen Buntu ini ternyata kebanyakan merupakan penumpang dari bus ini. Mungkin mereka belum tahu kali kalo jatah Surabaya yg dari Purwokerto jauh lebih menggiurkan hohoho...
Rosalia Indah NL 442
19.46 : Akhirnya bus yg sya tunggu seharian ini datang juga dan merapat di agen Buntu. Rosalia Indah SHD 462 lah yg kali ini bertugas di line Purwokerto-Surabaya dan akan mengantarkan sya menuju Jogja. Dari segi eksterior, bus ini memang tampak mewah dengan balutan body New Setra Jetbus 2 HDD di atas chasis MB OH 1626. FYI, pada awalnya bus ini memakai body evonext GT kemudian direbody menjadi Jetbus 2 HDD yg lebih kekinian untuk berkompetisi di jalur Surabaya-Purwokerto yg semakin panas. Hanya sya seorang dirilah penumpang bus ini dari agen Buntu. Langsung saja sya masuk dan menempati seat 1c sesuai tiket pesanan sya. Kala itu seat 1d juga belum ada yg menempati, mungkin dari agen selanjutnya. Kesan pertama naik bus ini sungguh emejing karena seat kulit usungan Aldilla terbaru ini sangat nyaman, bisa selonjoran dan dilengkapi dengan legrest bahkan footrest juga, sama persis kya bus malam SHD Scania K360 nya tetapi ini relatif lebih sempit.
Rosalia Indah SHD 462 Tiba di Agen Buntu
Naik ke Dalam Rosalia Indah SHD 462
Seat 2-2, Legrest, Foot Rest, Selimut dan Bantal
Selonjoran Mania
19.50 : Bus kembali diberangkatkan dan langsung digeber dengan suossssnya oleh sang driver pertama yaitu pak Sartomo ex SS 7565. Suara suosssnya bahkan masih samar-samar terdengar dari dalam kabin bus tapi gak sepok-sepok lho karena ini mercy bukan Hino hoho. Suspensi mentul-mentul ala air suspension MB OH 1626 ini menambah kenyamanan perjalanan yg memang diwarnai oleh jalanan yg bergelombang. Syangnya bus ini tak memiliki personel kru tersendiri, hanya ada dua driver yg salah satunya merangkap sebagai kru juga sama seperti Sinar Jaya. 
Berangkat dari Buntu
Melintas Kemranjen
20.00 : Melintas Sumpiuh memilih belok kiri via Jalan Lingkar Sumpiuh a.k.a Jalinsum. Bus masih terus dipacu mosak-masik saat menyusuri jalinsum yg minim penerangan ini. Mantaplah drivernya nih hobi lari terus sambil suka nempel tipis-tipis hohoho...
Melintas Jalinsum
20.22 : Melintas Tambak.
Melintas Tambak
20.30 : Memasuki Gombong, tiba-tiba diberhentikan oleh team sidak dari Rosalia Indah entah apa yg disidak kurang tahu sih yg jelas surat2 kendaraan, jumlah penumpang/paketan serta ketertiban kru dalam berseragam juga diperiksa, baru tahu juga kalo ada team sidak kya gini di Rosin. Setelah selesai, lanjut menaikkan penumpang di agen Gombong dan ternyata pemesan seat 1d ini adalah penumpang dari agen Gombong sini tujuan Surabaya. Barulah setelah penumpang dari agen Gombong naik, selimut dan air mineral Utra 600 ml mulai dibagikan. Walaupun penumpangnya hanya sekitar 10an saja namun tetep ngesossss lah...
Sidak oleh Team Rosin
Mampir Agen Gombong
21.43 : Memasuki RM. Lestari Karanganyar untuk istirahat. Terlihat Rosalia Indah NL 442 juga nampak masih berada di sini. Rasanya kurang pas sebenarnya klo istirahat di sini secara baru sebentar aja menikmati perjalanan udah istirahat aja. Jadi kebanyakan penumpang cuma memanfaatkan waktu ini buat ke toilet dan beberapa ada yg ngopi2 dulu.
Rosalia Indah SHD 462 Istirahat di RM. Lestari
Rosalia Indah SHD 462 Istirahat di RM. Lestari
Rosalia Indah SHD 462 dan NL 442
21.05 Setelah 20 menit istirahat, akhirnya bus diberangkatkan kembali mengejar NL 442 yg sudah duluan meninggalkan RM. Lestari sekitar 10 menitan yg lalu. Dan kali ini driver lebih memilih melewati jalan Daendels via Petanahan, mantaplah bisa nyampe di Jogja lebih cepat klo gitu.
Melintas Jalur Karanganyar-Petanahan
21.20 : Melintas Petanahan lanjut belok kiri via jalan Daendels yg lempeng lurus terus namun masih cukup sempit jalannya di daerah ini dan juga penerangan masih minim. Sepanjang jalur ini bus dipacu kenceng terus karena memang sepi dan jarang kendaraan yg lewat sini malam2.
Melintas Petanahan
Melintas Jalan Daendels
21.32 : Melintas Ambal Buluspesantren, Rosalia Indah NL 442 mulai terlihat hilalnya lagi mosak-masik menyalip truk di depannya. SHD 462 pun langsung mengejarnya walaupun nampaknya NL 442 malah semakin menjauh karena sadar akan kedatangan SHD 462.
Melintas Buluspesantren
21.50 : Melintas Grabag. Rosalia Indah NL 442 mulai hampir terkejar dan terus ditempel ketat oleh SHD 462 hingga akhirnya NL 442 pun menyerah dan memberikan jalannya kepada SHD 462 untuk ngacir duluan. NL 442 pun gantian sekarang berada di belakang SHD 462 dan konvoi bersama hingga Jogja.
Mengejar Rosin NL 442
Mengejar Rosin NL 442
MengOT Rosin NL 442
22.06 : Melintas karangsewu, masih dipacu kenceng.
Melintas Karangsewu
Melintas Karangsewu
22.26 : Melintas Galur, masih dipacu kenceng juga.
Melintas Galur
22.32 : Melintas Srandakan, tambah menggila kencengnya.
Melintas Srandakan
22.40 : Memasuki kawasan Bantul, berarti bentar lagi sampai nih. Walaupun ramai kendaraan setelah memasuki jalan Bantul tetapi tetep aja bus dibawa mosak-masik hingga kembali ke jalur utamanya.
Melintas Bantul
22.48 : Melintas Perempatan Dongkelan dan kembali menuju jalur utama ringroad selatan Jogja.
Melintas Dongkelan
22.52 : Menepi sebentar bersama NL 442 di seberang kantor Rosalia Indah Jogja untuk kontrolan dulu.
Kontrolan di Kantor Pusat Rosin Jogja
22.57Alhamdulillah tiba kembali di terminal giwangan walaupun ga masuk ke dalam terminal alias sya hanya diturunkan di depan pintu keluar terminal Giwangan. 3 jam 10 menit (termasuk istirahat) rasanya kurang puas menikmati perjalanan Buntu-Jogja yg hanya sebentar saja ini. Fasilitas dalam bus yg menang banyak dari kompetitor yg trayeknya sama serta skill driver dalam mengemudikan bus ini bikin nagih pengen mencoba lagi suatu saat nanti. Ga rugi pokoknya nungguin bus ini seharian. Lanjut menuju ke dalam terminal buat ambil motor terus capcus balik kos2an.
Tiba di Depan Terminal Giwangan
23.30 : Sampe kos, bersih-bersih, updet status, apalah2 :-) Tungguin kisah-kisah perjalanan sya selanjutnya ya gan dan jangan bosen-bosen untuk tetap menjadi pembaca setia caper sya, syukur2 dapat saran dan kritik yg membangun. Terima kasih...^ ^. 


Tarif :
Jogja-Purwokerto : 35k bonus air mineral 600 ml (Po. Efisiensi Patas) 
Purwokerto-Jogja : 65k bonus air mineral 600 ml (Po. Rosalia Indah Executive Plus)

2 comments: