Wednesday 9 August 2017

Touring Tugas Negara Tipis-Tipis Menuju Purwokerto Edisi 2

    Perjalanan kali ini merupakan kelanjutan dari edisi 1 kemaren dan masih bukan murni buat touring tetapi karena memang ada suatu acara di Purwokerto pada tanggal 4 Agustus 2017. Acara yg diagendakan jam 10 alias lebih pagi dari yg kmaren ini membuat sya harus berangkat dari Jogja lebih pagi lagi agar tidak telat sampai di Purwokerto. Hal ini membuat sya sempat kebingungan mau naik bus apaan agar bisa sampai Purwokerto kurang dari jam 10 tanpa mengesampingkan shalat Subuh. Mengandalkan the power of Ngawe lagi terlalu beresiko. KPS dadakan pun kembali sya buat untuk tektok menuju Purwokerto ini. Untuk berangkatnya, sya berencana untuk estafet saja naik Eka 7009/SR 7159 turun di Kutoarjo untuk shalat Subuh dulu kemudian lanjut naik Antar Jaya "Casanova". Namun rencana ini tak jadi sya lakukan karena alhamdulillah sya ditawari nginep di kosan teman sya, Bayu Priambudi yg bersedia sya repotkan selama di Purwokerto, suwun banget yak. Alhasil ganti lagi KPS nya menjadi naik busnya di hari kamis malem dan sya berencana untuk naik Eka 7006 saja. Semoga pas jatahnya mas Robin RN.
    Sedangkan untuk pulangnya nanti sya memilih naik Efisiensi saja. Kok tumben mau naik Efisensi? Ada dua alasan mengapa sya memilih Efisiensi untuk pulangnya ini. Pertama, sya mengejar sampai di Jogja maksimal jam 7 malam karena udah ada janjian ngajar anak les. Karena hari itu bertepatan hari Jumat tentunya sebagai umat muslim laki-laki diwajibkan Jumatan dulu sehingga ada kewajiban shalat Ashar yg harus sya laksanakan sedangkan sya masih berada dalam perjalanan. Oleh karena itu, sya pilih Efisiensi karena selalu mampir di rest area Wonosari, Kebumen sehingga bisa sya gunakan untuk shalat Ashar. Sya pilih keberangkatan jam 2 siang yg kira2 sampai Jogja memang sekitar jam 7 malam, Kedua, tiket Efisiensi ini dapat dipesan via aplikasi Redbus sehingga lumayan dapat tambahan diskon 80rb. Jika teman2 pengen naik bus biar dapat diskon seperti sya juga bisa dengan mulai menginstal aplikasi Redbus di HP teman2 dengan menggunakan kode referensi RED0X1C17D7 saat login nantinya (Promosi=berbagi ilmu itu indah hehe), langsung deh nanti dapat bonus 80rb buat modal awal biar nanti bisa mencapai poin sesuai yg ditargetkan teman2 sendiri. Berikut kita simak kisah perjalanan sya kali ini hehe....

19.35 : Meluncur menuju terminal Giwangan karena udah ditungguin oleh teman sya, Babon. Dia kali ini ga tergoda buat ikut loh cuma jadi team dadah2 saja hehe...
19.55 : Tiba di terminal Giwangan lanjut menuju shelter patas Purwokerto untuk mnemui Babon. Saat itu sudah ada SR 7157 terparkir rapi di shelter patas Tasik-Bandung sedangkan yg berada di shelter patas Purwokerto masih didiami oleh Efisiensi. Sempat tergoda buat mencicipi goyangan bus baru dari Sumber Group ini namun syangnya hotseatnya udah full karena penumpangnya saat itu lumayan bagus okupansinya. Akhirnya tetap pada pendirian buat nungguin Eka 7006 parkir shelter karena sebenarnya Eka 7006 udah datang jg dan lagi nungguin jam parkirnya.
SR 7157
Eka 7006
20.20 : SR 7157 mulai diberangkatkan menuju Purwokerto-Tasik entahlah sampe Bandung apa kagak.
20.30 : Selanjutnya Efisiensi tujuan Purwokerto terakhir ini juga mulai diberangkatkan dan gantian Eka 7006 yg berbody double glassnya karoseri Morodadi Prima ini memasuki shelter. Alhamdulillah ternyata masih kebagian hotseatnya, namun syangnya jarak antarseatnya sempit bener gan jadi kurang nyaman rasanya. Pandangan ke depannya juga masih relatif lapang walaupun terhalang "topi" efek double glassnya.
Eka 7006 Parkir Shelter
Jarak Antarseat Eka 7006
Ruang Kemudi Eka 7006
20.50 : Akhirnya setelah parkir shelter sekitar 20 menit, bus ini mulai dimundurkan dari shelter. Hanya ketambahan sekitar 3 orang saja yg naik dari terminal giwangan ini. Ga sabar rasanya merasakan sensasi mentul-mentul dan sepok-sepoknya ala Hino RN 285 lagi. Lepas Giwangan bus masih dibawa santai oleh driver yg kala itu syang sekali bukan jatahnya mas Robin RN. Nyaman banget dan terasa mentul-mentulnya namun pandangan ke depan memang agak terhalangi oleh adanya pemisah kaca (efek double glass) yg memang lagi kekinian saat ini sehingga kurang luas pandangannya.
Persiapan Keberangkatan
Driver Eka 7006
Karcis Eka
21.10 : Melintas Gamping. Lepas Gamping bus masih dipacu kalem-kalem saja oleh sang driver karena lalu lintas belum yg masih lumayan ramai. Mau goyang kanan aja selalu kres dg kendaraan arah lawannya sehingga lebih bnyak nyantainya dari mosak-masiknya.
21.40 : Memasuki wates. Lepas wates, bus akhirnya mampu dipacu kencang kadang bisa tembus 100 kpj karena jalannya lurus dan tidak banyak lagi kendaraan.
Melintas Wates
Melintas Wates
21.50 : Melintas Temon mulai menunjukkan aksi goyang dumangnya hingga memasuki Purworejo.
Melintas Temon
Melintas Temon
21.58 : Melintas Perbatasan Jateng-DIY dan masuklah kita di kawasan Kabupaten Purworejo.
Melintas Perbatasan DIY-Jateng
22.16 : Melintas pertigaan Don Bosco kres dengan Rosalia Indah HDD tujuan Surabaya.
Melintas Pertigaan Don Bosco
22.23 : Memasuki terminal Purworejo dulu sekedar untuk muterin saja karena aturan saat ini untuk semua bus AKAP wajib masuk terminal walaupun ga ngambil/nurunin penumpang hmmm jadi buang2 waktu saja padahal ini juga udah malem banget. Budiman Tasik-Semarang yg berada di belakang Eka aja dengan santainya lurus terus tanpa masuk ke dalam terminal hmmm aneh. 
Memasuki Terminal Purworejo
22.30 : Melintas di depan alun-alun kutoarjo berhasil mengasapi Budiman Tasik-Semarang. Lepas Kutoarjo ini sepertinya aksi mosak-masik mulai ditunjukkan lagi oleh Eka 7006 ini, RPM mesin mulai dinaikkan hingga beberapa kali jarum spedometer sempat menyentuh angka 100-110 kpj karena lalu lintas yg udah mulai sepi. Syangnya karena terbuai oleh suspensi Hino RN yg mentul-mentul serta bus yg dipacu knceng ini membuat mata sya tak bisa diajak kompromi dan akhirnya zzzzzzzzzzzz....
Melintas Kutoarjo
23.05 : Bangun-bangun ternyata udah sampai Kebumen dan seperti biasanya kalo udah tengah malem gini bus-bus pada memilih via kota.
Melintas Kota Kebumen
23.20 : Melintas Karanganyar, saatnya setor dulu ke toilet hehe...
Melintas Karanganyar
Suasana di Dalam Bus Eka 7006
23.37 : Memasuki Gombong, Efisiensi SHD orange tujuan Purwokerto mulai terlihat hilalnya. Entah Efisiensi jam depannya Eka tadi atau malah depannya lagi ini. Akhirnya terjadilah aksi kejar-kejaran sampai Sumpiuh karena saat itu mbak Efi terlihat ogah-ogahan disalip dan terus menunjukkan perlawanan walaupun udah ditempel ketat.
Mengejar Efisiensi SHD
Mengejar Efisiensi SHD
Mengejar Efisiensi SHD
23.50 : Melintas Sumpiuh, Efisiensi memilih belok kanan melewati jalinsum sedangkan Eka memilih lurus via jalan utama karena ada penumpang yg akan turun di pasar Sumpiuh. Walaupun demikian, tetap saja Eka lah yg lebih dulu melintas di pertigaan titik temu antara jalan utama dan jalinsum. Terlihat Efisiensi malah masih di belakang Eka dan tampak terus mengejar Eka.
00.00 : Melintas Buntu. Lanjut menyusuri jalur Buntu-Banyumas dengan melintasi tanjakan Krumput yg berliku dan cukup ekstrim namun tetap dipacu kenceng. Denger dari pembicaraan driver dan kondektur kalo katanya Hino RN ini masih kalah powernya dengan Hino RK saat melewati tanjakan.
Melintas Buntu
00.19 : Melintas Banyumas, gas masih digeber cukup kencang.
Melintas Banyumas
00.25 : Alhamdulillah tiba di Purwokerto dengan selamat. 3 jam 35 menit masih termasuk recomended lah waktu perjalanan Jogja-Purwokerto kali ini. Kali ini sya ga turun di terminal melainkan di simpang Pancurawis saja karena biar gampang Bayu menjemputnya. Tak begitu lama menunggu, Bayu pun datang dan langsung capcus menuju kosannya yg letaknya ga jauh dari kampus Unsoed.
Tiba di Purwokerto
00.55 : Tiba di kosnya Bayu bukannya langsung istirahat tidur malah siaran dulu hohoho...
09.15 : Menuju tempat acara diantar  oleh Bayu lagi.
10.40 : Selesai acara langsung capcus menuju terminal Bulupitu dijemput lagi oleh Bayu dan lanjut menikmati susana terminal sambil menunggu waktunya shalat Jumat.
11.30 : Shalat Jumat dulu di masjid terminal Bulupitu biar varokah gan hehe...
12.45 : Selesai shalat Jumat lanjut menuju warung Sederhana yg notabene jadi langganan anak-anak BMC Masdusel klo nongkrong di terminal ini buat ngisi perut. Mantaplah kebetulan juga ketemu n ngobrol2 sama salah satu anggotanya mas Syafiq yg baru aja habis touring bareng SR 7160 dari Jember-Jogja lanjut Efisiensi dari Jogja-Purwokerto.
Eka 7805
13.20 : Kembali menuju shelter Patas Jogja belum nampak Efisiensi keberangkatan pukul 14.00 parkir di shelter pasca keberangkatan Efisiensi pukul 13.00 tadi. Hanya terlihat SR 7167 yg parkir di shelter Surabaya dan Gunung Harta yg bersiap berangkat menuju Malang. Eh ternyata lagi pada ngumpul di parkiran belakang bareng SR 7157 dan Eka 7011 yg menanti jam kberangkatan.
Pelari Jogja-Purwokerto
13.35 : Bus Efisiensi SHD AA 1518 ED mulai diparkirkan di shelter Patas Jogja bersanding dengan SR 7167. Bus berlivery paduan orange dan putih ini merupakan armada terbaru dari Efisiensi yg melayani trayek Jogja-Purwokerto yg dinamakan Jetbus Max oleh pihak Efisiensi. Interior bus ini sangat mewah didukung oleh seat aldilla model kulit terbaru yg nyaman serta jarak antarseat yg lumayan bisa buat selonjoran. Namun syangnya bus yg menggunakan chasis Hino RK8 ini belum dilengkapi dengan air suspension built up-an jadi pastinya masih ada suara kriyet2 khas suspensi leafspring Hino RK8.
Efisiensi SHD AA 1518 ED
Efisiensi SHD AA 1518 ED
Interior Efisiensi SHD
Interior Efisiensi SHD
13.55 : Waktu hampir menunjukkan pukul 14.00, saatnya seluruh penumpang dari terminal dipersilakan masuk ke dalam bus dan diabsen satu per satu oleh pihak agen. Akhirnya setelah diabsen, barulah sya memperoleh karcis Efisiensi sbg bukti perjalanan sya kali ini hehe...
Selonjoran Mania
Persiapan Keberangkatan
Karcis Efisiensi
14.00 : Lepas terminal Bulupitu, bus dipacu santai menuju agen Sokaraja untuk menaikkan penumpang dari sana. FYI, bagi yg ingin naik Efisiensi ini dapat menuju agen-agen resmi yg telah tersebar di sepanjang jalur Jogja-Purwokerto/Cilacap atau bisa jg naik dari pinggir jalan asal masih kosong dan sebelum rest area Wonosari. Kesan pertama ketika bus berjalan adalah nyaman dan tak terlalu terdengar bunyi kriyet2 khas suspensi Hino RK ini. Sepanjang perjalanan juga diputar full video musik pop indonesia sebagai hiburan. Selain itu krunya jg ramah.
14.07 : Mampir di agen Efisiensi Sokaraja cukup lama karena harus menunggu shuttle langsiran yg mmbawa penumpang dari pool Efisiensi Margono.
Mampir Agen Efisiensi Sokaraja
14.20 : Diberangkatkan kembali dari agen Efisiensi Sokaraja disambut kemacetan panjang di bangjo Sokaraja.
14.30 : Melintas Kalibagor hingga Banyumas langsung ngejoss dipacu mosak-masik. Ga nyangka deh akhirnya bisa merasakan goyangan maut mbk Efi ini yg lumayan sosss.
Melintas Kalibagor
14.40 : Melintas Banyumas mmpir  sebentar di agen Efisiensi buntu untuk menaikkan penumpang dan lanjut lagi bus masih dipacu cukup kencang di keramaian jalur selatan ini.
Melintas Banyumas
14.55 : Melintas Buntu mmpir  lagi sebentar di agen Efisiensi buntu untuk menaikkan penumpang dan lanjut lagi bus masih dipacu cukup kencang di keramaian jalur selatan ini.
Mampir Agen Efisiensi Buntu
15.10 : Melintas Sumpiuh.
Melintas Sumpiuh
15.30 : Melintas Gombong.
Melintas Gombong
15.44 : Melintas Karanganyar sempat menempel Best hingga RM. Lestari karena si Best sein kiri masuk ke dalam RM buat istirahat. Bus-bus mlm tujuan jakarta via selatan mulai pada melintas di sini.
Melintas Karanganyar
16.12 : Memasuki terminal Kebumen untuk sekedar absen saja pada pak Dishub. Padahal biasanya Efisensi dibolehkan ga masuk terminal, tetapi kali ini tetap harus mengikuti aturan semua bus AKAP wajib masuk terminal.
Memasuki Terminal Kebumen
16.20 : Memasuki rest area Wonosari untuk istirahat sekitar 10 menit. Sya manfaatkan waktu ini untuk ke toilet dan shalat Ashar dulu. Beberapa menit kemudian Efisiensi tujuan Cilacap dari arah Jogja pun masuk rest area ini dan disusul juga oleh Efisiensi dari Purbalingga.
Istirahat di Rest Area Wonosari
Suasana Rest Area Wonosari
16.32 : Bus diberangkatkan kembali dari Rest Area Wonosari menuju Jogja. Lepas rest area, bus tak dipacu lagi seagresif tadi melainkan mulai woles saja dan akhirnya tak tinggal bobomania dulu zzzzzz...
17.10 : Melintas Kutoarjo lanjut bobomania lagi...
Melintas Kutoarjo
17.30 : Eh bangun2 ternyata udah melintas pertigaan Don Bosco. Tampak Antar Jaya "Almira" lagi ngetem di sini, tak kira udah lari terus tadi mengejar Sahabat.
Melintas Pertigaan Don Bosco
17.48 : Melintas Pendowo mulai kembali dipacu mosak-masik lagi hingga memasuki Wates.
Melintas Pendowo
18.00 : Lepas bangjo Toyan tiba-tiba digoyang kanan oleh Antar Jaya "Almira" yg langsung melesat ngacir duluan. Sempat diikuti sebentar namun apadaya Almira lebih gesit meliuk-liuk mencari celah di keramaian jalan dibandingkan Efisiensi ini yg lbh berhati-hati.
Melintas Toyan
18.05 : Memasuki Wates sudah dijejeri di bangjo Wates oleh Efisiensi dari Purbalingga yg tadi sempat parkir bareng di Rest Area Wonosari.
Melintas Wates
Melintas Wates
18.16 : Melintas bangjo Brosot akhirnya Efisiensi Purbalingga melesat duluan dan Efisiensi yg sya naiki gantian ngikutin dari belakang. Emang nih Efisiensi Purbalingga nampak lebih sossss...
Melintas Brosot
18.21 : Melintas Sentolo. Efisiensi Purbalingga dan Almira berhasil ngacir duluan karena berani goyang kanan di bangjo Sentolo sedangkan Efisiensi yg sya naiki harus pasrah tertinggal semakin jauh akibat terkena lampu merah.
Melintas Sentolo
18.25 : Melintas Sedayu, terlihat penampakan Sahabat yg ternyata baru nyampe sini. Berarti Almira tadi udah berhasil mngejar Sahabat ini hohoho...
Melintas Sedayu
18.44 : Menurunkan penumpang yg bertujuan kota-kota dan Bandara di depan pool Ambarketawang. Fasilitas shuttle disediakan secara cuma-cuma untuk pelanggan Efisiensi yg melanjutkan perjalanan menuju kota Jogja dan Bandara.
Menurunkan Penumpang di Ambarketawang
18.50 : Menyusuri ringroad selatan Jogja makin tambah woles aja huffft karena memang penumpangnya tinggal sedikit saja pasca mayoritas pada turun di Ambarketawang.
Menyusuri Ringroad Selatan Jogja
19.10 : Alhamdulillah sampai juga di terminal Giwangan lagi. Overall, kali kedua naik Efisiensi ini memang perlu dipertahankan soal armada yg selalu baru, keramahan kru dan fasilitas /pelayanan selama perjalanan. Hanya saja untuk masalah ketepatan waktu perjalanan perlu lebih ditingkatkan, jangan terlalu woles saja. Lanjut shalat dulu sebelum meninggalkan terminal.
Tiba di Terminal Giwangan
19.30 : Saatnya bekerja lagi mencerdaskan kehidupan bangsa walaupun capek tapi harus tetap profesional kan dalam mengajar hehe...



Tarif :
Jogja-Purwokerto : 70k bonus air mineral 600 ml (Po. Eka Cepat) 
Purwokerto-Jogja : 35k bonus air mineral 600 ml (Po. Efisiensi Patas)

2 comments:

  1. Itu penjelasan tiketnya enggak salah mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg mna mas? Klo tiket efi yg 35k itu emng uda bner krna sya blinya pke redbus diskon 40rb

      Delete